Kesaksian Korban Selamat Longsor Tebing RM Saung Tiga Depok

Korban meninggal merupakan guru sekolah dasar

Depok, IDN Times - Dede Safaat (37), korban selamat dalam peristiwa robohnya turap tebing di Rumah Makan (RM) Saung Tiga, Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, masih menjalani perawatan di RSUD Kota Depok, Jawa Barat. 

Dede merupakan satu dari tiga korban dalam peristiwa itu. Dua temannya, yakni Siti Mawarti (45) dan Sudana (55), meninggal dunia.

Dede bercerita, awalnya ia dan kedua temannya singgah untuk makan di RM Saung Tiga, pada Kamis (2/6/2022). "Saat itu kami tidak berpikir akan terjadi longsor," ujar Dede saat bercerita di RSUD Kota Depok, Jumat (3/6/2022).

Baca Juga: 15 Wilayah di Depok Banjir dan 7 Longsor akibat Hujan Deras Kemarin

1. Korban tidak sempat menyelamatkan diri

Kesaksian Korban Selamat Longsor Tebing  RM Saung Tiga DepokDede Safaat menjadi korban selamat peristiwa robohnya turap tebing RM Saung Tiga, Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Sekitar setengah jam pada saat makan, terjadi hujan deras. Di lokasi dekat saungnya, terdapat pengunjung lainnya menempati saung nomor enam. Tidak lama berselang, tiba-tiba terjadi longsor dan terlebih dulu menimpa saung nomor enam yang tepat berada di sebelahnya.

"Nomor enam dahulu yang tertimpa longsor lalu ke saung kami," terang Dede.

Pada saat kejadian, Dede bersama kedua temannya tidak sempat menyelamatkan diri. Peristiwa tersebut, kata Dede, sangat cepat sehingga longsoran turap tebing menimpa dia dan kedua temannya.

"Saya tertimpa longsoran bebatuan dan kedua teman saya tertimpa material bangunan lainnya," ucap Dede. 

2. Korban mengalami sakit pinggang

Kesaksian Korban Selamat Longsor Tebing  RM Saung Tiga Depoklokasi korban meninggal dunia saat makan di RM Saung Tiga, Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Dede menuturkan, pada saat longsor terjadi tubuhnya tertimpa bebatuan begitupun kedua temannya. Akibatnya, Dede mengalami luka di bagian tangan kanan dan terdapat luka robekan.

"Luka robekan sudah mendapatkan jahitan dan pinggang masih terasa sakit," tuturnya.

Dede tidak mengetahui secara pasti kondisi kedua rekannya pada saat kejadian, namun peristiwa tersebut menyebabkan kedua temannya meninggal dunia. Dede masih trauma mengingat peristiwa tersebut.

"Hanya itu saja yang saya ingat saat kejadian," ucapnya.

3. Korban merupakan guru sekolah dasar

Kesaksian Korban Selamat Longsor Tebing  RM Saung Tiga DepokPetugas Polres Metro Depok sedang mengidentifikasi jenazah korban yang tertimpa turap tebing longsor di RM Saung Tiga, Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Kabid Penanggulangan Bencana pada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Denny Romulo mengatakan, pada saat kejadian para korban yaitu Siti Mawarti (45), Sudana (55), dan Dede Safaat (37) sedang singgah ke RM Saung Tiga untuk makan. 

"Berdasarkan keterangan korban selamat, mereka singgah setelah pulang dari melayat karena ada rekannya yang meninggal dunia," ujar Denny saat ditemui IDN Times di lokasi kejadian.

Denny menjelaskan, pada saat tebing roboh, para korban tidak berhasil menyelamatkan diri. Akibatnya, korban Siti Mawarti dan Sudana meninggal di tempat, karena mengalami luka pada bagian kepala akibat tertimpa tebing. Sementara, satu korban lainnya selamat, yakni Dede, mengalami luka.

"Korban luka yaitu Dede Safaat mengalami luka dan telah dibawa ke RSUD Kota Depok," jelas Denny.

Diketahui Dede mengalami luka pada bagian lengan atas dan kaki karena tertimpa turap tebing. Luka robek yang diderita Dede mencapai 10 sentimeter dan mendapatkan lima jahitan.

"Korban yang meninggal merupakan tenaga pendidik di SDN Depok Baru 2," kata Denny.

Baca Juga: Longsor di Depok,  Satu Rumah Warga Hilang dan Tujuh KK Terdampak

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya