Comscore Tracker

Kota Depok Mulai Distribusikan 11.140 Vaksin untuk Nakes

Vaksin akan didistribusikan ke 60 faskes

Depok, IDN Times - Pemerintah Kota Depok telah menerima vaksin Sinovac dari pemerintah pusat melalui Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Untuk mempercepat vaksinasi kepada tenaga kesehatan, Pemkot Depok segera mengirimkan vaksin ke fasilitas kesehatan (faskes).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Novarita mengatakan, pihaknya sedang mendistribusikan vaksin ke faskes di Kota Depok, untuk vaksinasi tenaga kesehatan.

"Kami sedang mendistribusikan vaksin yang telah kami terima sebanyak 11.140 vial," ujar Novarita, Depok, Jawa Barat, Kamis (14/1/2021).

Baca Juga: Jabar Vaksinasi Perdana Hari Ini, Karawang Tak masuk Meski Zona Merah 

1. Vaksin didistribusikan ke 60 faskes secara bertahap

Kota Depok Mulai Distribusikan 11.140 Vaksin  untuk NakesKadinkes Kota Depok, Novarita usai melakukan penyuntikan vaksin di RS UI. (IDNTimes/Dicky)

Novarita mengungkapkan, pendistribusian vaksin akan mendapatkan pengawalan dari TNI dan Polri yang akan disalurkan ke 60 fakses di Kota Depok. Penyaluran vaksin Sinovac akan disalurkan dua tahap, mulai Kamis (14/1/2021) dan Jumat, 15 Januari 2021.

"Hari ini kami distribusikan sebanyak 32 faskes dan besok 28 faskes," ujar dia.

Novarita menjelaskan, untuk pengaturan tenaga kesehatan yang akan divaksin telah diatur dari faskes yang mendapatkan penunjukan. Tenaga kesehatan yang mendapatkan vaksin juga telah didata melalui sistem yang telah diatur pemerintah.

2. Dinas Kesehatan Kota Depok menyiapkan 252 vaksinator

Kota Depok Mulai Distribusikan 11.140 Vaksin  untuk NakesKepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Novarita. (IDNTimes/Dicky)

Novarita menuturkan, untuk menyukseskan vaksinasi, Dinas Kesehatan Kota Depok telah menyiapkan 252 tenaga vaksinator. Nantinya pembagian kerja tenaga vaksinator akan disesuaikan dengan Fakses yang telah di tunjuk.

"Tahap awal vaksinator yang telah tersedia sebanyak 252," ucap Novarita.

Novarita mengungkapkan, 252 vaksinator akan menyuntikan vaksin kepada 11.130 tenaga kesehatan dari 11.140 vial yang diberikan pemerintah. Untuk 10 vial sudah diberikan kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang menjadi bagian vaksin pertama di Kota Depok.

3. Diberikan verifikasi vaksin berupa kartu

Kota Depok Mulai Distribusikan 11.140 Vaksin  untuk NakesForkopimda Kota Depok memperlihatlak buku verifikasi setelah di vaksin. (IDNTimes/Dicky)

Novarita mengatakan, setelah tenaga kesehatan maupun Forkopimda melakukan vaksin, akan diberikan kartu sebagai validasi telah melakukan vaksin. Nantinya kartu tersebut akan dibawa kembali setelah 14 hari dari penyuntikan vaksin pertama.

"Iya sebagai validasi nantinya kartu tersebut akan dibawa kembali saat melakukan pemeriksaan setelah 14 hari disuntikan vaksin," ucap dia.

Novarita menuturkan, pada 14 hari ke depan seseorang yang telah divaksin akan terbentuk kekebalan atau anti-bodi. Sehingga 14 hari ke depan akan ada pemberian vaksin kembali.

"Jadi vaksin ini optimal ketika dua kali penyuntikan dengan jangka waktu 14 hari, kalau sekali belum," tutup Novarita. 

Baca Juga: Vaksinasi COVID-19 di Daerah Dimulai, Ikhtiar Baru Melawan Pandemik   

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya