16 Orang Dites PCR Usai Wakil Wali Kota Depok Positif COVID-19

16 orang tersebut kontak erat dengan Wakil Wali Kota Depok

Depok, IDN Times - Usai Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna dinyatakan terkonfirmasi COVID-19, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Depok langsung melakukan tracing. Sebanyak 16 orang orang yang melakukan kontak erat dengan Pradi dilakukan tes Swab PCR.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Depok, Dadang Wihana mengatakan, Pemerintah Kota Depok terus melakukan pemantauan terhadap perkembangan kesehatan Pradi Supriatna. Selain itu, pihaknya telah melakukan tracing terhadap sejumlah orang yang melakukan kontak erat dengan Pradi.

"Kami sudah melakukan tracing dan melakukan tes Swab PCR," ujar Dadang, Selasa (2/2/2021)

1. Dari 16 orang yang dites PCR, 13 di antaranya telah dinyatakan negatif COVID-19

16 Orang Dites PCR Usai Wakil Wali Kota Depok Positif COVID-19Juru bicara Satgas Kota Depok, Dadang Wihana saat di temui di Polrestro Depok. (IDNTimes/Dicky)

Dadang mengungkapkan, sebanyak 16 orang sudah dilakukan tes Swab PCR. Hasilnya sebanyak 13 orang termasuk keluarga dari Pradi Supriatna telah keluar hasilnya dan dinyatakan negatif COVID-19. Namun, masih terdapat tiga orang yang belum keluar hasil tesnya.

"Tiga orang yang belum keluar hasilnya bukan keluarga wakil wali kota, namun orang luar yang kontak erat," terang Dadang.

Dadang menjelaskan, ketiga orang tersebut masih dilakukan pemantauan sambil menunggu hasil dari tes Swab PCR. Apabila terjadi gejala akan dilakukan penanganan cepat untuk memutus penularan COVID-19.

Baca Juga: Baru Sekali Vaksinasi, Wakil Wali Kota Depok Terpapar COVID-19

2. Pradi dalam kondisi baik, tidak menggunakan ventilator

16 Orang Dites PCR Usai Wakil Wali Kota Depok Positif COVID-19Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna sambut positif wacana lockdown (IDN Times/Rohman Wibowo)

Dadang menuturkan, kondisi Pradi dinyatakan baik dan mendapatkan penanganan dari tenaga kesehatan RSUD Kota Depok. Dia menegaskan tidak ada pemasangan ventilator terhadap Wakil Wali Kota Depok.

"Hanya ada keluhan sedikit saja namun secara umum kondisinya membaik," ucap Dadang.

Dadang belum dapat memastikan terkait waktu masa penyembuhan Wakil Wali Kota Depok. Namun, kondisi dan perkembangan Wakil Wali Kota Depok akan tetap dilakukan pemantauan.

3. Pesan Wakil Wali Kota Depok kepada masyarakat

16 Orang Dites PCR Usai Wakil Wali Kota Depok Positif COVID-19Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna menyaksikan pelaksanaan rapid test (IDN Times/Rohman Wibowo)

Melalui video yang diterima IDN Times, saat ini Pradi masih menjalani perawatan di RSUD Kota Depok di ruangan khusus untuk korban COVID-19. Sejak Sabtu (30/1/2021) malam, telah mendapatkan perawatan intensif dari tenaga kesehatan dengan penerapan protokol kesehatan.

"Saran yang diberikan pemerintah dan lembaga terkait dengan protokol kesehatan hendaknya kita jalankan," ujar Pradi di dalam ruangan RSUD Kota Depok.

Pradi mengaku menderita COVID-19 membuat dirinya merasa tidak nyaman. Menurutnya, penerapan protokol kesehatan yang luar biasa sudah dilakukan dan meminta masyarakat untuk tidak takut dan menolak diberikan vaksin.

"Saya tidak tahu kalau saya belum sempat divaksin dan terpapar COVID-19 akan seperti apa, mungkin akibatnya akan lebih parah. Mohon doanya untuk semua, ini ujian dan peringatan untuk kita semua bahwa COVID-19 tidak main-main," tutup Pradi.

Baca Juga: Satgas COVID-19 Depok Klaim Keterisian Rumah Sakit Turun 10 Persen

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya