Comscore Tracker

Siap-siap! Ganjil Genap di Depok Diberlakukan Mulai Desember

Uji coba ganjil genap Depok akan dilakukan selama dua pekan

Depok, IDN Times - Rencana pemberlakuan ganjil genap di Kota Depok, Jawa Barat, kembali mencuat setelah sempat dibatalkan. Rencananya, Satlantas Polres Metro Depok akan memberlakukan ganjil genap di Kota Depok pada Desember mendatang.

Kasat Lantas Polres Metro Depok, Kompol Jhoni Eka Putra mengatakan, pemberlakuan ganjil genap merupakan upaya untuk meminimalisir terjadinya kemacetan di Kota Depok. Diakuinya, jalan di Kota Depok dengan kapasitas kendaraan sudah tidak sesuai sehingga daya tampung jalan sudah melewati batas.

"Pada Sabtu dan Minggu itu sering terjadi kemacetan sehingga perlu dilakukan berbagai upaya dan langkah yang perlu diambil," ujar Jhoni, Selasa (23/11/2021).

1. Ini jadwal pemberlakuan ganjil genap di Depok

Siap-siap! Ganjil Genap di Depok Diberlakukan Mulai DesemberIlustrasi ganjil-genap Jakarta (IDN Times/Aryodamar)

Jhoni menuturkan, terdapat beberapa langkah yang akan diambil dalam meminimalisir kemacetan, salah satunya dengan uji coba pelaksanaan ganjl genap. Ganjil genap di Kota Depok rencananya baru berupa uji coba penerapan kebijakan tersebut.

"Uji coba rencananya akan dilaksanakan pada 4 Desember mendatang," tutur Jhoni.

Jhoni mengungkapkan, sebelum pelaksanaan ganjil genap Satlantas Polres Metro Depok telah memulai sosialisasi kepada masyarakat. Sosialisasi tersebut dilakukan dengan cara melalui media sosial maupun pemberitahuan kepada pengguna jalan yang melintas.

"Saat ini kami sosialisasikan dulu kepada masyarakat maupun pengguna jalan tentang pelaksanaan ganjil genap," ungkap Jhoni.

Baca Juga: Siap-siap! Ruas Ganjil Genap di DKI Kemungkinan Kembali Normal

2. Diberlakukan untuk kendaraan roda empat pribadi

Siap-siap! Ganjil Genap di Depok Diberlakukan Mulai DesemberJalan Raya Margonda, Kota Depok. (IDN Times/Dicky)

Jhoni menjelaskan, pelaksanaan uji coba ganjil genap di Kota Depok akan diberlakukan di Jalan Raya Margonda. Di jalan tersebut akan diberlakukan ganjil genap pada Sabtu dan Minggu dengan jam yang sudah disesuaikan.

"Untuk jamnya akan dilaksanakan mulai pukul 12.00 WIB hingga 18.00 WIB," jelas Jhoni.

Jhoni menambahkan, pemberlakuan uji coba ganjil genap akan diperuntukan untuk kendaraan pribadi roda empat. Untuk kendaraan darurat seperti ambulans dan kendaraan umum lainnya dapat melintas tanpa harus mengikuti peraturan ganjil genap.

"Diberlakukan untuk roda empat kendaraan pribadi, roda dua masih bisa melintasi," kata Jhoni.

3. Belum diberlakukan sanksi

Siap-siap! Ganjil Genap di Depok Diberlakukan Mulai DesemberIlustrasi ganjil-genap (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Jhoni mengatakan, pelaksanaan uji coba ganjil genap belum diberlakukan penilangan kepada pengendara yang melanggar. Namun, Satlantas Polres Metro Depok mengingatkan kepada pengendara untuk mematahui aturan ganjil genap yang akan diterapkan, serta disesuaikan dengan plat nomor kendaraan dengan tanggal pelaksanaan.

"Belum ada sanksi kami masih tahap sosialisasi, tapi kita himbau kepada pengendara roda empat, ketika tanggalnya ganjil maka menggunakan kendaraan berplat nomor ganjil, begitupun sebaliknya," ujar Jhoni.

Jhoni menuturkan, pelaksanaan uji coba ganjil genap akan dilsanakan selama dua pekan di Jalan Raya Margonda. Nantinya kegiatan di lapangan pada uji coba ganjil genap akan dilakukan analisa dan evaluasi untuk melihat efektivitas ganjil genap.

"Nanti kita lihat apakah ganjil dan genap ini dapat mengurai kemacetan di daerah Margonda," tutur Jhoni.

Pelaksanaan uji coba ganjil genap merupakan upaya untuk menekan penularan COVID-19 yang pada Inmendagri nomor 47 tahun 2021 terkait dengan pemberlakuan PPKM level 1,2 dan 4. Menurutnya, rencana pelaksanaan uji coba ganji genap mendapatkan dukungan dari stake holder atau instansi terkait lainnya.

"Kita turun ke lapangan untuk percobaan sampai dua minggu, ketika lancar baru kita laksanakan, selain itu kita juga didukung oleh pihak lain, dishub dan juga TNI," pungkas Jhoni.

Baca Juga: Depok Gelar Uji Emisi Kendaraan Roda Empat Gratis, Ini Lokasinya

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya