Fakta-Fakta Pembangunan Trotoar SDN Pondok Cina Depok Yang Viral

DPUPR minta maaf terkait pembangunan trotoar

Depok, IDN Times - Pembangunan trotoar Jalan Raya Margonda, Kota Depok, tepatnya di depan SDN Pondok Cina, sempat viral lantaran tak ramah disabilitas. Pembangunan trotoar tersebut merupakan realisasi rencana Pembangunan Pemerintah Kota Depok.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok, Citra Indah Yulianty, mengatakan DPUPR Kota Depok sedang melakukan penataan trotoar jalan, khususnya di beberapa titik Jalan Raya Margonda. Pembangunan tersebut juga dikerjakan di depan SDN Pondok Cina 1.

"Kami atas nama DPUPR mohon maaf kalau ada terjadi kekisruhan," ujar Citra saat ditemui IDN Times, Rabu (9/11/2022). 

Baca Juga: Orangtua Siswa Pertanyakan Lokasi Relokasi SDN Pondok Cina 1

1. Pembangunan trotoar disesuaikan DED Disrumkim, untuk bangun Masjid Agung

Fakta-Fakta Pembangunan Trotoar SDN Pondok Cina Depok Yang ViralKepala DPUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty (tengah) saat ditemui di Situ Studio Alam, Kecamatan Cilodong, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Citra menuturkan, pembangunan trotoar di Jalan Raya Margonda, tepatnya  depan SDN Pondok Cina 1 sesuai arahan Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Kota Depok. Pembangunan tersebut sesuai Detail Engineering Design (DED) yang diberikan Disrumkim kepada DPUPR.

"Kami mengikuti gambar DED yang ada, karena SDN Pondok Cina 1 rencananya akan direlokasi, dan dijadikan pembangunan Masjid Agung," tutur dia.

Apabila pembangunan masjid terealisasi, kata Citra, maka akan sesuai DED yang diberikan Disrumkim, dan akses keluar masuk masjid berada di sisi Jalan Margonda. Relokasi SDN Pondok Cina 1 sudah direncanakan sejak 2016--yang awalnya sekolah tersebut akan dijadikan ruang terbuka hijau.

"Memang sebelumnya akan dijadikan ruang terbuka hijau, tapi kini akan dibangun Masjid Agung," ujar Citra.

2. Ketinggian trotoar mencapai 20 sentimeter hingga menyulitkan pengguna jalan

Fakta-Fakta Pembangunan Trotoar SDN Pondok Cina Depok Yang ViralHalaman SDN Pondok Cina 1, Kecamatan Beji, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Citra mengungkapkan, pembangunan trotoar yang berdekatan SDN Pondok Cina 1 sudah disosialisasikan Dinas Pendidikan pada 3 November 2022. Dinas Pendidikan mensosialisasikan kembali kepada orang tua murid.

"Jadi dari informasi yang kami peroleh, bahwa semuanya sudah diinfokan," ungkap Citra.

Pembangunan trotoar di depan SDN Pondok Cina 1 dikerjakan kemarin malam, dan terjadi perubahan karena tak ramah disabilitas. Sebelumnya, ketinggian trotoar mencapai 30 sentimeter dan kini telah direndahkan untuk kenyamanan pengguna jalan.

"Sekarang trotoarnya kami rendahkan menjadi 20 sentimeter," ucap Citra.

Baca Juga: Pemkot Depok Benahi Trotoar Jalan Raya Margonda, Warga: Simalakama

3. Telah dibuatkan akses tangga dari trotoar ke pintu gerbang sekolah

Fakta-Fakta Pembangunan Trotoar SDN Pondok Cina Depok Yang ViralPetugas PUPR Kota Depok membuat tangga untuk menghubungkan trotoar Jalan Margonda menuju SDN Pondok Cina 1, Kecamatan Beji, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Citra menjelaskan, penurunan ketinggian trotoar dilakukan untuk memudahkan penyandang disabilitas, saat melewati trotoar. 

"Kami ingin trotoar di Kota Depok ramah penyandang disabilitas," kata dia.

DPUPR juga telah membuatkan akses jalan bagi pemilik toko yang berada di Jalan Raya Margonda, berdasarkan perizinan pada saat pembangunan toko.

Begitu pun dengan SDN Pondok Cina 1, kata dia, telah dibuatkan tangga atau jalan penghubung dari trotoar ke pintu gerbang sekolah.

"Di sekolah itu pun sudah kami buatkan tangga antara trotoar dengan sekolah, karena memang sekolah tersebut posisinya berada di bawah jalan," ujar Citra.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya