Diduga Selang Gas Bocor, 2 Warga Depok Mengalami Luka Bakar

Hiswana migas berikan tips aman saat memasang gas elpiji

Depok, IDN Times - Nasib nahas menimpa dua warga Jalan Tipar, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok. Nasrudin dan Fajar mengalami luka bakar akibat percikan api yang diduga dari selang gas yang bocor.

Kabid Pengendalian Operasional pada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Welman Naipospos, mengatakan pihaknya telah menerima laporan terkait kebakaran di sebuah kontrakan di Kelurahan Mekarsari itu. Selain kebakaran, terdapat korban luka akibat peristiwa kebakaran tersebut.

"Infonya dapur kontrakan warga terbakar dan dua orang warga mengalami luka bakar," ujar Welman saat dihubungi IDN Times, Jumat (6/5/2022).

Baca Juga: Jasa Raharja Harap Pemudik Arus Balik Setertib Arus Mudik

1. Mengalami luka bakar 10 persen

Diduga Selang Gas Bocor, 2 Warga Depok Mengalami Luka BakarPetugas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok membantu warga yang mengalami luka bakar akibat kebakaran di sebuah kontrakan, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok. (Istimewa)

Welman menuturkan, korban yang terluka yaitu Nasrudin dan Fajar mengalami luka bakar di bagian tangan dan kaki. Anggota Damkar Kota Depok mencoba melakukan penanganan pertama terhadap kedua korban.

"Luka bakarnya sekitar 10 persen di bagian kaki dan tangan," tutur dia.

Untuk penanganan dan penyembuhan terhadap korban, kata Welman, pihaknya telah mengarahkan korban ke puskesmas terdekat. Korban sempat merasakan kesakitan akibat luka bakar yang dialaminya.

"Kita coba tangani dulu lalu dibawa ke Puskesmas untuk penyembuhan luka korban," terang Welman. 

2. Dapur sempat tercium bau gas dan terkena pemantik api kompor

Diduga Selang Gas Bocor, 2 Warga Depok Mengalami Luka BakarPetugas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok memadamkan api yang membakar dapur kontrakan, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok. (Istimewa)

Welman mengungkapkan, pada saat kejadian korban sempat mencium bau gas di kontrakannya. Saat ke dapur korban sempat ingin menyalakan kompor gas, namun saat mematik api kompor gas, api langsung menyambar korban yang diduga berasal dari uap gas yang bocor melalui selang gas.

"Korban sempat terkena api dan mengalami luka, di saat yang sama rekan korban mencoba menolong namun ikut terkena juga," ungkap dia.

Welman menjelaskan, lokasi yang terbakar pada bagian dapur memiliki luas sekitar 2 x 3 meter, dan api tidak menyambar ke bagian lainnya. Petugas telah berhasil memadamkan api di bagian dapur yang yang terbakar.

"Api sudah padam dan tidak menyambar ke ruangan lainnya di kontrakan tersebut," jelas dia.

Baca Juga: Jasa Raharja Harap Pemudik Arus Balik Setertib Arus Mudik

3. Hiswana Migas Kota Depok ingatkan warga pada penggunaan gas

Diduga Selang Gas Bocor, 2 Warga Depok Mengalami Luka BakarWakil Ketua Bidang LPG 3 Kilogram Hiswana Migas Kota Depok, Imron Effendi saat di temui di kantor Hiswana Migas Kota Depok. (IDN Times/Dicky)

Wakil Ketua Bidang Elpiji Hiswana Migas Kota Depok, Imron Effendi, mengatakan pada pemasangan maupun penggunaan gas elpiji, masyarakat agar memperhatikan sejumlah hal dalam pemasangan maupun penggunaan. Sebelum melakukan pemasangan, masyarakat perlu memastikan valve tabung tersegel dengan benar dan tidak menerima tabung apabila segel rusak.

"Karet seal harus dipastikan dalam kondisi baik, kalau sudah getas minta kepada penjual untuk menggantinya," kata Imron.

Imron menjelaskan, pastikan cincin klem terpasang dengan baik dan selang tidak tertekuk. Sebaiknya selang gas memanjang untuk menghindari hal yang tidak diinginkan dalam penggunaan gas elpiji.

"Pastikan terdapat SNI pada regulator dan kompor saat akan digunakan," jelas Imron.

4. Bila tabung bermasalah segera ditukar

Diduga Selang Gas Bocor, 2 Warga Depok Mengalami Luka BakarIlustrasi tabung gas (LPG) 3 kilogram subsidi Pertamina. ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Saat akan melakukan pemasangan gas elpiji, sirkulasi udara turut menjadi hal yang perlu diperhatikan. Hindari pemasangan di ruangan yang sempit dan tertutup, serta menempatkan tabung lebih rendah dari kompor yang akan digunakan.

"Pastikan kompor dalam keadaan mati dan tidak ada sumber api yang berasal dari apapun yang menyala," ujar Imron.

Pada saat pemasangan pastikan regulator terpasangan dengan benar yang terhubung dengan tabung gas. Jangan sampai saat pemasangan terdengar suara mendesis dan bau khas elpiji dari tabung gas. 

"Tukar tabung jika bermasalah dan dilarang mencongkel karet seal dan mencolok tabung, jika mengalami kendala dalam pemasangan," tutup Imran.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya