Duh! Antrean Bansos di Depok Lagi-lagi Picu Kerumunan

Satpol PP Kota Depok menertibkan warga yang tak jaga jarak

Depok, IDN Times - Pelanggaran protokol kesehatan kembali terjadi saat pengambilan bantuan sosial dari pemerintah. Kali ini, kerumunan terjadi saat warga di Kecamatan Bojongsari, Kota Depok, tengah mengambil bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) Kementerian Sosial (Kemensos).

Pantauan di lapangan terlihat puluhan warga sedang menunggu pengambilan bantuan PKH. Warga seakan tidak mengindahkan potensi terjadinya penularan COVID-19 dampak dari kerumunan. 

1. Didatangi Satpol PP Kota Depok

Duh! Antrean Bansos di Depok Lagi-lagi Picu KerumunanSatpol PP Kota Depok saat memonitoring warga yang mengambil PKH di salah satu bank swasta di Kecamatan Bojongsari. (IDNTimes/Dicky)

Kasat Pol PP Kota Depok, Lienda Ratnanurdianny mengatakan, telah mendapatkan informasi terjadinya kerumunan di salah satu bang di Kecamatan Bojongsari. Satpol PP Kota Depok telah menurunkan anggota untuk melakukan pemantauan.

"Kami sudah menurunkan anggota Satpol PP untuk mengecek ke lokasi," ujar Lienda, Rabu (3/2/2021).

Lienda menjelaskan, berdasarkan dari hasil pantauan anggota di lapangan, warga yang melakukan kerumuman sedang menunggu pengambilan bantuan PKH. Lokasi tersebut berada di Jalan Raya Ciputat-Parung, Kecamatan Bojongsari. 

Baca Juga: Giant Margo City Depok Tutup Imbas Pandemik, Karyawan Dirumahkan

2. Diberikan peringatan dan penertiban

Duh! Antrean Bansos di Depok Lagi-lagi Picu KerumunanAnggota Satpol PP KotaDepok melakukan pengecekan terjadinya kerumuman warga yang mengambil bantuan PKH di salah satu bank swasta Kecamatan Bojongsari. (IDNTimes/Dicky)

Lienda mengungkapkan, anggota Satpol PP Kota Depok telah melakukan penertiban dan meminta warga untuk tidak berkerumun. Warga yang sedang mengantre diminta dapat melakukan jaga jarak untuk mencegah penularan COVID-19.

"Sudah dilakukan peninjauan dan penertiban dari anggota untuk mencegah kerumunan," ucap Lienda.

Lienda menuturkan, Tim Satgas Kecamatan Bojongsari telah memberikan imbauan kepada nasabah untuk melakukan protokol kesehatan. Selain itu, Satpol PP Kota Depok memberikan peringatan kepada nasabah maupun warga untuk mematuhi protokol kesehatan, baik berjaga jarak maupun menggunakan masker. 

3. Kecamatan Bojongsari rutin memberikan imbauan protokol kesehatan

Duh! Antrean Bansos di Depok Lagi-lagi Picu KerumunanSatpol PP Kota Depok berkoordinasi dengan pihak keamanan bank swasta terkait prokes di Kecamatan Bojongsari. (IDNTimes/Dicky)

Sekretaris Kecamatan Bojongsari, Zikri Dwi Darmawan mengatakan, Kecamatan Bojongsari telah berupaya meminta masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan. Tidak hanya itu, Kecamatan Bojongsari telah berkoordinasi dengan sejumlah bank maupun kantor yang memberikan pelayanan dan berpotensi terjadinya kerumunan.

"Kami sudah mendatangi lokasi kerumunan pengambilan PKH bersama Satpol PP," ucap Zikri.

Zikri menuturkan, Kecamatan Bojongsari telah meminta kepada semua pihak baik toko, perusahaan, maupun sektor lainnya, untuk menerapkan protokol kesehatan. Hal itu dilakukan untuk mencegah penularan COVID-19 dan meminta warga untuk tetap menggunakan masker, berjaga jarak, mencuci tangan, dan protokol kesehatan lainnya.

"Kami ingin warga maupun pelaku usaha, dan perusahaan menerapkan lima M dan mematuhi kebijakan Pemerintah Kota Depok dalam mengantisipasi penyebaran COVID-19," tutur Zikri. 

Baca Juga: Polisi Periksa Pedagang dan Pemilik Lapak Pasar Muamalah Depok

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya