Berenang Bareng Teman, Remaja Tewas Tenggelam di Situ Pakeling Depok

Polisi selidiki penyebab tewasnya MLA

Depok, IDN Times - Remaja berinisial MLA meninggal dunia akibat tenggelam di Situ Pakeling, Kecamatan Sawangan, Kota Depok. Remaja 16 tahun itu dilaporkan sedang berenang bersama temannya pada Minggu (2/10/2022).

Kabid Penanggulangan Bencana pada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok, Denny Romulo, membenarkan peristiwa tenggelamnya MLA di Situ Pakeling Sawangan. Tim SAR yang terdiri dari komunitas dan DPKP Kota Depok berhasil menemukan korban, namun kondisinya telah meninggal dunia.

"Iya benar kemarin sore kejadiannya, namun saat ditemukan korban sudah meninggal," ujar Denny kepada IDN Times, Senin (3/10/2022). 

Baca Juga: Kasus Akseyna Disinggung Lagi, Kapolsek Beji Depok Trending di Twitter

1. DPKP terima laporan hampir satu jam setelah korban dinyatakan tenggelam

Berenang Bareng Teman, Remaja Tewas Tenggelam di Situ Pakeling DepokTim SAR gabungan saat mengevakuasi korban tenggelam di Situ Pakeling, Kecamatan Sawangan, Kota Depok. (istimewa)

Denny menuturkan, sebelum kejadian korban bersama rekannya akan berenang di Situ Pakeling yang merupakan berbatasan langsung dengan Situ Tujuh Muara. Sesampainya di lokasi korban tidak mampu menguasai lokasi Situ Pakeling.

"Akhirnya korban sekitar pukul 16.00 WIB, korban dilaporkan tenggelam," tutur dia.

DPKP Kota Depok melalui UPT DPKP Bojongsari menerima laporan tenggelam sekitar pukul 16.50 WIB. Usai mendapatkan laporan, mereka langsung mengerahkan petugas dengan sejumlah peralatan penanganan korban tenggelam.

"Sesampainya di lokasi, penanganan korban tenggelam mendapatkan bantuan dari tim SAR sejumlah komunitas," terang Denny.

2. Korban ditemukan dengan kondisi tidak bernyawa

Berenang Bareng Teman, Remaja Tewas Tenggelam di Situ Pakeling DepokPencarian korban tenggelam menggunakan peralatan tradisional di Situ Pakeling, Kecamatan Sawangan, Kota Depok. (Istimewa)

Tim SAR bersama DPKP Bojongsari melakukan pencarian dengan melakukan pemetaan titik awal korban tidak terlihat. Tim melakukan penyisiran di sejumlah area Situ Pakeling untuk segera menyelamatkan korban.

"Sekitar pukul 17.20 WIB akhirnya korban dapat ditemukan, namun kondisinya sudah tidak bernyawa," ucap Denny.

Pencarian korban tenggelam Situ Pakeling akhirnya dihentikan dan korban yang sudah ditemukan dievakuasi ke daratan. Setelah mendapatkan penanganan, jenazah diberikan kepada keluarganya yang bertempat tinggal di RW1, Kelurahan Sawangan.

"Sudah diberikan kepada keluarga, mungkin sudah dimakamkan," kata Denny.

Baca Juga: Peringati 7 Tahun Kematian Akseyna, Mahasiswa UI Gelar Doa Bersama

3. Polisi cari tahu penyebab korban tenggelam

Berenang Bareng Teman, Remaja Tewas Tenggelam di Situ Pakeling DepokSitu Tujuh Muara yang berada di Kecamatan Bojongsari, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Sementara, Kapolsek Bojongsari, Kompol Yogi Maulana, mengatakan Polsek Bojongsari sedang melakukan pengembangan untuk mengetahui pasti penyebab korban meninggal dunia di Situ Pakeling.

Untuk itu, Polsek Bojongsari belum dapat memastikan penyebab kematian korban yang ditemukan tenggelam.

"Masih kita kembangkan penyebab korban tenggelam, sabar ya," ujar Yogi.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya