Puan Datang di Jateng, Ganjar Pergi ke Mega, PDIP: Ambisi Capres 2024

Ganjar sengaja tidak diundang ke acara DPD PDIP Jateng

Semarang, IDN Times - Internal di DPD PDI Perjuangan (PDIP) Jawa Tengah memanas. Sang Ketua, Bambang Wuryanto terang-terangan menyebut Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo terlalu berambisi maju menjadi calon presiden (capres) 2024 sehingga meninggalkan norma kepartaian.

1. Ganjar Pranowo tidak mendapatkan undangan PDIP Jateng

Puan Datang di Jateng, Ganjar Pergi ke Mega, PDIP: Ambisi Capres 2024Markas DPD PDIP Jateng. IDN Times/Fariz Fardianto

Perselisihan itu menguap saat Ganjar sengaja tidak diundang dalam kegiatan Pembukaan Pameran Foto Esai Marhaen dan Foto Bangunan Cagar Budaya yang dihadiri Ketua DPP PDIP, Puan Maharani di Panti Marhaen Kota Semarang, Sabtu (22/5/2021).

Bambang yang juga Ketua DPP PDIP Bidang Pemenangan Pemilu menyebut seluruh kepala daerah di Jawa Tengah dari partainya diundang, kecuali gubernur.

"Tidak diundang! (Ganjar) wis kemajon (red: kelewatan). Yen kowe pinter, ojo keminter (red: kalau kamu pintar, jangan sok pintar)," katanya dalam keterangan resmi yang diterima IDN Times.

2. PDIP Jateng anggap Ganjar terlalu berambisi jadi Capres 2024

Puan Datang di Jateng, Ganjar Pergi ke Mega, PDIP: Ambisi Capres 2024Instagram.com/@ganjar_pranowo

Menurutnya, DPD PDIP Jateng sebenarnya sudah memberikan sinyal jika sikap Ganjar yang terlalu ambisi dengan jabatan presiden tidak baik. Hal itu ditunjukkan dengan intensitas yang tinggi di media sosial dan sejumlah media. Seperti sejumlah konten Youtube akunnya yang tidak berkaitan dengan kinerjanya sebagai Gubernur Jawa Tengah.

Selain belum ada instruksi dari Ketua Umun PDIP, Megawati Soekarnoputri, Bambang menilai hal itu kurang etis lantaran tidak baik bagi keharmonisan partai yang wajib tegak lurus terhadap perintah Ketua Umum.

Padahal, imbuhnya, hal serupa tidak dilakukan kader PDIP lain yang juga berpotensi menjadi capres. Menurutnya, kader PDI Perjuangan lain bukannya tidak bersedia atau mampu melakukan hal yang sama, melainkan tidak berani karena belum mendapatkan perintah dari Megawati.

"Wis tak kode sik. Kok soyo mblandang, ya tak rodo atos (red: sudah saya beri kode dulu, kok semakin menjadi-jadi. Ya, saya rada keras). Saya di-bully di media sosial, ya bully saja. Saya tidak perlu jaga image saya,'' tuturnya.

Baca Juga: Viral, Lurah Camat Sukoharjo Halalbihalal Dangdutan sama Pengurus PDIP

3. Elektabilitas Ganjar tidak bisa untuk Capres dari PDIP

Puan Datang di Jateng, Ganjar Pergi ke Mega, PDIP: Ambisi Capres 2024Twitter.com/DPD_PDIP_JATENG

Pria yang akbrab disapa Bambang Pacul itu kembali menegaskan jika elektabilitas Ganjar saat ini dalam berbagai hasil survei tidak bisa dijadikan patokan dalam pertempuran Pilpres 2024 yang sesungguhnya. Elektabilitas tersebut hanya terdongkrak dari pemberitaan dan media sosial semata yang mudah dikalahkan dalam pertarungan secara riil atau di dunia nyata lapangan.

"Ini bukan teguran, karena ia merasa lebih tinggi dari kita (DPD PDIP Jateng). Ia merasa yang bisa menegur hanya Ibu (Ketua Umum Megawati Soekarnoputri)," jelasnya.

Disinggung apakah Ganjar sudah menyatakan akan maju sebagai calon presiden 2024, Bambang menyatakan, "Kalau dia menjawab, 'saya kan tidak mengatakan mau nyapres'. Ya kalau bicaranya pada tingkat ranting partai, ya silakan. Tapi kalau dengan orang politik, ya pasti sudah paham arahnya ke mana," tandasnya.

4. Puan Maharani memberikan kriteria pemimpin ideal versi PDIP

Puan Datang di Jateng, Ganjar Pergi ke Mega, PDIP: Ambisi Capres 2024Dok. Humas DPD PDIP Jateng

Sementara itu, Ketua DPP PDIP, Puan Maharani pada acara tersebut memberikan kriteria ideal capres 2024 yang bakal diusung PDIP. Yaitu pemimpin yang memang dilihat oleh teman-teman seperjuangan dan turut turun bersama dengan para pendukungnya di lapangan.

“Pemimpin menurut saya, itu adalah pemimpin yang memang ada di lapangan dan bukan di media sosial. Sosmed diperlukan, media perlu. Tapi bukan itu saja. Harus nyata kerja di lapangan” tegas Puan Maharani saat memberikan arahan di Panti Marhaen, Kantor DPD PDIP Jateng, Sabtu (22/5/2021).

Dalam acara itu, dihadiri juga oleh Sekretaris DPD PDIP Jateng, Bambang Kusriyanto, Bendahara PDIP Jateng, Agustina Wilujeng, sejumlah kepala daerah di Jateng dari PDIP, anggota Fraksi PDI Perjuangan di DPR RI, DPRD Jateng, dan 35 kabupaten/kota di Jateng.

Puan memberikan sinyal jika kader PDIP yang tampak diam jangan dianggap tidak siap menyambut kontestasi Pemilu 2024. Ia menegaskan para kader PDI Perjuangan sangat siap. Hanya saja mereka mematuhi aturan partai yang tegak lurus dengan perintah Ketua Umum.

“Kita diam-diam saja kaya ndak siap. Kita Siap! Hanya, kita itu partai yang tegak lurus pada aturan,” tandasnya.

5. Tidak dapat undangan Ganjar malah bertemu Megawati di Jakarta

Puan Datang di Jateng, Ganjar Pergi ke Mega, PDIP: Ambisi Capres 2024Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Kunjungi Jerawood. dok IDN Times/bt

Kabar tak diberinya undangan pada acara di DPD PDIP Jateng dibenarkan Kepala Bagian Tata Usaha dan Rumah Tangga Pimpinan Setda Provinsi Jateng, Hanung Cahyo. Ia memastikan ketidakhadiran Ganjar karena tidak mendapat undangan.

"Sudah saya cek dan pastikan tidak ada undangan acara tersebut, baik selaku gubernur maupun selaku kader partai," katanya melansir ANTARA.

Pada Sabtu (22/5/2021), Ganjar justru bertolak ke Jakarta menemui Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. Ia berangkat sehari sebelumnya atau tepatnya pada Jumat (21/5/2021).

Ganjar mengklaim momen pertemuan itu secara khusus ia manfaatkan untuk memberikan lukisan berjudul "Ibu Megawati Bersama Anak-anak Indonesia" karya Djoko Susilo. Saat penyerahan, Ganjar tidak lupa mengunggahnya melalui media sosialnya.

"Pak Joko, lukisan sudah diterima ibu. Ibu seneng banget gambar anaknya ceria-ceria. Monggo bu ke Pak Joko, pesannya apa Bu," kata Ganjar dalam video tersebut.

Megawati pun langsung menimpali, "Nggih. Pak Joko maturnuwun nggih. Sesuai seperti yang saya inginkan. Sekali lagi maturnuwun."

Baca Juga: Elektabilitas Ganjar Tinggi, PDIP: Belum Tentu Diusung Capres 2024

https://www.youtube.com/embed/ur1X_YI8wrU

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya