Comscore Tracker

Fix! SDN Pondok Cina 1 Depok Dieksekusi Pekan Depan

Eksekusi disebut sudah kesepakatan bersama

Depok, IDN Times - Polemik SDN Pondok Cina 1 yang akan dijadikan pembangunan masjid terus berlanjut. Terkini, Pemerintah Kota Depok akan mengeksekusi gedung SDN Pondok Cina yang berada di Jalan Raya Margonda, rencananya akan dijadikan pembangunan Masjid Jami Al Quddus.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris membenarkan rencana eksekusi gedung SDN Pondok Cina 1. Eksekusi gedung tersebut akan dilaksanakan pada 12 Desember mendatang sesuai kesepakatan bersama orang tua siswa dengan Forkopimda Kota Depok.

"Iya tetap karena juga sudah kesepakatan Forkopimda dan mereka juga," ujar Idris kepada IDN Times, Kamis (8/12/2022).

1. Siswa akan masuk kembali pada 12 Desember mendatang

Fix! SDN Pondok Cina 1 Depok Dieksekusi Pekan DepanWali Kota Depok, Mohammad Idris saat membuka Depok Expo UMKM di lapangan Balai Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Sebelumnya, Pemerintah Kota Depok telah melakukan diskusi dengan perwakilan orang tua siswa di Balai Kota Depok. Terdapat sejumlah kesepakatan bersama dengan orang tua siswa salah satunya, siswa dapat mengikuti ujian di SDN Pondok Cina 1.

"Kesepakatannya bahwa mereka tetap bisa ujian, karena permintaan mereka seperti itu," kata Idris.

Idris menuturkan, Pemerintah Kota Depok telah mengikuti keinginan orang tua siswa untuk anaknya mengikuti ujian hingga esok hari. Setelah itu siswa akan diliburkan dan kembali masuk sekolah pada 12 Desember mendatang.

"Setelah ujian mereka libur nanti masuk kembali 12 Desember mendatang," tutur Idris.

Baca Juga: Wali Kota Depok: Lahan SDN Pondok Cina 1 untuk Masjid Sudah Clear

2. Pemkot Depok akan memfasilitasi siswa yang ingin pindah ke sekolah lain

Fix! SDN Pondok Cina 1 Depok Dieksekusi Pekan DepanSiswa SDN Pondok Cina 1 yang belajar tanpa mendapatkan bimbingan guru kelas. (IDNTimes/Dicky)

Idris mengungkapkan, saat siswa masuk kembali ke sekolah, Pemerintah Kota Depok menawarkan kepada orang tua siswa terkait rencana regrouping. Orang tua siswa diberikan pilihan untuk anaknya bersekolah di SDN Pondok Cina 3 dan SDN Pondok Cina 5.

"Kita tawarkan mereka mau pindah gak ke SDN Pondok Cina 3 atau SDN Pondok Cina 5," ungkap Idris.

Pemerintah Kota Depok memberikan pilihan lainnya apabila orang tua siswa tidak ingin pindah ke sekolah tersebut. Pemerintah Kota Depok akan membantu orang tua siswa apabila ingin pindah ke sekolah lain sesuai keinginannya.

"Kalau gak mau pindah berarti mereka di sekolah lain dan itu akan kita fasilitasi, yuk daftar di sekolah yang bisa akomodir keinginan mereka sekolah di pagi hari," terang Idris.

3. Rencana relokasi berkoordinasi dengan Forkopimda

Fix! SDN Pondok Cina 1 Depok Dieksekusi Pekan DepanSejumlah siswa belajar kelas tanpa bimbingan guru di SDN Pondok Cina 1, Kecamatan Beji, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan, keinginan pembangunan masjid di Jalan Raya Margonda merupakan pengajuan Pemerintah Kota Depok. Namun dalam pencarian aset untuk pembangunan masjid, turut melibatkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Idris menuturkan, aset atau lahan yang berada di Jalan Raya Margonda milik pemerintah berada di SDN Pondok Cina 1. Selain itu, apabila membeli lahan di sekitar jalan tersebut akan menghabiskan anggaran, karena nilai jual tanah di lokasi tersebut mahal.

"Beli lahan di lokasi itu harganya mencapai Rp35 juta per meter maka akan menguras anggaran," tutur Idris.

Untuk pembangunan Masjid Jami Al Quddus akan merelokasi siswa SDN Pondok Cina 1 ke SDN Pondok Cina 3 dan SDN Pondok Cina 5. Relokasi sekolah tersebut akan berkoordinasi dengan Forkopimda Kota Depok dan Pemerintah Provinisi Jawa Barat.

"Rencana relokasi kami tetap berkoordinasi dengan Forkopimda Kota Depok dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat," ucap Idris.

Baca Juga: Fakta-Fakta Pembangunan Trotoar SDN Pondok Cina Depok Yang Viral

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya