Ini Reaksi Tiga Pejabat Daerah Depok Usai Disuntik Vaksin COVID-19

"Lebih sakit disuntik vaksin sebelum umrah," kata Kapolres

Depok, IDN Times - Forkopimda Kota Depok telah melakukan vaksinasi sebagai contoh pemberian vaksin untuk mencegah COVID-19 di Kota Depok. Penyuntikan vaksin di lakukan di RS Universitas Indonesia pada pukul 09.00 WIB, Kamis (14/1/2021). 

Dari 10 orang yang disuntik vaksin, di antaranya Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna, Kapolrestro Depok Kombes Pol Imran Edwin Siregar, dan Dandim 0508/Depok, Kolonel Agus Isrok Miraj.

Satu persatu ketiga pejabat daerah tersebut memasuki sejumlah pos yang telah disiapkan sebagai langkah screening sebelum divaksinasi.

1. Wakil Wali Kota Depok jadi orang pertama yang disuntik vaksin Sinovac

Ini Reaksi Tiga Pejabat Daerah Depok Usai Disuntik Vaksin COVID-19Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna di damping Wali Kota Depok, Mohammad Idris saat disuntikan vaksin SINOVAC. (Humas Pemkot Depok)

Wawalkot Pradi Supriatna menjadi orang pertama yang menerima vaksinasi di Kota Depok. Dia mengaku awalnya saat disuntikkan vaksin merasa khawatir.

"Saya menjadi orang pertama dan sebagai contoh kepada warga Kota Depok untuk divaksin," ujar Pradi.

Pradi mendapatkan suntikan vaksin di lengan kirinya. Pada saat divaksinasi, Pradi mengaku tidak merasakan sakit dan diminta untuk rehat selama 30 menit menunggu reaksi dari hasil suntikan. Setelah tidak menunjukkan gejala, dia dilakukan pemeriksaan kembali.

"Alhamdulillah setelah 30 menit tidak ada reaksi dan saya diberikan roti dan air mineral," ucap Pradi. 

Baca Juga: Vaksinasi COVID-19 di Daerah Dimulai, Ikhtiar Baru Melawan Pandemik   

2. Kapolrestro Depok sebut suntik vaksin Meningitis lebih sakit

Ini Reaksi Tiga Pejabat Daerah Depok Usai Disuntik Vaksin COVID-19Kapolrestro Depok, Kombes Pol Imran Edwin Siregar saat akan disuntikan vaksin di RS UI. (Humas PEmkot Depok)

Kapolrestro Depok, Kombes Pol Imran Edwin Siregar mengatakan, sebelum disuntik vaksin COVID-19, dia telah menyiapkan diri, salah satunya dengan istirahat yang cukup. Selain itu, Imran melakukan banyak minum air putih pada saat sebelum melakukan vaksinasi.

"Istirahat yang cukup dan banyak minum air putih, itu saja," kata Imran.

Imran menjelaskan, pada saat disuntikkan vaksin dirinya tidak merasakan sakit. Bahkan penggunaan jarum yang disuntikkan ke tubuh tidak tebal sehingga tidak memberikan rasa sakit.

"Saya kira biasa saja malah lebih sakit saat suntik Meningitis kalau kita mau Umrah," ucap Imran.

3. Dandim Depok minta masyarakat tidak khawatir

Ini Reaksi Tiga Pejabat Daerah Depok Usai Disuntik Vaksin COVID-19Dandim 0508/Depok, Kolonel Agus Israk Miraj bersama Kapolrestro Depok, Kombes Pol Imran Edwin Siregar melakukan vaksinasi bersama di RS UI. (Humas Pemkot Depok)

Dandim 0508/Depok, Kolonel Agus Israk Miraj menuturkan, saat akan menerima vaksinasi dirinya sempat berpikir seperti apa rasanya dilakukan vaksinasi COVID-19. Namun setelah dijalaninya, tidak ada rasa kekhawatiran apapun yang dialaminya karena ini demi kemanusiaan dan warga Kota Depok.

"Alhamdulillah enggak sakit seperti yang Pak Kapolres bilang tadi," ujar Agus.

Agus meminta, warga Kota Depok untuk tidak khawatir akan vaksinasi pencegahan COVID-19. Warga diminta untuk tidak takut untuk divaksinasi dan datang ke tempat vaksinasi di pusat pelayanan kesehatan di Kota Depok.

"Ayo kita sukseskan program vaksin dari Pemerintah Pusat," tutur Agus.

Baca Juga: Depok Akan Launching Vaksinasi COVID-19 di RSUI Kamis 14 Januari

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya