Sriwijaya Air Lakukan Mediasi dengan Member Sriwijaya Travel Pass 

Konsumen berharap itikad baik dari pihak maskapai

Jakarta, IDN Times – Telah dilakukan mediasi terkait isu Sriwijaya Air memberlakukan aturan yang merugikan member Sriwijaya Travel Pass (SJTP), pada Kamis (14/2) di kantor Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Duren Tiga, Jakarta. Mediasi tersebut dilakukan tertutup, bersama sejumlah member Sriwijaya Travel Pass yang dipimpin oleh Andi Yasin selaku pelapor, pihak maskapai Sriwijaya Air, serta pihak mediator yakni YLKI.

1. Penyelesaian masalah akan dilakukan bertahap jika belum ada kesimpulan

Sriwijaya Air Lakukan Mediasi dengan Member Sriwijaya Travel Pass IDN Times / Dian Apriliana

Upaya penyelesaian masalah melalui jalur mediasi ini, dilaksanakan untuk menyampaikan keluh kesah konsumen kepada pihak maskapai penerbangan Sriwijaya Air. Namun besar kemungkinan akan dilakukan mediasi selanjutnya.

“ini adalah mediasi tahap pertama, karena belum ada titik temu bisa jadi ada mediasi berikutnya. Karena ini kan yang datang sekretaris perusahaan dan pihak customer service, kalau nanti belum  diputuskan hari ini maka akan dikonsultasikan ke management, dari management akan dibawa ke mediasi selanjutnya,” kata Tulus Abadi, Ketua YLKI pada awak media.

2. Pihak Sriwijaya Air akan mengevaluasi keluhan konsumen

Sriwijaya Air Lakukan Mediasi dengan Member Sriwijaya Travel Pass IDN Times / Dian Apriliana

Pihak maskapai Sriwijaya Air menyebutkan akan mengevaluasi perihal tiket kelas A, dan juga sebagian tuntutan lainnya. Hal tersebut, kemudian dibenarkan oleh Andi.

“mereka akan evaluasi ulang mengenai tiket kelas A, kemudian tuntutan kita sebagai member itu yang pertama adalah kepastian keberangkatan tiket kelas A, lalu dikembalikannya hak seperti semula,” paparnya.

Baca Juga: Sriwijaya Air Luncurkan In-Flight Entertainment Nirkabel dalam Pesawat

3. Berdasarkan tuntutan konsumen, Sriwijaya Air meniadakan kelas A

Sriwijaya Air Lakukan Mediasi dengan Member Sriwijaya Travel Pass instagram.com/sriwijayair

Andi memaparkan, jika tiket kelas A itu harus menunggu satu jam sebelum keberangkatan, hal tersebut kemudian yang merugikan member. Namun setelah dilakukan mediasi, pihak Sriwijaya Air akhirnya menetapkan untuk meniadakan kelas A. 

"Melalui tanggapan Sriwijaya, pihaknya akan meniadakan kelas A dan kembali ke kelas F," katanya pada rilis yang diberikan pada IDN Times. 

4. Sriwijaya Travel Pass dinilai memiliki teknik marketing yang salah

Sriwijaya Air Lakukan Mediasi dengan Member Sriwijaya Travel Pass instagram.com/sriwijayaair

Program Sriwijaya Travel Pass dinilai Tulus sebagai gimmick pemasaran pada konsumen, di satu sisi mencari peluang memasarkan produk yang menguntungkan, dan banyak konsumen yang terjebak oleh gimmick tersebut.

“kalau dipelajari dengan seksama, ada pasal-pasal yang melemahkan konsumen. Menurut saya ini merupakan salah satu kesalahan marketing Sriwijaya Air, dalam memasarkan produknya,” papar Tulus.

5. Mediasi tahap selanjutnya akan dilaksanakan pekan depan

Sriwijaya Air Lakukan Mediasi dengan Member Sriwijaya Travel Pass Unsplash/Dominik Scythe

Untuk menyelesaikan masalah terkait kerugian yang dirasakan member SJTP, pihak maskapai akan mengupayakan mediasi selanjutnya, dengan membawa keputusan dari Direksi secara tertulis. 

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya