Tamzil, Eks Napi Koruptor yang Pernah Nyalon Bareng Adik Amien Rais

Belum genap satu tahun jadi bupati sudah kena OTT KPK

Kudus, IDN Times - Bupati Kudus, M Tamzil diamankan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait dengan Operasi Tangkap Tangan (OTT), Jumat (26/7). Ia ditangkap bersama delapan orang lainnya, setelah menjalani pemeriksaan di rumah dinas Bupati Kudus, kawasan Jalan Diponegoro Kudus, Jawa Tengah.

Padahal ia belum genap satu tahun menjabat sebagai Bupati Kudus, sudah terjaring OTT KPK.

Baca Juga: [BREAKING] Kena OTT, Bupati Kudus Digelandang KPK ke Jakarta

1. Maju di Pilkada serentak 2018

Tamzil, Eks Napi Koruptor yang Pernah Nyalon Bareng Adik Amien Raisinstagram.com/ir.tamzil

Ternyata Tamzil pernah terjerat kasus korupsi yang ia lakukan tahun 2004 silam. Kalau itu ia juga menjabat sebagai Bupati Kudus periode 2004-2008.

Namun proses persidangan baru dilakukan pada tahun 2014. Mantan staf ahli Gubernur Jawa Tengah di era Bibit Waluyo itu ditahan penyidik Kejati Jateng pada 29 September 2014.

Ia dihukum penjara selama 22 bulan di LP Kedungpane, Semarang atas kasus korupsi pengadaan sarana dan prasarana pendidikan di Kabupaten Kudus, tahun 2004-2005 senilai Rp21,9 miliar.

Negara dirugikan senilai Rp2,8 miliar. Namun pada Desember 2015, Tamzil bebas. Ia kemudian maju menjadi calon Bupati Kudus, di Pilkada serentak 2018.

2. Dilantik Ganjar Pranowo

Tamzil, Eks Napi Koruptor yang Pernah Nyalon Bareng Adik Amien Raisinstagram.com/ir.tamzil

Pemilihan Bupati Kudus dilakukan pada 27 Juni 2018, bersamaan dengan Pemilihan GubernurJateng. Dalam suksesi tersebut, pasangan Tamzil dan Hartopo (Top) berhasil unggul dari empat pasang calon lainnya.

Berdasarkan data dari KPU Kabupaten Kudus, pasangan Top mampu meraih 213.990 suara atau 42,51 persen.

Tamzil dan Hartopo dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, di Gedung Grahadika Bhakti Praja Semarang, Senin, 24 September 2018.

3. Kalah dari Bibit-Rustri

Tamzil, Eks Napi Koruptor yang Pernah Nyalon Bareng Adik Amien RaisANTARA FOTO/Anis Efizudin

Sebelumnya pada 2008 silam, Tamzil pernah maju dalam Pemilihan Gubernur Jawa Tengah. Bersama adik Amien Rais, Rozaq Rais, Tamzil diusung oleh PPP dan PAN.

Namun sayang, berdasarkan data KPU Jawa Tengah, pasangan Tamzil-Rozaq hanya mampu meraih 1.591.243 suara atau 11,36 persen.

Terpaut jauh dari pasangan Bibit Waluyo-Rustriningsih yang meraih sebanyak 6.084.261 suara.

Baca Juga: [BREAKING] OTT ke-9, KPK Tangkap Bupati Kudus 

Topik:

  • Dhana Kencana
  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya