Gerindra Depok Tunggu Arahan Pusat Soal Kaesang

Gerindra Depok fokus pemenangan Pilpres dan Pileg

Depok, IDN Times - Ramainya video Kaesang Pangarep yang mengaku siap dalam persaingan Pilkada Kota Depok 2024 telah menjadi sorotan. Menyikapi hal ini, DPC Partai Gerindra mengaku masih menunggu arahan dari pusat lantaran fokus pada pemenangan Pilpres dan Pileg.

Ketua DPC Partai Gerindra Kota Depok, Pradi Supriatna, menyatakan pihaknya menyambut baik putra Presiden Republik Indonesia Joko Widodo itu untuk maju pada Pilkada Kota Depok. Menurutnya, siapapun berhak untuk maju pada Pilkada Kota Depok.

"Kalau terkait kerja sama Kaesang dengan Gerindra pada Pilkada Kota Depok, kami hanya mengikuti arahan dari pengurus pusat karena sedang fokus pada Pilpres dan Pileg," ujar Pradi saat dihubungi IDN Times, Sabtu (10/6/2023). 

1. Patuhi arahan Gerindra Pusat

Gerindra Depok Tunggu Arahan Pusat Soal KaesangKetua DPC Partai Gerindra Kota Depok, Pradi Supriatna ditemui IDNTimes saat menjabat sebagai Wakil Wali Kota Depok (IDN Times/Rohman Wibowo)

Sampai sekarang, menurut Pradi, pihaknya masih belum memikirkan Pilkada Depok. Kini, DPC Gerindra hanya menunggu arahan pusat terkait Pilkada Depok 2024 nanti.

"Apapun itu kalau memang perintah pusat ya kita aminkan dan kita ikuti, sekarang kami sedang konsentrasi pemenangan Bapak Prabowo di Pilpres 2024,” tutur Pradi.

Hingga sekarang, menurut Pradi, belum ada pembahasan pula soal Pilkada Depok antara DPC dengan DPP.

"Perintah langsung memang belum kalau soal Pilkada, karena semua kan kewenangannya ada di pusat," ujar Pradi.

Baca Juga: Kaesang: Insya Allah dengan Izin Keluarga Saya Siap Jadi Depok Pertama

2. Kaesang jadi fenomena di Depok

Gerindra Depok Tunggu Arahan Pusat Soal Kaesanginstagram.com/@kaesangp

Kaesang memang sedang menjadi fenomena di Depok. Video kesiapan Kaesang maju sebagai Depok I, sudah beredar. Bahkan, di sepanjang jalan Margonda, sudah ada spanduk dukungan untuk Kaesang dari Partai Solidaritas Indonesia.

Warga Depok pun banyak yang menyambut video tersebut di media sosial. Pradi merasa maklum dengan respons masyarakat. Sebab, status Kaesang sebagai putra Jokowi, pengusaha muda, dan figur publik, memang membuatnya mudah disorot. Hanya saja, Pradi tak tahu apa motivasi Kaesang maju ke Pilkada Depok. 

"Belum bisa kami simpulkan karena apa, atau kenapa didorong ke Depok. Beliau ini adalah seorang pengusaha dan putra Presiden makanya menjadi sangat meledak beritanya," kata Pradi.

Disinggung kesiapan apabila disandingkan bersama Kaesang maju pada Pilkada Depok, Pradi belum mau membahasnya. Baginya, saat ini fokus DPC Gerindra Depok adalah pemenangan Pilpres dan Pileg dari tingkat Kota hingga DPR RI.

"Ya kembali lagi semuanya itu kan memang rekomendasinya dari pusat, kalau memang rekomendasi tentu kami akan ikuti," jelas Pradi.

3. Gerindra siap mendukung Kaesang bila diperlukan

Gerindra Depok Tunggu Arahan Pusat Soal KaesangSekjen DPP Gerindra, Ahmad Muzani saat meresmikan kantor DPC Gerindra Kota Semarang. (Dok. Partai Gerindra Jateng)

Sebenarnya, Gerindra lewat Sekretaris Jenderal, Ahmad Muzani, sudah memberikan dukungan kepada Kaesang kalau benar-benar maju dalam Pilkada Depok. Menurut Muzani, pencalonan Kaesang bak membangkitkan gairah kehidupan di Depok.

"Majunya Mas Kaesang adalah kabar yang menyenangkan, menggembirakan bagi gairah kehidupan di Depok. Mudah-mudahan bisa terwujud dan Gerindra bila diperlukan siap untuk mendukung," ujar Sekjen Gerindra, Ahmad Muzani di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (5/6/2023).

Muzani mengakui Depok perlu sosok pemimpin muda. Sebab, saat ini Depok sedang berkembang menjadi pusat ilmu pengetahuan hingga kota penuh kreasi.

"Depok sebagai kota yang sedang tumbuh berkembang menjadi pusat ilmu, kreativitas, harus dipimpin oleh anak muda inovatif, kreatif, dan memiliki visi ke depan," ujar Muzani.

Baca Juga: Kaesang Harus Sekolah Partai Dulu Jika Ingin Maju Pilkada dari PDIP

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya