Comscore Tracker

Ini Sebaran Lokasi Banjir dan Longsor di Cimanggis Depok

Empat motor tertimbun tanah longosr

Depok, IDN Times - Banjir dan longsor kembali terjadi dialami masyarakat Kota Depok. Berdasarkan penelusuran IDN Times, banjir yang disertai tanah longsor berdampak besar pada warga di Kecamatan Cimanggis.

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Denny Romulo, menyebutkan sejumlah titik banjir yang meliputi Perumahan Kenari De'Residance, Taman Duta, dan Bukit Cengkeh 2. Lokasi tersebut merupakan dampak yang cukup parah akibat bajir dari luapan aliran Kali.

"Kami sudah menurunkan anggota dengan membawa perahu karet untuk membantu evakuasi warga," ujar Denny, Sabtu (20/2/2021).

Baca Juga: 7 Bencana Banjir Terparah di Dunia, Banjir Jakarta Semoga Tidak

1. Banjir mencapai 100 senti meter

Ini Sebaran Lokasi Banjir dan Longsor di Cimanggis DepokPetugas PMI Kota Depok membantu mengevakuasi anak terdampak banjir menggunakan perahu karet di Perumahan Kenari De'Residance. (IDNTimes/Dicky)

Denny menjelaskan, banjir di Perumahan Kenari De'Residance disebabkan tanggul yang jebol yang menjadi perbatasan antara perumahan dengan Kali Cipinang. Jebolnya tanggul tersebut terjadi sejak pukul 06.00 WIB sehingga masuk ke perumahan warga.

"Ketinggian air di lokasi tersebut mencapai 90 sentimeter," terang Denny.

Akibatnya, lanjut Denny sejumlah barang berharap milik warga perumahan seperti mobil dan sepeda motor ikut terendam banjir. Namun, terdapat beberapa kendaraan warga telah berhasil di evakuasi dan dipindahkan ke luar perumahan. Selain itu, Perumahan Duta dan Bukit Cengkeh mengalami banjir luapan Situ Pangarengan.

"Situ Pangarengan debit airnya cukup tinggi sehingga air masuk ke Perumahan Bukit Cengkeh 2," kata Denny

Denny mengungkapkan, banjir di Bukit Cengkeh dan Taman Duta sudah terjadi sejak pukul 04.00 WIB dan ketinggian air di Perumahan tersebut mencapai 100 senti meter. Menurutnya, lokasi Perumahan Taman Duta dan Bukit Cengkeh menjadi daerah rawan terjadinya banjir. Apabila hujan deras dengan waktu yang cukup lama, perumahan tersebut akan mengalami kebanjiran.

2. Sebanyak 282 kepala keluarga terdampak banjir

Ini Sebaran Lokasi Banjir dan Longsor di Cimanggis DepokDinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok saat mencari warga terdampak banjir untuk dilakukan evakuasi. (Humas Damkar Kota Depok)

Denny mengungkapkan, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok telah melakukan pendataan kepala keluarga yang terdampak banjir di tiga lokasi. Untuk banjir di Perumahan Kenari De'Residance, terdapat dua RT yang terdampak banjir yakni RT11/13 sebanyak 34 kepala keluarga dan RT15/13 sebanyak 48 kepala keluarga.

"Total di RW13 kepala keluarga yang terdampak sebanyak 82 kepala keluarga," kata Denny.

Denny menuturkan, banjir di Perumahan Taman Duta sebanyak 100 kepala keluarga dan Perumahan Bukit Cengkeh sebanyak 100 kepala keluarga. Apabila di total secara keseluruhan, total kepala keluarga yang terdampak banjir di tiga lokasi mencapai 282 kepala keluarga.

"Saat ini air di tiga perumahan tersebut telah surut dan warga telah membersihkan rumahnya yang terdampak banjir," ucap Denny.

Baca Juga: Anies Baswedan Sebut 113 RW di Jakarta Masih Terendam Banjir

3. Longsor timbun empat motor dan 13 kepala keluarga terdampak

Ini Sebaran Lokasi Banjir dan Longsor di Cimanggis DepokLongsor yang terjadi di lingkungan RT4/7, Kelurahan Pasir Gunung Selatan, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok. (Humas Damkar Kota Depok)

Denny menuturkan, hujan deras menyebabkan terjadinya longsor di RT4/7, Kelurahan Pasir Gunung Selatan, Kecamatan Cimanggis. Longsor terjadi sekitar pukul 06.00 WIB, menyebabkan material longsor menutup akses pintu tiga rumah warga dan jalan setapak menuju rumah kontrakan tidak jauh dari lokasi.

"Selain menutup jalan dan pintu depan rumah warga, longsor juga menimbun empat sepeda motor milik warga," ujar Denny.

Denny mengatakan, longsor yang terjadi memiliki ketinggian dan lebar mencapai lima meter. Pihaknya telah berkoordinasi dengan DPUPR Kota Depok untuk mengangkat material longsor yang menutup akses jalan, motor, dan tiga rumah milik warga. 

"Akibat longsor sebanyak 13 kepala keluarga dan 24 jiwa terdampak, selain itu Dinas Sosial Kota Depok telah menurunkan bantuan logistik untuk membantu kebutuhan warga yang terdampak," ujar Denny.

Baca Juga: Anies: Banjir Jakarta Selatan Kiriman dari Depok dan Bogor

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya