Waspada! 28 Daerah di Jateng Jadi Lokasi Penularan Lokal Virus Corona

Jumlahnya terbanyak dari provinsi lain di Pulau Jawa

Semarang, IDN Times - Sedikitnya ada 28 daerah dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah yang ditetapkan sebagai wilayah dengan penularan virus corona (COVID-19) secara lokal. Jumlah itu menjadi yang terbanyak dari provinsi lain di Pulau Jawa.

1. Transmisi lokal COVID-19 tersebar merata di Jateng

Waspada! 28 Daerah di Jateng Jadi Lokasi Penularan Lokal Virus CoronaIlustrasi virus corona. Unsplash/Fusion Medical Animation

Melansir laman infeksiemerging.kemkes.go.id, 28 kabupaten/kota di Jawa Tengah masuk sebagai daerah transmisi lokal COVID-19. Wilayah tersebut diantaranya:

  1. Kabupaten Cilacap
  2. Kabupaten Banyumas
  3. Kabupaten Purbalingga
  4. Kabupaten Banjarnegara
  5. Kabupaten Kebumen
  6. Kabupaten Purworejo
  7. Kabupaten Magelang
  8. Kabupaten Boyolali
  9. Kabupaten Klaten
  10. Kabupaten Wonogiri
  11. Kabupaten Karanganyar
  12. Kabupaten Sragen
  13. Kabupaten Grobogan
  14. Kabupaten Blora
  15. Kabupaten Pati
  16. Kabupaten Kudus
  17. Kabupaten Jepara
  18. Kabupaten Demak
  19. Kabupaten Semarang
  20. Kabupaten Batang
  21. Kabupaten Pekalongan
  22. Kabupaten Tegal
  23. Kabupaten Brebes
  24. Kota Magelang
  25. Kota Surakarta (Solo)
  26. Kota Salatiga
  27. Kota Semarang
  28. Kota Tegal

Baca Juga: Ada 7 Daerah di Jawa Tengah dengan Kasus Tertinggi Virus Corona, Awas!

2. Hanya 7 kabupaten/kota yang tak masuk transmisi lokal di Jateng

Waspada! 28 Daerah di Jateng Jadi Lokasi Penularan Lokal Virus CoronaSeorang pasien positif COVID-19 (depan) yang dinyatakan sembuh pulang dari Rumah Sakit Zainal Abidin, Banda Aceh, Senin (13/4). ANTARA FOTO/Ampelsa

Adapun untuk daerah yang tidak masuk area penularan atau transmisi lokal terdapat 7 kabupaten/kota. Seperti Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Rembang, Kabupaten Kendal, Kabupaten Pemalang, Kota Pekalongan, dan Kabupaten Sukoharjo.

Jumlah transmisi lokal di Jateng menjadi yang tertinggi dari provinsi lain di Pulau Jawa. Yakni DKI Jakarta (2 daerah), Jawa Barat (11 daerah), Jawa Timur (8 daerah), Banten (4 daerah), dan DI Yogyakarta (3 daerah).

3. Ada dua penularan virus corona yang perlu diketahui

Waspada! 28 Daerah di Jateng Jadi Lokasi Penularan Lokal Virus CoronaIlustrasi kasus virus corona. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Menukil penjelasan dr Herman, Sp.P di laman alomedika.com, dijelaskan jika sebenarnya virus corona (COVID-19) ditularkan melalui dua transmisi, yaitu transmisi case dan transmisi lokal. Transmisi case merupakan paparan dari luar negeri. Sedangkan transmisi lokal paparan virus dari lingkungan masyarakat itu sendiri.

Herman menambahkan data dari laman resmi Kementerian Kesehatan (Kemkes) tersebut berasal dari kumpulan data-data Dinas Kesehatan tingkat provinsi, kota/kabupaten. Bila dinkes setempat sudah menyatakan transmisi lokal, berarti sudah dilakukan tracing dan didapatkan adanya kasus yang penularannya dari dalam masyarakat itu sendiri.

Baca Juga: Pasien Positif Virus Corona di Jawa Tengah Mencapai 1.336 Orang

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya