Comscore Tracker

2 Warga Depok Terpapar Varian BA.5: 1 Kerja di RS, 1 Pulang dari Bali 

Satu warga usai melakukan perjalanan ke Bali

Depok, IDNTimes - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok telah bergerak cepat menindaklanjuti laporan dua warga yang dinyatakan positif BA.5. Dinkes Kota Depok langsung melakukan tracing kepada kontak erat, salah satunya keluarga dari dua warga tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Mary Liziawati mengatakan, untuk memastikan pencegahan penularan varian tersebut, Dinkes Kota Depok melakukan tracing kepada warga yang kontak erat.

"Tracing juga dilakukan salah satunya kepada keluarga kontak erat," ujar Mary, Jumat (24/6/2022).

Baca Juga: 8 Orang di Depok Terpapar Omicron Varian BA.5, Dua Usai Perjalanan

1. Satu orang terkena BA.5 bekerja di rumah sakit

2 Warga Depok Terpapar Varian BA.5: 1 Kerja di RS, 1 Pulang dari Bali Kepala DInas Kesehatan Kota Depok, Mary LIzawati saat ditemui pada pelaksaan vaksinasi booster di Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Mary menuturkan, kedua warga yang terkena varian BA.5 merupakan warga Kecamatan Tapos dan Beji. Salah satu warga yang terkena BA.5 merupakan pekerja rumah sakit yang rentan tertularnya sangat tinggi.

"Sedangkan satunya lagi usai melakukan perjalanan dari Bali," tutur Mary.

Sebelumnya kedua warga tersebut selama sepekan mengalami demam dan sakit tenggorokan. Untuk mendeteksi adanya dugaan terpapar Covid-19, kedua warga tersebut melakukan tes swab PCR.

"Hasilnya mereka dinyatakan positif Covid-19 dan perlu mendapatkan isolasi," ucap Mary.

2. Tidak ada perbedaan pada penanganan penderita BA.5

2 Warga Depok Terpapar Varian BA.5: 1 Kerja di RS, 1 Pulang dari Bali Ilustrasi ruang isolasi COVID-19. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Mary menjelaskan, kedua warga yang dinyatakan positif Covid-19 terkena Omicron varian BA.5, menjalani penanganan isolasi di rumah sakit Jakarta. Namun Mary tidak menjelaskan secara detail rumah sakit yang dijadikan lokasi isolasi kedua warga terdampak varian BA.5.

"Sudah isolasi di rumah sakit Jakarta dan kedua warga tersebut sudah dinyatakan sembuh," jelas Mary.

Mary menambahkan, gejala penderita varian BA.5 tidak berbeda jauh dengan penderita varian Omicron maupun Delta. Bahkan penanganan untuk masa penyembuhannya pun sama seperti penderita Covid-19 lainnya.

"Baik penanganan maupun obat yang diberikan juga sama," kata Mary.

Baca Juga: Subvarian Baru Omicron di Jabar Meningkat Menjadi 17 Kasus

3. Delapan terpapar, dua KTP Depok dan enam bukan KTP Depok

2 Warga Depok Terpapar Varian BA.5: 1 Kerja di RS, 1 Pulang dari Bali ilustrasi virus Corona (freepik.com/tawatchai07)

Sebelumnya, Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kota Depok, Dadang Wihana, membenarkan terdapat dua warga Kota terpapar Omicron varian BA.5. Untuk varian BA.4, kata dia, belum ditemukan namun pihaknya tetap waspada.

"Iya dua orang ber-KTP Depok dinyatakan terpapar varian BA.5," ujar Dadang saat dihubungi IDN Times, Rabu (22/6/2022).

Dadang menjelaskan, berdasarkan hasil penelusuran dua warga yang terpapar Omicron varian BA.5 usai melakukan perjalanan. Namun ia tidak menyebutkan secara detail perjalanan yang dilakukan dua warga tersebut.

"Tapi saat ini dua warga yang terpapar varian BA.5 sudah selesai menjalani isolasi dan telah beraktivitas kembali," tutur dia.

Tidak hanya itu, Satgas Penanganan COVID-19 Kota Depok telah menerima konfirmasi kembali terdapat enam orang terpapar Omicron varian BA.5. Tetapi berdasarkan data administrasi kependudukan, keenam warga yang terpapar bukan warga Depok, namun pihaknya sedang melakukan tracing untuk memastikan hal tersebut.

"Kami khawatir keenam warga tinggal di Depok, tapi bukan ber-KTP Depok," ucap Dadang. 

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya