Comscore Tracker

Hari Pertama Idul Fitri, Depok Macet Parah!

Dari Sawangan menuju Margonda harus ditempuh hingga 2 jam

Depok, IDN Times - Pada hari pertama hari raya Idul Fitri 1442 H, ruas jalan di sejumlah wilayah Kota Depok mengalami kemacetan. Tidak dapat dipungkiri, kemacetan tersebut diakibatkan banyak warga yang menggunakan kendaraan pribadi berpergian untuk bersilaturahmi memanfaatkan momen Idul Fitri maupun kepentingan lainnya.

Menurut pantauan IDN Times di lapangan, ruas jalan yang mengalami kemacetan yakni, di Jalan Raya Muchtar, Jalan Raya Sawangan, Jalan Dewi Sartika, Jalan Raya Citayam, Jalan Raya Cipayung, Jalan Juanda, dan sejumlah ruas jalan lainnya. Selain dikarenakan kepadatan kendaraan, kemacetan juga ditimbulkan dari simpang pertigaan yang menjadi akses keluar masuknya kendaraan maupun akses palang pintu perlintasan kereta api di stasiun Citayam.

Baca Juga: Pemkot Depok Tidak Larang Ziarah Saat Lebaran, Warga Serbu TPU

1. Sawangan menuju Depok membutuhkan waktu hingga dua jam

Hari Pertama Idul Fitri, Depok Macet Parah!Pertigaan batu tugu Sawangan Jalan Raya Muchtar, menjadi salah satu titik simpul kemacetan. (IDN Times/Dicky)

Rina, salah seorang warga Depok mengatakan, kemacetan di Jalan Raya Muchtar disebabkan banyak kendaraan yang melintas dan keluar masuk di sejumlah titik pertigaan jalan. Menurutnya, pertigaan Pasar Kemiri, Pengasinan, dan Batu Tugu Sawangan banyak kendaraan yang ingin melintas dari pertigaan tersebut masuk ke jalur Jalan Raya Muchtar baik menuju Depok maupun Bojongsari.

"Iya ini banyak kendaraan yang keluar masuk pertigaan jalan di sepanjang Jalan Raya Muchtar," ujar Rina, Kamis (13/5/2021).

Rina menjelaskan, akibat kemacetan tersebut, jarak tempuh kendaraannya dari wilayah Kecamatan Sawangan menuju Jalan Raya Margonda membutuhkan waktu mencapai dua jam. Selain pertigaan, kemacetan di Jalan Raya Muchtar maupun di Jalan Raya Sawangan diakibatkan ruas jalan yang sudah tidak mampu menampung volume kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

"Seharusnya Jalan Raya Muchtar dan Jalan Raya Sawangan dibutuhkan pelebaran, khususnya di Jalan Raya Sawangan yang terdapat akses pintu tol Sawangan," keluh Rina.

2. Perlintasan kereta api ikut menyumbang kemacetan

Hari Pertama Idul Fitri, Depok Macet Parah!Ilustrasi palang kereta (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Keluhan yang sama juga dirasakan warga Kelurahan Cipayung Jaya, Mustakim. Dia mengatakan, kemacetan di Jalan Raya Citayam khususnya dari Stasiun Citayam hingga pasar Citayam diakibatkan volume kendaraan yang cukup padat. Selain itu, perlintasan kereta api Citayam mejadi salah satu faktor kemacetan di jalan tersebut.

"Macetnya parah banget, panjang banget dari arah Pabuaran hingga melintasi rel kereta api mencapai satu jam," ucap Mustakim.

Mustakim menjelaskan, akibat kemacetan tersebut banyak pengendara motor yang tidak sabar terjebak dan berusaha saling mendahului. Apalagi sesampainya di pintu perlintasan kereta api, pengendara motor ingin saling mendahului melintas di rel tersebut, sehingga kemacetan tidak dapat dihindari dan menjalar hingga satu setengah kilo meter dari dua arah.

"Saya hanya bisa pasrah saja apalagi lihat pengendara motor sudah tidak karuan seakan saling berlomba melintasi rel kereta api stasiun Citayam," keluh Mustakim. 

Baca Juga: Duh, Banyak Pengunjung Nakal di Pasar Depok Jelang Lebaran

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya