Comscore Tracker

409 Nakes di RSUD Depok Mulai Vaksinasi COVID-19

Ada 60 fasilitas kesehatan yang melayani vaksinasi

Depok, IDN Times - Pemerintah Kota Depok telah melaksanakan vaksinasi untuk mencegah penularan COVID-19, salah satunya di RSUD Kota Depok. Tenaga kesehatan atau nakes mendapat giliran tahap awal vaksinasi, dari 11.140 vaksin yang diberikan pemerintah pusat.

Dirut RSUD Kota Depok Devi Mayori mengatakan, pemberian vaksin di RSUD Kota Depok untuk tahap awal telah dilakukan dan vaksinasi sudah berjalan sejak Senin, 18 Januari 2021.

"Pemberian tahap awal sudah berikan kepada tenaga kesehatan dan sedang berjalan," ujar Devi, Depok, Jawa Barat, Kamis (21/1/2021).

Baca Juga: [CEK FAKTA] Viral Vaksinasi COVID-19 Presiden Jokowi Harus Diulang

1. Sebanyak 409 tenaga kesehatan menjalani vaksinasi COVID-19

409 Nakes di RSUD Depok Mulai Vaksinasi COVID-19Personel Satgas Mobile COVID-19 membawa pasien diduga terjangkit virus Corona (COVID-19) di Rumah Sakit Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Rabu (11/3/2020) (ANTARA FOTO/Oky)

Devi menjelaskan, RSUD Kota Depok telah mendata tenaga kesehatan yang mendapatkan vaksin. Sebanyak 409 nakes mendapatkan vaksin dan telah terdata sesuai aplikasi.

"Pada tahap awal sebanyak 31 tenaga kesehatan yang telah disuntikan vaksin," kata dia.

Nantinya, lanjut Devi, tenaga kesehatan yang mendapatkan vaksin akan dilakukan screening terlebih dahulu. Terdapat sejumlah pertanyaan yang harus dijawab nakes sebelum vaksinasi. Apabila dari pertanyaan tidak memenuhi syarat, mereka tidak akan divaksinasi.

2. Menyediakan 60 pelayanan fasilitas kesehatan

409 Nakes di RSUD Depok Mulai Vaksinasi COVID-19Personel Satgas Mobile COVID-19 membawa pasien terjangkit virus Corona (COVID-19) saat simulasi penanganan pasien terjangkit Covid-19 di Desa Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Senin (9/3/2020) (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/wsj)

Devi menuturkan, Dinas Kesehatan Kota Depok telah menyediakan 60 pusat pelayanan kesehatan (faskes). Nantinya, tenaga kesehatan dapat memilih lokasi tempat vaksinasi sesuai yang diinginkan.

"Ada 60 tempat faskes dan telah disiapkan vaksinator untuk menyuntikan tenaga kesehatan," ucap dia.

Devi berharap kekebalan tubuh nakes meningkat usai vaksinasi. Tenaga kesehatan kerap berinteraksi dengan pasien non-COVID-19 maupun pasien COVID-19, sehingga rentan penularan. Sehingga vaksinasi diharapkan dapat mencegah penularan terhadap tenaga kesehatan maupun masyarakat.

"Kami ingin tenaga kesehatan terlindungi dari penularan COVID-19," kata dia.  

3. Kota Depok menyiapkan 252 vaksinator

409 Nakes di RSUD Depok Mulai Vaksinasi COVID-19Petugas kesehatan menyuntikan vaksin COVID-19 saat simulasi pelayanan vaksinasi di Puskesmas Kemaraya, Kendari, Sulawesi Tenggara, Jumat (18/12/2020). Simulasi tersebut dilaksanakan agar petugas kesehatan mengetahui proses penyuntikan vaksinasi COVID-19 yang direncanakan pada Maret 2021. (ANTARA FOTO/Jojon)

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Novarita menuturkan, untuk menyukseskan vaksinasi, pihaknya telah menyiapkan 252 tenaga vaksinator. Pembagian vaksinator akan disesuaikan dengan faskes yang telah ditunjuk.

"Tahap awal vaksinator yang telah tersedia sebanyak 252," ucap dia.

Novarita mengungkapkan, sebanyak 252 tenaga vaksinator akan vaksinasi COVID-19 kepada 11.130 tenaga kesehatan, dari 11.140 vial yang diberikan pemerintah. Untuk 10 vial sudah diberikan kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang menjadi bagian vaksin pertama di Kota Depok.

Baca Juga: 2.600 Nakes di Kabupaten Madiun Jadi Target Pertama Vaksinasi

Topic:

  • Dicky
  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya