RSUD di Solo Sukses Bikin APD Sendiri, Cuma Rp50 Ribu, Murah Banget!

Pembuatannya sesuai standar kesehatan dan keamanan

Semarang, IDN Times - Persoalan minimnya alat pelindung diri (APD) yang dipakai para tenaga medis untuk menangani pasien virus corona (COVID-19) berhasil diatasi. Kali ini dengan kreasi dan inovasi, Provinsi Jawa Tengah mampu memproduksi APD sendiri guna memenuhi kebutuhan seluruh rumah sakit, di 35 kabupaten/kota.

1. Berawal dari langkanya APD di pasaran

RSUD di Solo Sukses Bikin APD Sendiri, Cuma Rp50 Ribu, Murah Banget!Dok. Humas Pemprov Jateng

APD tersebut diproduksi oleh RSUD dr Moewardi Solo. APD menggunakan bahan standar pabrikan, yakni Polypropylene Spundbound. Setiap hari, RSUD dr Moewardi mampu memproduksi 200-250 APD, yang dapat digunakan untuk para tenaga medis merawat pasien corona.

"APD ini sulit dicari, bahkan di beberapa daerah ada yang teriak-teriak kekurangan APD sampai pakai mantel. Kami kemudian berinovasi mencari bahan seperti yang dibuat pabrikan. RSUD Moewardi berhasil membuat inovasi dan kreativitas dengan membuat APD sendiri yang hasilnya sama dengan yang dijual pabrikan dan harganya jauh lebih murah," kata Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat mengenalkan APD buatan Jateng di Kantor Dinas Kesehatan Jateng, Senin (23/3).

2. Ganjar tengah mencari terobosan untuk masker

RSUD di Solo Sukses Bikin APD Sendiri, Cuma Rp50 Ribu, Murah Banget!Dok. Humas Pemprov Jateng

Ganjar menambahkan dengan terpecahkannya masalah kekurangan APD, saat ini pihaknya sedang berusaha mencari terobosan baru untuk pemenuhan masker.

"Kalau persoalan hand sanitizer, beberapa perusahaan dan pelajar sudah menemukan cara membuatnya sehingga dapat dipenuhi. Silahkan rumah sakut di seluruh Jateng koordinasi dengan Dinkes apabila kekurangan APD. Kalau ada yang ingin belajar membuatnya sendiri juga boleh, datang langsung ke Moewardi," tegasnya.

Ganjar menyatakan apabila sudah saatnya pemerintah daerah berusaha berinovasi dan berkreasi untuk menangani penyebaran virus corona (COVID-19). Ia menegaskan, tak selayaknya juga pemerintah daerah hanya mengandalkan pemerintah pusat dan hanya berpangku tangan.

"Kalau bisa pemerintah daerah membantu pusat, jangan hanya membebani pusat. Harus kreatif dan inovatif untuk memecahkan masalah sendiri. Yakinlah, dengan doa, ketekunan dan kemauan, semua pasti ada jalan," pungkasnya dalam keterangan resmi yang diterima IDN Times.

Baca Juga: 6 Dokter Meninggal Tangani COVID-19, Pemerintah Dituntut Siapkan APD!

3. APD yang dibuat sudah sesuai dengan standar

RSUD di Solo Sukses Bikin APD Sendiri, Cuma Rp50 Ribu, Murah Banget!Dok. Humas Pemprov Jateng

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan RSUD Moewardi, Bambang S.W mengatakan, ide pembuatan APD tersebut berawal dari permasalahan sulitnya mencari APD di pabrikan. Pihaknya kemudian mencari bahan apa yang digunakan pabrikan untuk membuat APD itu.

"Ternyata bahannya ada. Kemudian kami beli dan kami jahit sendiri. Hasilnya ternyata bagus dan sesuai standar," ucapnya.

Dalam sehari, pihaknya mampu memproduksi 200-250 pack APD. Hasil pembuatan APD itu kemudian digunakan untuk keperluan pribadi rumah sakit.

"Kalau rumah sakit lain membutuhkan, kami juga siap membantu. Kalau ada yang mau belajar membuatnya, kami juga siap mengajari," tegasnya.

4. Harga pembuatan APD hanya Rp50 ribu

RSUD di Solo Sukses Bikin APD Sendiri, Cuma Rp50 Ribu, Murah Banget!Dok. Humas Pemprov Jateng

Meski dibuat sendiri, standar dan prosedur keamanan APD tetap diterapkan. Sebelum dibuat, para penjahit juga sudah dipastikan dalam kondisi sehat, bersih dan melakukan cuci tangan.

"Semua standarnya kami lakukan, untuk hasil yang baik," paparnya.

Untuk harganya, Bambang mengatakan proses pembuatan satu APD hanya menghabiskan uang kurang dari Rp50.000. Sementara jika beli APD di pabrikan, harganya sudah mencapai Rp150.000.

"Selain mahal, juga sulit mencarinya. Maka dengan kami berhasil membuat APD sendiri, ini akan mampu mengatasi persoalan yang ada," tandasnya.

Baca Juga: Tenaga Medis di Tegal Tangani Pasien Virus Corona Pakai Jas Hujan

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya