Diskominfo Dorong Peningkatan Kapasitas Jurnalis di Purwakarta 

Supaya penyebaran informasi semakin meningkat di Purwakarta

Jakarta, IDN Times – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Purwakarta bersama Dewan Pers dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pada Jumat (5/4) di Aula Janaka, Komplek Pemerintah Kabupaten Purwakarta.

Menggandeng sejumlah organisasi wartawan lainnya, seperti Forum Komunikasi Jurnalis Purwakarta (FOKUS JP), Ikatan Wartawan Online (IWO), Komunitas Jurnalis Purwakarta (KJP), Ikatan Jurnalisme Televisi Indonesia (IJTI), serta Forum Komunikasi Wartawan Purwakarta, Subang dan Karawang (FORKOWAP), gelar seminar peningkatan kapasitas jurnalis 2019.

1. Uji kompetensi wartawan selama dua hari

Diskominfo Dorong Peningkatan Kapasitas Jurnalis di Purwakarta Pexels/Fox

Ketua panitia peningkatan kapasitas jurnalis 2019, Dicky Zulkifly mengatakan kegiatan seminar ini diranagkai dengan agenda Uji Kompetensi Wartawan PWI Purwakarta, yang akan dilakukan selama dua hari, 6-7 April.

“Untuk uji kompetensinya, dimulai besok. Kita geser di tempat yang berbeda. Di aula disporaparbud, selama dua hari,” ujarnya, seperti rilis yang diterima oleh IDN Times.

2. Turut mengundang mahasiswa yang konsen di bidang jurnalistik

Diskominfo Dorong Peningkatan Kapasitas Jurnalis di Purwakarta IDN Times/Rosa Folia

Selain sejumlah organisasi wartawan yang ikut hadir. Pihak panitia juga mengundang sejumlah perwakilan dari organisasi kemahasiswaan, yang konsen di bidang jurnalistik. “Pers mahasiswa juga kita undang. Baik dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) maupun dari organisasi ekstra kampus,” tuturnya.

3. Peran strategis wartawan harus seimbang dengan peningkatan kapasitas

Diskominfo Dorong Peningkatan Kapasitas Jurnalis di Purwakarta Pixabay.com/Engine_Akyurt

Mewakili Bupati Purwakarta, Pelaksana tugas Kepala Diskominfo Kabupaten Purwakarta, Siti Ida Hamidah menyampaikan, jika peran strategis wartawan juga harus diimbangi dengan peningkatan kapasitas para jurnalis.

“Tak hanya sekedar mitra kerja, bagi jajaran Diskominfo Purwakarta, wartawan adalah sahabat. Sahabat yang bersama-sama memberikan informasi yang baik dan benar untuk masyarakat,” kata Ida.

4. Diharapkan dapat sejaka dengan peningkatan kualitas informasi

Diskominfo Dorong Peningkatan Kapasitas Jurnalis di Purwakarta idntimes.com

Kedepannya, Ida pun berharap uji kompetensi dan peningkata kapasitas wartawan di Purwakarta bisa sejalan dengan peningkatan kualitas informasi yang dihasilkan.

“Harus dipastikan, kedepan di Purwakarta tidak ada berita hoax lagi. Kode etik jurnalistik hendaknya menjadi patokan para insan pers dalam melaksanakan tugasnya,” imbuhnya.

5. Turut menghadirkan wartawan senior

Diskominfo Dorong Peningkatan Kapasitas Jurnalis di Purwakarta Instagram.com/jiji_press

Dalam seminar tersebut, dilanjutkan dengan agenda diskusi dengan sejumlah narasumber. Yakni Ketua Bidang Pendidikan Persatuan Wartawan Indonesia Jawa Barat, Yus Hermansyah. Ketua Bidang Advokasi PWI Jawa Barat, Agus Dinar. Serta Ketua PWI Purwakarta, Asep Yadi Sobana.

Baca Juga: Pemkab Purwakarta Jadikan Buah Manggis Sebagai Magnet Pariwisata

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya