Nataru, Dishub Depok Siap Kempiskan-Gembok Roda Mobil di Parkir Liar

Dishub Kota Depok siap antisipasi kemacetan saat nataru 

Depok, IDNTimes - Mengantisipasi terjadinya kepadatan kendaraan dan kemacetan, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok menyiagakan anggota Dishub di sejumlah titik keramaian dan kepadatan.

Selain itu, Dishub Kota Depok juga siap mengempiskan ban sepeda motor dan menggembok roda mobil yang parkir liar di pinggir jalan.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok, Eko Herwiyanto, mengatakan langkah antispasi dan penanganan lalu lintas telah dilakukan Dishub Kota Depok, bekerja sama dengan Satlantas Polres Metro Depok, khususnya pada saat Natal dan Tahun Baru (Nataru). Dishub Kota Depok akan bersiaga untuk mencegah kepadatan kendaraan pada malam pergantian tahun maupun hari libur.

"Kami ikut membantu Satlantas Polres Metro Depok, untuk mencegah kepadatan lalu lintas maupun operasi lilin 2021," ujar Eko, Depok, Jumat (31/12/2021). 

Baca Juga: Direksi Pertamina Patra Niaga Cek Kesiapan Satgas Nataru di Jatimbalinus

1. Petakan titik rawan kepadatan kendaraan

Nataru, Dishub Depok Siap Kempiskan-Gembok Roda Mobil di Parkir LiarAnggota Dishub Kota Depok membantu mengurai kepadatan lalu lintas di Kota Depok. (Dokumen Dishub Kota Depok)

Eko mengungkapkan, Dishub Kota Depok telah melakukan pemetaan maupun kajian potensi terjadinya kepadatan lalu lintas pada malam tahun baru maupun saat libur tahun baru. Untuk itu, Dishub Kota Depok akan menempatkan anggota di lokasi titik rawan kepadatan dan kemacetan, di sejumlah jalan di Kota Depok.

"Kami akan tempatkan anggota di lokasi yang telah kami perkirakan adanya kepadatan kendaraan," ungkap dia.

Sejumlah jalan di Kota Depok rawan kepadatan kendaraan di antara Jalan Raya Siliwangi, Jalan Raya Margonda, Jalan Raya Citayam, Jalan Arif Rahman Hakim, Jalan Juanda, dan Jalan Akses UI. Jalan tersebut merupakan jalan yang dianggap paling banyak dilalui kendaraan, baik roda dua maupun roda empat.

"Kita antisipasi jangan sampai ada kepadatan kendaraan," ucap Eko.

2. Pusat perbalanjaan dan terminal tidak luput dari perhatian Dishub Kota Depok

Nataru, Dishub Depok Siap Kempiskan-Gembok Roda Mobil di Parkir LiarPetugas Dishub Depok di Stasiun Depok Baru memberikan hand sanitizer kepada pengguna KRL (IDN Times/Rohman Wibowo)

Eko menjelaskan, selain konsentrasi di titik kepadatan kendaraan, Dishub Kota Depok menempatkan petugas di pusat perbelanjaan dan terminal di Kota Depok. Nantinya, petugas akan membantu pengaturan kendaraan yang memasuki maupun keluar dari pusat perbelanjaan.

"Begitu pun di terminal akan kita bantu kendaraan, baik yang menuju terminal maupun keluar terminal," kata dia.

Eko memperkirakan tidak menutup kemungkinan masyarakat akan memanfaatkan libur tahun baru dengan mendatangi pusat perbelanjaan dan pusat keramaian. Untuk itu, petugas Dishub Kota Depok akan berkonsentrasi di sejumlah lokasi pusat perbelanjaan.

"Ini kan masih pandemik, sehingga kami berusaha membantu mobilitas masyarakat untuk mencegah penularan COVID-19," kata Eko.

Baca Juga: Jasa Raharja Siagakan 2.000 Personel pada Libur Nataru

3. Tertibkan parkir liar dan gembok ban

Nataru, Dishub Depok Siap Kempiskan-Gembok Roda Mobil di Parkir LiarAnggota Dishub Kota Depok dan Satlantas Polres Metro Depok menertibkan parkir di liar di wilayah Kecamatan Cinere, Kota Depok. (Dokumen Dishub Kota Depok)

Eko mengatakan, selain mengurai kepadatan lalu lintas, Dishub Kota Depok akan menindak tegas apabila ditemukan kendaraan parkir liar di badan jalan. Menurut dia, parkir liar menjadi salah satu pemicu terjadinya kemacetan lalu lintas.

"Kami tertibkan parkir liar maupun kendaraan yang parkir bukan pada tempatnya," ujar dia.

Eko menambahkan, penertiban parkir liar dilakukan bekerja sama dengan Satlantas Polres Metro Depok. Kendaraan roda dua akan ditertibkan dengan cara pengempisan ban dan untuk roda empat atau lebih akan dilakukan gembok ban.

"Untuk tilang kewenangannya berada pada Satlantas Polres Metro Depok," tutup Eko.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya