Kota Depok Gelar Gebyar Vaksinasi Pelajar Jelang PTM Terbatas

Vaksinasi pelajar di Kota Depok baru 30 persen

Depok, IDN Times - Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan tengah memberikan vaksinasi COVID-19 kepada pelajar jelang Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas. Vaksinasi akan dilaksanakan mulai Senin (6/9/2021) hingga Jumat (6/9/2021). 

Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Mohammad Thamrin, mengatakan vaksinasi pelajar di Kota Depok sedang gencar dilaksanakan. Selama sepekan ini, kata dia, Dinas Pendidikan Kota Depok melaksanakan gebyar vaksinasi, terhitung mulai hari ini.

"Hari ini pelaksanaan vaksinasi pelajar dilakukan di SMPN 3 Depok yang berlokasi di Kelurahan Baktijaya," ujar Thamrin, Depok, Senin (6/9/2021). 

Baca Juga: PTM di SDN 05 Jagakarsa Dihentikan, Gak Pakai Masker Sih

1. Lokasi dan jadwal vaksinasi pelajar di sekolahan dan kantor Dinas Pendidikan

Kota Depok Gelar Gebyar Vaksinasi Pelajar Jelang PTM TerbatasSeorang pelajar tengah vaksinasi COVID-19 di SMPN 11 Kota Depok. (Istimewa)

Dinas Pendidikan Kota Depok menggelar vaksinasi pelajar di sejumlah lokasi, antara lain di kantor Dinas Pendidikan yang digelar hari ini dan Selasa (7/9/2021), SMPN 8 Depok pada Selasa (7/9/2021), SMPN 11 Depok pada Rabu (8/9/2021), SMP Al Muhajirin pada Kamis (9/9/2021), dan SMPN 25 Depok pada Jumat (10/9/2021). 

"Lokasi pertama pada hari ini dan besok juga dikhususkan pelajar SMPN 3 Terbuka, SMPN 33, SMPN 22, serta sebagian dari SMPN 4 Kota Depok,” kata Thamrin.

Sehari target sasaran vaksinasi pelajar di Kota Depok antara 4 ribu hingga 5 ribu pelajar. Sehingga diperkirakan vaksinasi pelajar selama sepekan mencapai 20 ribu pelajar.

"Sasaran gebyar vaksinasi untuk pelajar sedikitnya mencapai 20 ribu siswa SMP di Kota Depok," ucap Thamrin.

2. Pelajar yang sudah vaksinasi COVID-19 di Kota Depok baru 30 persen

Kota Depok Gelar Gebyar Vaksinasi Pelajar Jelang PTM TerbatasIlustrasi pelajar mengikuti vaksinasi. (Istimewa)

Dinas Pendidikan Kota Depok menargetkan jumlah vaksinasi pelajar SMP negeri maupun swasta 58.900 pelajar, atau 70 persen pelajar di Kota Depok.

"Saat ini baru 30 persen pelajar sudah mendapatkan suntikan vaksin dari jumlah target sasaran untuk siswa SMP," ungkap Thamrin. 

Dia mengatakan pelaksanaan vaksinasi pelajar melibatkan sejumlah instansi mulai dari Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, dan instansi vertikal lainnya di Kota Depok.

3. PTM terbatas di Kota Depok akan dilaksanakan pada Oktober mendatang

Kota Depok Gelar Gebyar Vaksinasi Pelajar Jelang PTM TerbatasIlustrasi pembelajaran tatap muka (dokumen)

Thamrin menuturkan, Dinas Pendidikan Kota Depok sedang melakukan monitoring evaluasi terhadap sekolah yang akan melakukan PTM terbatas. Monitoring dilakukan mulai dari kesiapan sarana dan prasarana sekolah, pembagian kelas dari tim pengawas sekolah, sosialisasi kepada orang tua, hingga sejumlah simulasi yang dilakukan tiap sekolah.

"Kami menyepakati untuk PTM baru bisa dilaksanakan pada Oktober mendatang," tutur dia.

Rencananya, siswa melaksanakan PTM terbatas selama dua hari karena harus bergantian ruangan kelas. Selain itu, setiap kelas yang melaksanakan PTM terbatas hanya berisikan 20 siswa karena untuk menjaga jarak antar siswa di ruang kelas.

"Di mana sebelum pandemik kelas diisi 32 hingga 36 siswa. Namun dikarenakan PTM terbatas, rata-rata setiap sekolah membagi yang awalnya satu kelas jadi dua kelas, sementara jumlah ruang kelas terbatas," tutup Thamrin.

Baca Juga: 19.910 Madrasah Gelar PTM Terbatas Mulai 30 Agustus

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya