Ditarget November Rampung, Begini Perkembangan Negosiasi RCEP 

Masih ada 17 elemen yang harus diselesaikan

Jakarta, IDN Times – Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional, Iman Pambagyo Kementerian Perdagangan optimistis perihal proses negosiasi Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP), akan selesai November mendatang.

“Semua sepakat November sudah selesai, tugas saya sekarang bagaimana sampai sana, jadi kalau ditanya saya positif optimistic, ya saya harus optimistic,” kata Iman Pambagyo seusai diskusi publik bertajuk 'Keeping the Deadline: Challenges of Wrapping up RCEP Negotiations' di Bengkel Diplomasi Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI), Sudirman, Jakarta, Selasa (6/2).

1. Ada tiga cakupan yang dinegosiasikan

Ditarget November Rampung, Begini Perkembangan Negosiasi RCEP IDN Times / Dian Apriliana

Dalam paparan Iman, setidaknya ada tiga cakupan yang dinegosiasikan oleh RCEP. Pertama, market access, meliputi perdagangan barang, servis--termasuk juga finansial servis, telekom servis, dan investasi.

Cakupan yang kedua ada rules, meliputi ketentuan umum, institusional, solusi perdagangan, fasilitas perdagangan, e-commerce dan beberapa elemen lainnya. Sedangkan cakupan ketiga adalah cooperation

2. Masih ada 17 elemen yang harus diselesaikan

Ditarget November Rampung, Begini Perkembangan Negosiasi RCEP IDN Times / Dian Apriliana

Dari 29 elemen persetujuan RCEP, masih ada 17 elemen yang harus diselesaikan. Elemen- elemen tersebut meliputi preamble, chapters, dan annexes. “7 chapters sudah selesai, 3 bulan ke depan mau selesaikan 3 lagi,” papar Budi saat ditemui di Mayapada Tower, lantai 19..

3. Attitude menjadi tantangan

Ditarget November Rampung, Begini Perkembangan Negosiasi RCEP IDN Times / Dian Apriliana

Ia mengakui, tantangan terbesar dari negosiasi RCEP sendiri adalah attitude, baik itu dalam menyampaikan sensitivitas, maupun masukan atau kesulitan. “Ada yang dateng cuman dateng bilang 'gak', tapi diem aja gak pakai solusi. You have to come with solution, solusi bukan cuman buat kamu saja tapi buat the rest of us,” katanya mencontohkan.

4. Iman Pambagyo mengerjakan semua sendiri

Ditarget November Rampung, Begini Perkembangan Negosiasi RCEP IDN Times / Dian Apriliana

Dari berbagai permasalahan yang ada, Iman mengaku mengerjakannya sendiri tanpa back up pihak lain. Apalagi Iman tidak hanya membawa kepentingan Indonesia, melainkan juga negara-negara ASEAN.

"Saya ini punya tiga topi, saya kan dari Indonesia, saya harus paham sejauh mana Indonesia bisa bikin komitmen, kalau bisa di-push ya saya push. Tapi topi lain kan saya koordinator ASEAN, saya harus make sure teman-teman ASEAN comfortable dengan komitmen yang ada di meja," paparnya.

Tak hanya itu, ia pun perlu memperjuangkan 'topi' yang ketiga saya sebgai TNC, makanya tadi ditanya sama Pak Dino, ada back officenya ngga, saya bilang ngga ada, saya kerja sendiri," tuturnya.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya