Kali Licin di Depok Meluap, Lalu Lintas di Sawangan Macet Parah

Banjir menyebabkan kemacetan di Jalan Raya Sawangan

Depok, IDNTimes - Luapan air Kali Licin menyebabkan banjir menggenangi Jalan Raya Pramuka dan Jalan Raya Sawangan, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok. Diketahui luapan air akibat sampah yang menyumbat di bawah jembatan, hingga kemacetan di Jalan Raya Sawangan pun tak terelakkan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok, Citra Indah Yulianty, mengatakan banjir di Jalan Raya Sawangan terjadi karena luapan air Kali Licin jika kiriman air dari hulu kali atau wilayah Bogor cukup tinggi. Untuk itu, pengendara yang melintas di Jalan Raya Sawangan dan Pramuka agar berhati-hati karena banjir.

"Iya memang ada genangan dan petugas SDA kami sudah ada di lokasi titik banjir," ujar Citra kepada IDN Times, Rabu (18/5/2022).

Baca Juga: Puting Beliung di Depok Rusak 139 Rumah, 7 Keluarga Mengungsi

1. Banjir disebabkan karena sampah dan batang pohon tersumbat di jembatan

Kali Licin di Depok Meluap, Lalu Lintas di Sawangan Macet ParahSatgas SDA DPUPR Kota Depok membersihkan sampah dan batang pohon yang tersumbat di bawah jembatan simpang Mampang, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok. (Dokumen DPUPR)

Citra menuturkan, banjir luapan Kali Licin di Simpang Mampang biasanya cepat surut karena air hanya bersifat lintasan. Namun, pada banjir kali ini disebabkan sumbatan sampah rumah tangga yang berada di badan kali tersangkut di bawah jembatan.

"Selain itu, ada batang pohon yang tersangkut di bawah jembatan sehingga menahan air dari hulu ke hilir," tutur Citra.

Satgas SDA DPUPR Kota Depok berusaha membersihkan sampah yang tersangkut di bawah jembatan, untuk menormalisasikan kali sehingga air dapat mengalir sesuai fungsinya.

"Petugas sedang membersihkan sampah yang tersangkut, diperkirakan pada siang nanti air kali akan kembali normal dan tidak meluap," terang Citra.

2. Sampah diangkut sebanyak dua truk

Kali Licin di Depok Meluap, Lalu Lintas di Sawangan Macet ParahSejumlah pengendara melintasi genangan air di Jalan Raya Sawangan, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Citra menjelaskan, DPUPR Kota Depok setiap harinya membersihkan sampah di Kali Licin untuk mencegah luapan air kali ke Jalan Raya Pramuka dan Jalan Raya Sawangan. Menurutnya, sampah yang berasal dari kali ini  cukup banyak karena kurangnya kesadaran warga.

"Minimal dua truk sampah yang kami angkut dari Kali Licin," jelasnya.

Citra mengingatkan untuk mengurangi luapan air Kali Licin, warga yang tinggal di bantaran kali agar tidak membuang sampah ke dalam kali.

"Kali Licin ini memiliki ketinggian dua hingga tiga meter, kalau sampah dibuang dan mengendap ke kali, otomatis akan terjadi pendangkalan," ungkap Citra.

Baca Juga: Pemkot Depok Catat 342 Rumah Rusak Dihantam Puting Beliung

3. Banjir sebabkan antrean kemacetan hingga satu kilometer

Kali Licin di Depok Meluap, Lalu Lintas di Sawangan Macet Parah(IDN Times/Dicky)

Salah seorang pengendara, Anjar menuturkan, banjir menyebabkan kemacetan di Jalan Raya Sawangan baik dari arah Depok menuju Sawangan maupun sebaliknya. Bahkan kemacetan sudah terjadi sejak pintu ke luar Tol Sawangan menuju simpang Mampang, sedangkan dari Depok menuju Sawangan sudah terjadi sejak depan sekolah Cakra Buana menuju Simpang Mampang.

"Diperkirakan kemacetan mencapai satu kilometer," tutur dia.

Anjar mengungkapkan, banjir di Jalan Raya Sawangan mencapai 30 sentimeter sehingga banyak pengendara mengurangi kecepatan dan menyebabkan kemacetan. Anjar berharap Pemerintah Kota Depok segera menuntaskan permasalahan banjir yang sering terjadi di Jalan Raya Sawangan, khususnya di Simpang Mampang.

"Sering kalau banjir karena kali di Mampang, gak tahu ini penyebabnya apa, apakah karena kalinya yang kecil atau ada permasalahan lain," tutup Anjar.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya