Begini Nasib Pesawat N250 yang Sempat Nyangkut di Gerbang Tol Semarang

Ketinggian gerbang tol Banyumanik sempat menjadi kendala

Semarang, IDN Times - Pesawat N250 Gatotkaca karya almarhum BJ Habibie yang dibawa truk dari Bandung menuju Yogyakarta sempat terkendala lantaran tak bisa masuk gerbang tol Banyumanik di Semarang, Jawa Tengah. Peristiwa itu terjadi pada Kamis (20/8/2020) malam sekitar pukul 19.30 WIB.

1. Pesawat terkendala tinggi gerbang tol Banyumanik Semarang

Begini Nasib Pesawat N250 yang Sempat Nyangkut di Gerbang Tol SemarangPesawat N250 tersangkut di Pintu Tol. Dok. IDN Times/bt

Kejadian tersebut sempat viral di media sosial. Ketinggian maksimal gerbang tol Banyumanik yang berukuran 4,2 meter membuat truk yang mengangkut pesawat perlu penyesuaian agar pesawat bisa melintas.

"Karena ukurannya (pesawat) besar jadi sama teman-teman (di lapangan) diarahkan untuk mundur yang lebar di sisi paling kanan gerbang tol (Banyumanik) karena lebih tinggi," terang Direktur Utama Trans Marga Jawa Tengah (TMJ), David Wijayanto saat dihubungi IDN Times, Jumat (21/8/2020).

Baca Juga: Nasib N250 Gatot Kaca Karya BJ Habibie Berakhir di Museum Yogyakarta

2. Tidak ada kerusakan di gerbang tol ketika pesawat melintas

Begini Nasib Pesawat N250 yang Sempat Nyangkut di Gerbang Tol SemarangIDN Times/Debbie Sutrisno

Penyesuaian tersebut memerlukan waktu sekitar dua jam setengah hingga pesawat bisa melanjutkan perjalanan kembali ke Yogyakarta. David juga menegaskan tidak ada kerusakan apa pun milik di gerbang tol milik TMJ, yang diakibatkan dari peristiwa tersebut.

"Tidak ada masalah. Karena semalam itu ukurannya besar. Jam 10 (red: 22.00 WIB) sudah selesai," imbuh David.

3. Pesawat N250 akan ditempatkan di Muspurdirla Yogyakarta

Begini Nasib Pesawat N250 yang Sempat Nyangkut di Gerbang Tol SemarangPesawat N250 (Dok. ANTARA News)

Untuk diketahui, pesawat N250 dibawa truk dari Depohar 10 Lanud Husein Sastranegara Bandung. Pesawat akan ditempatkan pada Museum Pusat Dirgantara (Muspurdirla) Lanud Adi Sutjipto Yogyakarta.

Hal tersebut dilakukan sebagai tindak lanjut Surat Keputusan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (SKEP) Nomor 284/VIII/2020 tanggal 14 Agustus 2020 tentang Penugasan Penerimaan Hibah Pesawat Prototype Aircraft PA01 N250 milik PT Dirgantara Indonesia (DI) agar ditempatkan di Muspurdirla, yang direncanakana akan diserahterimakan pada 25 Agustus 2020. Rencananya dalam acara serah terima tersebut akan dihadiri Panglima TNI.

Baca Juga: Aduh! Pesawat N250 Gatot Kaca Nyaris Nyangkut di Pintu Tol Banyumanik

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya