Wagub DKI Minta Masyarakat Manfaatkan Kantor RW untuk Interaksi Sosial

Bertemu secara fisik dapat saling membantu kesulitan warga

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, meminta masyarakat dapat memanfaatkan kantor Rukun Warga (RW) di lingkungannya untuk berinteraksi sosial.

Hal tersebut disampaikan Riza saat meresmikan musala dan kantor RW 04 Kelurahan Sunter Agung, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (17/9/2022).

Menurut dia, pada era digital seperti saat ini, semua orang hidup dengan gawai dalam berinteraksi.

"Bukan tidak baik, tetapi ketemu fisik di kantor RW, di musala ini, di ruang serbaguna ini jauh lebih penting dan lebih baik, karena interaksi fisik lebih bernilai dan bermakna dibandingkan kita berkomunikasi dengan HP atau media sosial," kata Riza, dikutip dari siaran pers, Minggu (18/9/2022).

Baca Juga: Wagub Sebut DKI Jakarta Baru Punya 30 Bus Listrik, Targetnya 100

1. Interaksi fisik dapat membuat lebih mengerti

Wagub DKI Minta Masyarakat Manfaatkan Kantor RW untuk Interaksi SosialIlustrasi ngobrol (Phinemo.com)

Menurut Riza, dengan berinteraksi fisik, maka sesama warga yang tinggal di lingkungan yang sama dapat lebih mengerti, memahami, sesama. Termasuk apa yang sedang terjadi, apa yang diharapkan, hingga keluhan.

"Maka kita bisa saling membantu, menolong, dan melengkapi. Tidak sekedar membahas hari-hari, tapi juga bisa membahas masalah yang lebih besar di lingkungan kita. Itulah pentingnya kantor RW, ruang serbaguna dan musala ini," ujarnya.

Baca Juga: DPRD Umumkan Pemberhentian Gubernur dan Wagub DKI Jakarta 13 September

2. Musala dan kantor RW dibangun secara swadaya

Wagub DKI Minta Masyarakat Manfaatkan Kantor RW untuk Interaksi SosialWakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, saat meresmikan musala dan kantor RW 04 Kelurahan Sunter Agung, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (17/9/2022). (Dok. Humas Pemkot Jakarta Utara)

Riza juga mengapresiasi warga RW 04 Kelurahan Sunter Agung yang telah gotong-royong dan secara swadaya membangun musala dan kantor RW tersebut.

Dia mengatakan, saat ini hidup masyarakat semakin individualistik. Namun ia menyampaikan kekagumannya kepada warga RW 04 yang kompak dan mau bekerja sama demi kepentingan bersama.

"Dapat bergotong royong membangun kantor RW dan musala Darul Fallah, ini satu bukti, satu komitmen yang luar biasa. Pak RW luar biasa membangun kebersamaan ini dengan seluruh Ketua RT. Kalau seluruh RW di DKI Jakarta seperti RW 04, insyaallah Jakarta semakin cepat majunya, semakin cepat warganya bahagia," ujarnya.

Baca Juga: 58 Orang dari Jakarta Utara Ikut Penulisan Mushaf Kolaborasi Jakarta

3. Diharapkan jadi contoh RW lain di Jakarta

Wagub DKI Minta Masyarakat Manfaatkan Kantor RW untuk Interaksi SosialWakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, saat meresmikan musala dan kantor RW 04 Kelurahan Sunter Agung, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (17/9/2022). (Dok. Humas Pemkot Jakarta Utara)

Lebih lanjut Riza berharap, apa yang dilakukan warga RW.04 pun bisa menjadi contoh bagi RW-RW lainnya di Ibu Kota. Terutama dalam memberdayakan para warganya.

"Dalam gotong royong membersihkan lingkungan, menjaga keamanan, membangun kantor RW, musala, ruang serbaguna, mengelola sampah, juga nanti ditambah membangun lingkungan yang lebih hijau, dan agar ibu-ibunya nanti bisa membangun UMKM supaya ekonomi kita tumbuh lebih cepat dan lebih maju," ucapnya.

Baca Juga: Sempat Vakum, Festival Pesisir 2022 di Jakarta Utara Digelar Lagi

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya