43 Penghuni Panti Asuhan di Depok Positif COVID-19

Mereka yang positif menjalani isolasi mandiri di panti

Depok, IDN Times - Hasil tes swab PCR yang dilakukan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 pada penghuni panti asuhan di Jalan Kamboja, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoranmas telah diterima Tim Gugus Tugas Kota Depok.

Dari hasil tes PCR itu diketahui, 43 orang dari 45 penghuni panti asuhan yang dites swab,  terkonfirmasi positif COVID-19.

"Ada 43 orang yang positif COVID-19 dengan status OTG (orang tanpa gejala)," ujar Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Depok, Dadang Wihana, Jumat 22 Januari 2021.

Baca Juga: Pengasuh Meninggal Kena COVID-19, Panti Asuhan di Semarang Ditutup

1. Tes PCR digelar setelah panti asuhan melakukan rapid test antigen dan diketahui ada yang reaktif

43 Penghuni Panti Asuhan di Depok Positif COVID-19Ilustrasi Rapid Test Tim IDN Times (IDN Times/Herka Yanis)

Tes swab PCR digelar di panti setelah sebelumnya Tim Gugus Tugas Percepatan Penangan COVID-19 Kota Depok menerima laporan, bahwa ada panti asuhan yang melakukan rapid test antigen, dan hasilnya diketahui 40 orang penguni panti reaktif COVID-19.

Namun dari hasil tes swab PCR, Dadang tidak memperinci 43 orang penghuni panti yang positif COVID-19.

2. Penghuni panti asuhan melakukan isolasi mandiri

43 Penghuni Panti Asuhan di Depok Positif COVID-19Ilustrasi Ruang Isolasi. IDN Times/Sunariyah

Dadang mengungkapkan, 43 penghuni panti asuhan yang positif COVID-19 menjalani isolasi mandiri di panti. Sedangkan dua orang yang negatif, akan dipisahkan dari penghuni yang terkonfirmasi positif.

"Kami akan mencari tempat isolasi mandiri untuk dua orang yang negatif, sehingga tidak tercampur dengan yang positif," terang Dadang.

Dadang menjelaskan, selama panti asuhan dijadikan tempat isolasi mandiri, UPTD Puskesmas Pancoranmas akan memonitor setiap saat. Selain itu, Pemerintah Kota Depok telah memberikan bantuan sembako untuk para penghuni panti saat menjalani isolasi mandiri.

3. KPAI ikut memantau perkembangan panti asuhan yang penghuninya terpapar COVID-19

43 Penghuni Panti Asuhan di Depok Positif COVID-19IDN Times/Dini Suciatiningrum

Dadang menturkan, penghuni panti asuhan yang terkonfirmasi positif COVID-19 mendapatkan perhatian dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia KPAI. Pemerintah Kota Depok secara intens berkomunikasi dengan KPAI terkait penghuni panti asuhan yang terkonfirmasi positif.

"Ya KPAI juga ikut memantau perkembangan panti asuhan yang terkonfirmasi positif," ucap Dadang.

Dia menambahkan, Pemerintah Kota Depok akan terus berusaha membantu penyembuhan penghuni panti asuhan yang terpapar COVID-19. 

Baca Juga: Muncul Klaster Panti Asuhan di Kota Tangerang, 33 Yatim Positif Corona

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya