Hujan Deras Picu Longsor, Jalan Boulevard GDC Depok Amblas

Jalan ditutup dikhawatirkan akan ada longsor susulan di GDC

Depok, IDN Times - Jalan Boulevard kantor Pertokoan GDC, Kota Depok, amblas pascahujan deras yang terjadi pada Senin (12/4/2021) malam.

Kabid Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Denny Romulo mengatakan, longsor yang mengakibatkan halaman parkir pertokoan GDC amblas terjadi lantaran hujan deras yang membuat debit air di dekat lokasi tersebut mengalami peningkatan.

"Akibatnya air kali menggerus tanah dan jembatan sehingga menyebabkan longsor," ujar Denny, Selasa (13/4/2021).

1. Satu motor dan gerobak terjebak di dalam longsor

Hujan Deras Picu Longsor, Jalan Boulevard GDC Depok AmblasPetugas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok usai mengevakuasi motor yang terjebak longsor GDC Depok. (Istimewa)

Denny menjelaskan, longsor yang terjadi di sekitar pertokoan GDC tidak menyebabkan korban jiwa. Namun, sepeda motor dan gerobak ikut terperosok ke dalam longsor sehingga pihaknya melakukan evakuasi.

"Satu sepeda motor milik pegawai di lokasi pertokoan dan gerobak yang berada di situ masuk ke dalam longsoran," kata Denny.

Denny mengungkapkan, longsor memiliki kedalaman dan lebar sekitar lima meter. Denny memperkirakan, apabila daerah di sekitar longsor mendapatkan tekanan berat dan terdorong aliran air kali, akan terjadi longsor susulan sehingga harus dilakukan  penanganan pencegahan.

"Kemungkinan bisa terjadi longsor susulan karena berada di pinggiran kali," ucap Denny.

Baca Juga: Ada Pohon Tumbang, Jalan Akses UI Depok Macet Parah!

2. Jembatan sudah tidak layak

Hujan Deras Picu Longsor, Jalan Boulevard GDC Depok AmblasPetugas DPUPR Kota Depok saat meninjau lokasi longsor di Pertokoan GDC untuk melakukan perbaikan sementara. (Istimewa)

Sementara, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok, Dadan Rustandi mengatakan, longsor yang terjadi di Pertokoan GDC disebabkan jembatan yang sudah tua dan tidak mampu menahan beban dorongan air kali. Akibatnya, terjadi longsor di lokasi tersebut dan DPUPR Kota Depok akan segera melakukan perbaikan.

"Sebenarnya jembatan yang longsor ini sudah menjadi rencana kami melakukan perbaikan pada tahun ini," ucap Dadan.

Dadan mengungkapkan, sebelum dilakukan perbaikan jembatan tersebut sudah terlebih dahulu rusak karena dorongan air kali pasca hujan kemarin malam. Dadan menambahkan, DPUPR Kota Depok berencana melakukan  perbaikan kembali jembatan dan melakukan penanganan longsor.

"Kami segera melakukan penanganan longsor," kata Dadan.

3. Dilakukan pengalihan jalur GDC

Hujan Deras Picu Longsor, Jalan Boulevard GDC Depok AmblasGaris Polisi yang melintang di lokasi longsor di pertokoan GDC Depok. (Istimewa)

Dadan menuturkan, Jalan Boulervard GDC memiliki dua ruas jalan, untum lokasi longsor berada di ruas jalan GDC menuju arah Pasar Pucung. Untuk mencegah longsor meluas DPUPR sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kota Depok untuk mengalihkan jalan GDC.

"Jadi dialihkan sementara arah GDC menuju Pasar Pucung namun tidak jauh pengalihan menggunakan satu jalurnya," kata Dadan.

Dadan mengungkapkan, pengalihan sementara dilakukan untuk menjaga keselamatan pengendara yang melintas dan melebarnya longsor. Menurutnya, apabila di lokasi tersebut melintas kendaraan yang memiliki beban berat atau terjadi pergeseran tanah, akan berpotensi longsor susulan.

"Kami mencegah hal yang tidak diinginkan salah satunya melebarnya longsor," kata Dadan.

Baca Juga: WALHI NTT: Banjir dan Longsor karena  Kerusakan Lingkungan 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya