Demo 1.000 Hari Kerja Rektor UI Ricuh, Mahasiswa dan Sekuriti Bentrok

Mahasiswa suarakan sejumlah tuntutan

Depok, IDN Times - Ratusan mahasiswa Universitas Indonesia yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI menggelar aksi di depan gedung Rektorat UI, Prof. Ari Kuncoro, Selasa (30/8/2022). Aksi sempat ricuh, mahasiswa dan sekuriti kampus saling dorong, sehingga sejumlah mahasiswa terjatuh.

Pantauan IDN Times di lokasi, ribuan anggota BEM UI sempat berorasi sambil mengelilingi kampus sejak pukul 15.00 WIB, dan berakhir di gedung Rektorat UI. Sejumlah mahasiswa dari tiap fakultas turut bergabung dengan mobil komando.

Tim pengaman kampus UI telah membukakan jalan di sisi selatan gedung rektorat, namun mahasiswa lebih memilih melintas melalui jalan lain. Ratusan mahasiswa yang telah bergabung mendekati gedung rektorat melalui sisi jalan arah barat hingga halaman parkir gedung rektorat.

Di depan gedung rektorat, sekuriti kampus membuat pagar betis, namun tidak mengurangi niat BEM UI melaksanakan aksi. Tidak lama berselang, mahasiswa mencoba bergerak mendekati pintu masuk Pusat Administrasi UI, namun dihalangi sekuriti kampus.

Akibatnya, aksi dorong pun tak terhindarkan antara mahasiswa dan sekuriti kampus, hingga sejumlah mahasiswa terjatuh. Beberapa rekan mahasiswa dan sekuriti kampus membantu membangunkan mahasiswa yang terjatuh. Alhasil, mahasiswa berhasil masuk dan berorasi di depan gedung Rektorat UI.

Dalam aksi tersebut, sejumlah mahasiswa membawa empat isu yang diorasikan di depan gedung Rektorat UI. Mulai dari status UI, pelecehan seksual, mahalnya biaya pendidikan, hingga penuntasan kasus kematian Akseyna Dori yang belum terungkap setelah tujuh tahun.

Hingga pukul 17.34 WIB, mahasiswa masih melakukan orasi secara bergantian dari tiap perwakilan fakultas.

Baca Juga: UI Klaim Tidak Ada Temuan KPK Terkait LHKPN Rektor Ari Kuncoro

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya