Comscore Tracker

Bau Menyengat di Depok dan Bogor, Kapolres Ungkap Ini Sumbernya

Damkar Depok telusuri sumber bau menyengat itu

Depok, IDN Times - Warga Kota Depok diresahkan dengan bau busuk yang menyengat hingga tercium di dua kecamatan, yakni Kecamatan Tapos dan Kecamatan Cimanggis. Hingga kini, bau tersebut masih tercium oleh warga Depok dan viral di media sosial.

Salah seorang warga Kelurahan Harjamukti, Riman Adib mengatakan, bau busuk sudah tercium sejak 18.30 WIB. Riman menggambarkan bau busuk seperti bau bangkai binatang, sehingga ia sempat mencari sumber bau tersebut di sekitar rumahnya.

"Baunya seperti bangkai sehingga saya mencari di sekitar rumah, mulai dari dapur hingga ke seluruh ruangan rumah, karena beberapa hari lalu di dapur ada bangkai tikus," ujar Riman, Jumat (19/3/2021).

Baca Juga: Warga Depok dan Bogor Heboh Cium Bau Menyengat Seperti Bangkai

1. Diduga bau bersumber dari kebocoran gas

Bau Menyengat di Depok dan Bogor, Kapolres Ungkap Ini Sumbernyailustrasi pipa (IDN Times/Daruwaskita)

Penasaran dengan bau tersebut yang tidak kunjung hilang, Riman mencoba keluar rumah untuk membeli makan dan memastikan bau tersebut hilang dari penciumannya. Namun, saat kembali ke rumah, dia masih mencium bau busuk tersebut.

"Saya sampai menanyakan kepada istri karena bau busuk yang masih tercium," terang Riman.

Riman mengungkapkan, istrinya memberitahukan kepadanya bahwa bau busuk tersebut diduga berasal dari kebocoran gas. Informasi tersebut didapatkan dari media sosial yang dimiliki istrinya.

"Istri buka grup tetangga katanya ada gas yang bocor tapi belum diketahui lokasinya, saya khawatir bau ini berasal dari jalur pipa gas yang ada di Depok," ucap Riman. 

2. Damkar Depok telusuri sumber bau

Bau Menyengat di Depok dan Bogor, Kapolres Ungkap Ini Sumbernya(Petugas pemadam kebakaran Jakarta Selatan saat memadamkan api di SPBU MT Haryono) IDN Times/Aldzah Fathimah Aditya

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Denny Romulo mengatakan, telah menerima sejumlah laporan dari masyarakat terkait adanya bau busuk yang meresahkan.

Laporan tersebut telah diterima sejak pukul 19.00 WIB, dan sudah berkoordinasi dengan seluruh anggota Pemadam Kebakaran untuk mencari sumber bau.

"Kami sudah menerima laporan dan saat ini sedang melakukan pencarian untuk mengetahui sumber bau tersebut," kata Denny.

Denny menuturkan, bau busuk tersebut tercium di daerah Kompleks Kopassus Kelurahan Sukatani dan hampir di seluruh Kecamatan Tapos, dan Kecamatan Cimanggis, Depok. Bahkan, anggotanya berusaha menelusuri jalur pipa gas yang ada di Kota Depok.

"Kami juga mengecek di jalur pipa gas di wilayah Kota Depok," ujar Denny.  

3. Bau menyengat diduga berasal dari pabrik pengolah limbah di Bogor

Bau Menyengat di Depok dan Bogor, Kapolres Ungkap Ini SumbernyaIlustrasi pabrik. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Kapolres Bogor AKBP Harun mengatakan, bau yang menyengat berasal dari PT PPLI yang berada di Nambo, Klapanunggal, Kabupaten Bogor. Pabrik pengolah limbah tersebut mengalami kerusakan alat, dan bukan gas yang dikhawatirkan masyarakat.

"Ada kerusakan alat yang bahan bakunya berupa serbuk sehingga mengeluarkan gas yang bau," ucap Harun.

Harun mengatakan, kerusakan alat di pabrik tersebut tidak menimbulkan ledakan dan bau gas yang keluar dinilai tidak berbahaya. Hal itu berdasarkan konfirmasi dari Humas PT PPLI dan meminta untuk segera dilakukan perbaikan.

"Saat ini sedang dalam penanganan dan telah kami minta untuk segera diperbaiki," tutup Harun. 

Baca Juga: Bau Menyengat karena Pipa Limbah Bocor, Seorang Warga Dilarikan ke RS

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya