Kena COVID-19, Bayi Usia 8 hari di Kudus Meninggal, Orangtua Positif

Anak-anak di Kudus juga banyak terpapar virus corona

Kudus, IDN Times - Seorang bayi berusia delapan hari asal Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, meninggal dunia akibat terpapar virus corona (COVID-19) tanpa ada penyakit penyerta atau komorbid.

"Informasi sementara meninggalnya memang karena COVID-19. Untuk memastikannya, kami masih menunggu audit kematian dari pihak rumah sakit," kata Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan COVID-19 Kudus Andini Aridewi di Kudus, Senin (3/8/2020).

1. Kedua orangtua bayi di Kudus juga positif COVID-19

Kena COVID-19, Bayi Usia 8 hari di Kudus Meninggal, Orangtua Positiffreepik.com

Melansir Antara, Andini mengungkapkan berdasarkan hasil rekam medis, bayi tersebut diketahui tidak memiliki penyakit penyerta. Sementara sang ibu, dari hasil tes swab dinyatakan positif virus corona.

Adapun kondisi dari kedua orangtua bayi tersebut dalam kondisi baik.

Bayi laki-laki tersebut dirawat di RSUD Loekmono Hadi pada 24 Juli 2020.

Baca Juga: 4 Fakta soal Kematian Ketua DPRD Jepara Imam Zusdi Akibat COVID-19

2. Anak-anak di Kudus juga banyak yang terkena virus corona

Kena COVID-19, Bayi Usia 8 hari di Kudus Meninggal, Orangtua PositifIlustrasi anak-anak. IDN Times/Ayu Afria

Hingga saat ini, lanjut Andini, sudah ada 15 anak yang tertular virus corona. Mereka diantaranya 2 kasus bayi di bawah lima tahun dan 13 kasus anak-anak dengan usia antara 5-11 tahun.

Ia mengingatkan kepada para orangtua yang memiliki anak agar lebih waspada terhadap penularan virus corona karena usia kanak-kanak (usia 5-11 tahun) masih sangat rentan tertular.

Pada usia tersebut, daya tahan tubuhnya belum bagus dalam melawan COVID-19 sehingga harus dipastikan aman dari penularan virus tersebut.

3. Orangtua diminta mengindahkan protokol kesehatan COVID-19

Kena COVID-19, Bayi Usia 8 hari di Kudus Meninggal, Orangtua Positifpexels.com/Anna Shvets

Penerapan protokol kesehatan virus corona, imbuh Andini, juga tak diabaikan, terutama saat keluar rumah supaya tetap memakai masker, rajin mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak fisik dengan orang lain serta menghindari kerumunan.

Hingga kini, kasus terkonfirmasi COVID-19 di Kudus ada sebanyak 666 orang dari dalam wilayah dan 188 kasus dari luar wilayah.

Dari 666 kasus tersebut, sebanyak 66 orang dirawat, 167 orang menjalani isolasi mandiri, dan sembuh sebanyak 353 orang serta meninggal 80 orang.

Baca Juga: Sedang Hamil 7 Bulan, Perawat di Kudus Meninggal Akibat Virus Corona

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya