Comscore Tracker

Pemprov DKI Siapkan Rusun untuk Kaum Milenial di Daan Mogot 

Rusun disiapkan di tower 6 dan 7

Jakarta, IDN Times - Pemprov DKI Jakarta tengah menyiapkan rumah susun (rusun) yang akan diperuntukkan bagi kaum milenial.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) DKI Jakarta, Sarjoko, mengatakan, hunian yang lebih kekinian yang menyasar milenial itu saat ini sedang mencoba direalisasikan di Rusun Daan Mogot, Jakarta Barat.

"Ini sebuah harapan baru (hunian kekinian untuk milenial), kami sudah coba realisasikan. Saat ini kami baru menyelesaikan peningkatan kapasitas terhadap Rusun Daan Mogot di tower 6 dan 7 akan didedikasikan khusus untuk kaum milenial," kata Sarjoko di acara bertajuk 'JAKHABITAT Solusi Hunian Berkualitas dan Terjangkau Bagi Warga Jakarta', dikutip Selasa (27/0/2022).

Baca Juga: Pemprov DKI akan Pindahkan Warga Korban Kebakaran di Simprug ke Rusun

1. Rusun Daan Mogot untuk milenial masih disiapkan

Pemprov DKI Siapkan Rusun untuk Kaum Milenial di Daan Mogot Antarafoto

Sarjoko mengatakan, saat ini dua tower di Rusun Daan Mogot yang akan diperuntukkan bagi kaum milenial itu masih dalam proses penyelesaian.

Pihaknya, masih melakukan beberapa perbaikan di rusun agar lebih sesuai dengan para milenial itu sendiri.

"Sesungguhnya sudah selesai, tapi tinggal kita lakukan perbaikan sedikit demi sedikit supaya lebih cocok, masuk ke milenial," kata dia.

Baca Juga: DKI akan Buka Rusun Daan Mogot dan Pulo Gebang untuk Isoman COVID-19

2. DKI juga menyediakan rusun untuk lajang

Pemprov DKI Siapkan Rusun untuk Kaum Milenial di Daan Mogot ilustrasi sendiri (pexels.com/nappy)

Selain rusun khusus untuk kaum milenial, kata Sarjoko, pihaknya juga menyediakan rusun sewa (rusunawa) untuk warga yang masih lajang.

Pasalnya, salah satu syarat untuk bisa tinggal di rusunawa adalah harus sudah berkeluarga.

"Rusunawa untuk warga DKI yang sudah berkeluarga, tapi kami punya rusun yang didedikasikan untuk warga DKI yang belum berkeluarga, istilahnya lajang. Ada di Rawa Bebek, Jakarta Timur," kata dia.

Sarjoko mengatakan, kapasitas rusun tersebut masih cukup banyak. Oleh karena itu, bagi warga DKI yang berminat, bisa mengakses ketersdiaan rusunnya melalui aplikasi SIRUKIM.

Baca Juga: Anies Resmikan Rusun di Cakung, Diisi Eks Warga Bukit Duri

3. JAKHABITAT integrasikan berbagai program hunian di Ibu Kota

Pemprov DKI Siapkan Rusun untuk Kaum Milenial di Daan Mogot Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dalam peresmian JakHabitat di Taman Martha Tiahahu, Jakarta Selatan, Selasa (16/8/2022). (IDN Times/Uji Sukma Medianti)

Adapun Pemprov DKI Jakarta memiliki program perumahan dan permukiman bertajuk JAKHABITAT yang diresmikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, pada 16 Agustus 2022.

Program tersebut merupakan branding baru dalam program perumahan dan permukiman Ibu Kota yang ditandai dengan adanya Galeri Huni di kawasan Taman Christina Martha Tiahahu, Blok M, Jakarta Selatan.

Sarjoko, mengatakan, JAKHABITAT merupakan sebuah terobosan dan wadah yang mengintegrasikan berbagai program. 

Beberapa program tersebut adalah hunian berorientrasi transit, rusunawa, hunian DP Rp0, dan program peningkatan kualitas permukiman.
 
"Program-program yang ada di dalam JAKHABITAT ini bertujuan untuk menyediakan hunian layak dan terjangkau bagi warga DKI," ucap dia.

Baca Juga: JAKHABITAT, Upaya Anies Sediakan Hunian Nyaman dan Murah di Jakarta

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya