Ganjar Geram Lihat Toilet Rest Area Kotor, Petugas Malah Cium Tangan

Diketahui saat perjalanan dinas ke Banyumas

Semarang, IDN Times - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo geram melihat kotornya toilet yang ada di rest area jalan tol kilometer (KM) 360 Gondang Batang. Selain kotor, keran di semua kamar mandi yang disediakan juga diketahui rusak.

Baca Juga: IMS 2020: Sandal Hilang Sampai Suami tak Pulang Ngadunya ke Ganjar

1. Ganjar mendapati toilet yang kotor

Ganjar Geram Lihat Toilet Rest Area Kotor, Petugas Malah Cium Tanganunsplash.com/Franck V

Hal itu diketahui Ganjar saat ia melakukan perjalanan dinas dari Semarang menuju Banyumas melintasi ruas jalan tol Pantura, Selasa (21/1) pagi. Dari video resmi yang didapat IDN Times tampak ia meluapkan kekesalannya kepada para petugas kebersihan yang tengah berjaga.

"Mas wis ta foto. Toilet mu reget banget. Ayo ta terke (red: Mas sudah saya foto. Toiletmu kotor sekali. Ayo saya antarkan (kalau tidak percaya))," terang Ganjar kepada dua petugas kebersihan yang ia temui.

2. Semua keran kamar mandi ditemukan rusak

Ganjar Geram Lihat Toilet Rest Area Kotor, Petugas Malah Cium Tanganpixabay.com

Saat dua petugas kebersihan diantarkan ke lokasi, Ganjar turut dihampiri dua petugas lainnya. Uniknya, salah satu dari mereka mencium tangan Ganjar.

Ganjar memperlihatkan kondisi toilet sangat kotor, dengan ragam fasilitas yang disediakan tak berfungsi dengan baik kepada mereka. Seperti keran dari beberapa kamar mandi yang tersedia rusak dan kondisi lantai yang berlumpur.

"Keran kae rusak kabeh. Rokok do nang kunu. Koyo ngene ki ra oleh. Tidak boleh kaya gini kotor (red: Keran-keran itu rusak semua. Puntung rokok ada di (dalam) situ semua. (Lantai berlumpur) seperti ini tidak boleh. Tidak boleh seperti ini)," ungkap Ganjar.

3. Ganjar interogasi petugas kebersihan

Ganjar Geram Lihat Toilet Rest Area Kotor, Petugas Malah Cium TanganIDN Times/Reynaldy Wiranata

Mengetahui kotornya toilet, Ganjar menginterogasi petugas kebersihan.

"Nek rusak dilaporke sopo? Belum tau dilaporke? (red: Kalau rusak dilaporkan kepada siapa? Atau belum pernah sama sekali dilaporkan?)" tanya Ganjar

"Sudah dilaporin yang rusak. Dibenerin yang rusak, yang satunya rusak lagi," jawab salah satu petugas kebersihan dengan seragam biru bertuliskan Sinergi 360.

"Lha ini rusak semua. Ini rusak gak?," tanya Ganjar ke masyarakat pengguna toilet.

"Rusak pak," jawab seorang pengguna yang ditemui Ganjar.

"Mesti urong mbo laporke (red: Pasti belum kamu laporkan)," tanya Ganjar lagi ke petugas kebersihan.

4. Ganjar minta petugas berjaga 24 jam

Ganjar Geram Lihat Toilet Rest Area Kotor, Petugas Malah Cium TanganUnsplash.com/TimMossholder

Tak berhenti disitu saja, Ganjar pun sempat menanyakan siapa GM atau penanggung jawab rest area KM 360 ini kepada keempat petugas kebersihan yang ditemuinya. Namun sayang, mereka tak mengetahui.

"Nek GM me sopo? Bos se keseluruhan iki? Kenal gak? Tahu gak? (red: Kalau GMnya siapa? Bos rest area ini semua? Kenal tidak? Tahu tidak?)" tanya Ganjar di akhir video.

Ganjar pun meminta kepada para petugas agar bersiaga menjaga kebersihan selama 24 jam.

Berikut video kejadian tersebut.

Baca Juga: Ganjar Ungkap Komunikasinya Dengan Ratu Keraton Agung Sejagat

Topik:

  • Dhana Kencana
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya