Nelayan di Jakarta Utara Dapat Pas Kecil Elektronik Gratis 

Ada kuota sebanyak 1.000 E-Pas Kecil gratis

Jakarta, IDN Times - Sejumlah nelayan di Jakarta Utara yang memiliki kapal di bawah 7 Gross Ton (GT) mendapatkan Pas Kecil (dokumen kepemilikan kapal) berbasis elektronik secara gratis.

Hal tersebut dilakukan dengan dibukanya Gerai Nasional Pas Kecil di Taman Adhi Karya, Plaza Kalibaru, Jakarta Utara dari Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

"Gerai Nasional Pas Kecil dihadirkan untuk mempermudah dan mempercepat proses sertifikasi kapal penangkap ikan, barang atau angkutan dibawah 7 GT yang berada di wilayah Tanjung Priok dan sekitarnya," kata Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok, Andi Hartono, saat membuka Gerai Nasional Pas Kecil di Taman Adhi Karya, Plaza Kalibaru, dikutip dari siaran pers, Selasa (8/11/2022).

1. Disiapkan 1.000 kuota penerbitan E-Pas Kecil gratis

Nelayan di Jakarta Utara Dapat Pas Kecil Elektronik Gratis Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok, Andi Hartono, saat membuka Gerai Nasional Pas Kecil di Taman Adhi Karya, Plaza Kalibaru. (Dok. Humas Pemkot Jakarta Utara)

Andi mengatakan, pihaknya menyediakan kuota sebanyak seribu untuk penerbitan E-Pas Kecil dalam rangka mengakomodir kebutuhan nelayan di pesisir Utara Jakarta.

"Target awal adalah 1.000 penerbitan kartu E-Pas Kecil, tapi kalau ada 3.000 silakan, karena kami komitmen untuk terus membantu nelayan-nelayan kecil. Ini gratis jadi harus segera dimanfaatkan," kata dia.

Jika para nelayan sudah memiliki Pas Kecil, ujar Andy, maka mereka pun bisa melaut dengan tenang.

Baca Juga: Gerhana Bulan Total, Warga Pesisir Jakarta Utara Waspada Banjir Rob

2. Nelayan di Jakarta Utara harus manfaatkan kesempatan

Nelayan di Jakarta Utara Dapat Pas Kecil Elektronik Gratis Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim di acara pembukaan Gerai Nasional Pas Kecil di Taman Adhi Karya, Plaza Kalibaru . (Dok. Humas Pemkot Jakarta Utara)

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim, berharap penerbitan Pas Kecil elektronik itu dimanfaatkan dengan baik oleh para nelayan.

"Saya imbau kepada warga nelayan Jakarta Utara agar memanfaatkan kesempatan yang ada karena ini sekaligus untuk pendataan, penyelamatan," kata Ali.

3. Bisa memudahkan jika ada subsidi pemerintah

Nelayan di Jakarta Utara Dapat Pas Kecil Elektronik Gratis Gerai Nasional Pas Kecil di Taman Adhi Karya, Plaza Kalibaru, Jakarta Utara. (Dok. Humas Pemkot Jakarta Utara)

Menurut Ali, dengan nelayan memiliki Pas Kecil, maka mereka juga akan mudah mendapat bantuan apabila pemerintah memberikan subsidi.

"Apabila ada subsidi dari pemerintah bisa dimudahkan dan tepat sasaran," ujarnya.

Baca Juga: Lahan Terbatas di Sekolah Jakarta Utara Didorong Jadi Urban Farming

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya