Comscore Tracker

11 Situ dan Sungai Ciliwung Potensi Jadi Wisata Air di Kota Depok

Selama PSBB-PPKM Kota Depok tutup lokasi wisata

Depok, IDN Times - Kota Depok memiliki sejumlah potensi wisata, salah satunya wisata air, baik berupa sungai maupun situ. Tercatat, ada 11 destinasi lokasi wisata air di Depok yang mampu menarik minat masyarakat.

Kasi Pengembangan Destinasi dan Industri Usaha Pariwisata Disporyata Kota Depok, Christine Desima Arthauli, mengatakan Pemkot Depok berusaha memanfaatkan potensi wisata, salah satunya wisata air. Wisata air dengan memanfaatkan situ yang ada di Kota Depok sudah mendapat izin dari Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC).

"Iya harus memiliki izin dahulu dari BBWSCC dan tidak boleh menghilangkan fungsi situ sebagai daerah resapan air," ujar Christine, Depok, Senin (13/9/2021).

Baca Juga: Kisah Suara Gamelan Bendungan Mas Yono di Perbatasan Depok dan Bogor

1. Terdapat 11 situ berpotensi menjadi lokasi wisata air

11 Situ dan Sungai Ciliwung Potensi Jadi Wisata Air di Kota DepokGubernur Jawa Barat menyambangi Situ Rawa Besar di Kampung Lio, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Rabu (2/12/2020) (IDN Times/Dicky)

Christine menuturkan, potensi wisata air yang sudah dikembangkan dan menjadi destinasi wisata ada 11 lokasi. Destinasi tersebut di antaranya Situ Pengasinan, Situ Sawangan dan Bojongsari, Situ Rawa Besar, dan Situ Rawa Kalong. 

"Sebelas lokasi wisata air di situ telah dikelola oleh Pokdarwis di tiap wilayah," tutur dia.

Christine mengatakan, Disporyata Kota Depok berusaha membantu Pokdarwis mengelola dan menarik minat masyarakat mengunjungi lokasi wisata air. Salah satunya memberikan pengadaan sepeda air.

"Sebelumnya kami membantu pengadaan sepeda air di lokasi wisata air yang dikelola Pokdarwis," ucap dia.

2. Wisata di Depok ditutup sejak PSBB dan PPKM

11 Situ dan Sungai Ciliwung Potensi Jadi Wisata Air di Kota DepokGubernur Jawa Barat menyambangi Situ Rawa Besar di Kampung Lio, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Rabu (2/12/2020) (IDN Times/Dicky)

Sejak pandemik COVID-19 hingga Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Depok, kata Christine, wisata di Kota Depok ditutup sementara.

"Selama pandemik ini kan wisata di Kota Depok ditutup sementara, tidak boleh beroperasi," tutur dia. 

Christine mengatakan, apabila destinasi wisata air dibuka kembali, Disporyata Kota Depok akan berusaha membantu menarik minat pengunjung. Salah satu upaya yang dilakukan dengan membantu sarana pengadaan spot foto di lokasi wisata air.

"Dukungannya tersebut berupa tulisan, tematik, gambar hewan, dan penunjang lainnya seperti lampu taman," ucap dia. 

3. Rencana membuka wisata Sungai Ciliwung

11 Situ dan Sungai Ciliwung Potensi Jadi Wisata Air di Kota DepokInstagram.com/arung_jeram_bogor

Selain situ, Christine menuturkan, Pemkot Depok melalui Disporyata akan mendukung rencana warga di Kelurahan Ratu Jaya membuka destinasi wisata sungai. Namun sebelum pelaksanaan rencana tersebut, perlu pemahaman fungsi dan tugas Pokdarwis. 

"Pengurusnya juga harus dari warga setempat, mulai dari pemuda, wanita, tokoh, dan usur pendukung lainnya," ujar dia.

Wisata sungai akan memanfaatkan aliran Sungai Ciliwung yang melintasi Kota Depok dari selatan hingga utara, atau dari Kabupaten Bogor hingga DKI Jakarta. Aliran Ciliwung dapat dijadikan potensi wisata arum jeram untuk menarik minat warga Depok maupun kota lainnya.

"Kami masih menunggu tindak lanjut dari rencana wisata sungai, karena ini merupakan dari masyarakat oleh masyarakat untuk masyarakat," pungkas Christine.

Baca Juga: Vaksinasi COVID-19 di Depok Masih Jauh dari Target

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya