HUT ke-76 RI, Polisi dan Baja Hitam di Depok Hentikan Pengendara

Pengendara nyanyikan lagu Indonesia Raya

Depok, IDN Times - Ratusan kendaraan yang melintas di Jalan Raya Margonda, tepatnya simpang Jalan Raya Margonda dan Juanda, Kota Depok, Jawa Barat dihentikan. Momen tersebut bertepatan dengan peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan ke-76 RI hari ini, Selasa (17/8/2021). 

Ratusan pengendara tersebut sempat kebingungan lantaran lampu merah tersebut berfungsi dengan baik, namun petugas kepolisian menghentikan semua pengendara dari semua penjuru di Jalan Raya Margonda.

Salah seorang pengendara, Sutrisno mengatakan, saat melintas di Jalan Raya Margonda merasa kebingungan lantaran sejumlah anggota kepolisian dan Satpol PP, serta petugas Pemadam Kebakaran Kota Depok menghentikan semua pengendara. Para petugas berdiri di depan pengendara yang melintas.

"Awalnya saya bingung karena diberhentikan, kirain ada peristiwa, namun petugas hanya berdiri di depan saya," ujar Sutrisno.

Baca Juga: Pimpin Upacara HUT ke-76 RI, Anies Singgung Janji Perlindungan Warga

1. Wujudkan rasa nasionalisme

HUT ke-76 RI, Polisi dan Baja Hitam di Depok Hentikan PengendaraPara pengendara di Jalan Raya Margonda memberikan hormat saat pemutaran lagi Indonesia Raya. (IDNTimes/Dicky)

Sutrisno menuturkan, setelah diberitahu anggota kepolisian, momen tersebut sebagai peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, ia langsung menghentikan mesin sepeda motornya.

Sutrisno yang mengaku sibuk dengan pekerjaannya, sempat lupa bahwa hari ini tepat pukul 10.00 WIB merupakan peringatan detik-detik pembacaan teks proklamasi kemerdekaan RI.

"Jujur saya sempat lupa bahwa pada pukul 10.00 WIB, Bung Karno membacakan detik proklamasi kemerdekaan," ucap dia.

Sebagai wujud rasa nasionalisme, dia bersama pengendara lain ikut mendengarkan pembacaan detik-detik proklamasi yang diperdengarkan menggunakan pengeras suara.

Saat lagu kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan, Sutrisno bersama pengendara lain pun spontan memberikan penghormatan sejenak.

"Salut kepada aparat negara yang mengingatkan kami tentang detik proklamasi, walaupun sempat mendapat protes dari pengendara lain," tutur dia.

2. Kendaraan dihentikan selama kurang lebih tiga menit

HUT ke-76 RI, Polisi dan Baja Hitam di Depok Hentikan PengendaraAnggota Satlantas Polres Metro Depok mengibarkan bendara Indonesia di tengah Jalan Raya Margonda, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Kanit Keamanan dan Keselamatan Satlantas Polres Metro Depok, AKP Elly Padiansari, mengatakan penghentian kendaraan merupakan instruksi pemerintah pusat untuk mengajak masyarakat mendengarkan peringatan detik-detik proklamasi. Pengguna jalan diimbau berhenti sejenak untuk meluangkan waktu mendengarkan detik-detik bersejarah itu.

"Ya kami hentikan sejenak selama tiga menit untuk mendengarkan detik proklamasi yang dibacakan Proklamator Indonesia, yakni Sukarno," ujar Elly.

Saat pembacaan teks proklamasi dikumandangkan dengan pengeras suara, para pengendara antusiasme dengan menghentikan mesin kendaraannya. Tidak hanya itu, saat lagu kebangsaan Indonesia Raya dinyanyikan, pengendara tampak memberi hormat dan ikut menyanyikan lagu kebangsaan.

"Apresiasi pengendara sangat baik, bahkan ikut menyanyikan lagu kebangsaan yang kami putar," ungkap Elly. 

3. Penghentian kendaraan dilakukan di persimpangan jalan

HUT ke-76 RI, Polisi dan Baja Hitam di Depok Hentikan PengendaraAnggota Polres Metro Depok menghentikan kendaraan di Jalan Raya Margonda, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Elly menuturkan, penghentian kendaraan terletak di semua persimpangan jalan di Kota Depok. Dia mencontohkan, di Jalan Raya Margonda, penghentian kendaraan terletak di Simpang Juanda-Margonda, Simpang Ramanda, dan Simpang Siliwangi.

"Penghentian kendaraan dimulai pukul 10.17 WIB hingga pukul 10.20 WIB," tutur dia.

Elly menambahkan, peringatan detik-detik proklamasi kepada pengendara, dapat mewujudkan rasa nasionalisme pengendara maupun warga dalam menjalani kehidupan. Secara tidak langsung, Polres Metro Depok menanamkan wujud rasa cinta Tanah Air dengan acara ini.

"Ini sebagai wujud ajakan kami kepada pengendara maupun warga yang melintas untuk menanamkan rasa nasionalisme dan cinta Tanah Air," pungkas Elly. 

Acara ini juga diikuti warga dengan berkostum satria Baja Hitam.

Baca Juga: 15 Potret Peringatan HUT ke-76 RI di Istana, Merpati Turut Upacara Lho

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya