Pemprov DKI: Jika Jakarta Banjir, Diupayakan Surut Kurang dari 6 Jam

Sistem drainase Jakarta tak kuat menampung debit air

Jakarta, IDN Times - Pemprov DKI Jakarta mengupayakan banjir atau genangan yang terjadi di Ibu Kota surut kurang dari 6 jam.

Sekretaris Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta, Dudi Gardesi, mengatakan, hal itu dilakukan sebagai upaya penanganan cepat dari Pemprov DKI Jakarta.

"Yang penting adalah reaksi kita terkait penanganan saat genangan atau banjir terjadi. Tapi kami upayakan secepatnya dalam waktu kurang dari 6 jam untuk cepat surut," kata Dudi kepada IDN Times, Senin (17/10/2022).

Baca Juga: Jasad Mahasiswi IPB Terseret Banjir di Bogor, Ditemukan di Jakarta

1. Sistem drainase tak kuat

Pemprov DKI: Jika Jakarta Banjir, Diupayakan Surut Kurang dari 6 JamIlustrasi banjir. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Dudi mengatakan, salah satu penyebab banjir di wilayah DKI yang terjadi beberapa waktu belakangan adalah tidak kuatnya sistem drainase menampung debit air.

Hal tersebut dikarenakan curah hujan yang turun sangat tinggi sehingga drainase yang ada tak mampu menampung derasnya air yang datang.

"Lebih ke arah curah hujannya sangat besar, dalam waktu sangat pendek menyebabkan luapan sistem drainase kita yang tidak bisa menampung pada saat itu," kata Dudi.

Baca Juga: Jokowi Titip Heru Budi Atasi Banjir dan Macet Jakarta

2. Konsentrasi hujan sangat ekstrem

Pemprov DKI: Jika Jakarta Banjir, Diupayakan Surut Kurang dari 6 JamIlustrasi hujan. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Menurut Dudi, akibat hujan deras tersebut, hingga akhir pekan lalu masih terdapat beberapa titik genangan di Ibu Kota.

Penyebabnya adalah karena curah hujan yang sangat ekstrem, yang apabila di atas 100 milimiter (mm) maka genangan pun akan terjadi.

"Itu lebih ke arah konsentrasi dari curah hujan yang sangat ekstrem. Seperti yang disampaikan sebelumnya, di atas 100 mm akan terjadi genangan," ujar dia.

Baca Juga: BMKG Waspadai Banjir Rob Jakarta Imbas Hujan Ekstrem 15-21 Oktober

3. Tetap siagakan pompa hingga pintu air

Pemprov DKI: Jika Jakarta Banjir, Diupayakan Surut Kurang dari 6 JamIlustrasi pintu air Manggarai (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Lebih lanjut Dudi mengatakan, pihaknya terus menyiagakan peralatan untuk antisipasi banjir. Mulai dari pompa mobile, eskavator, hingga pintu air.

"Disamping sifatnya rutin, para sumber daya manusia (SDM)-nya pun, petugas Penyedia Jasa Lainnya Orang Perorangan (PJLP) juga dijaga," kata dia.

Dengan demikian, ujar Dudi, apabila terdapat keluhan dari masyarakat atau terjadi genangan, maka pihaknya bisa cepat mengambil tindakan dengan target-target tertentu.

Baca Juga: Depok Dilanda Hujan Deras dan Angin, Ada Banjir dan Pohon Tumbang

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya