Pedagang Daging Sapi di Depok Mogok Jualan Hingga Jumat

Harga daging sapi naik, pedagang tak bisa jual ke konsumen

Depok, IDN Times - Pedagang daging di pasar tradisional kompak melakukan aksi mogok berjualan daging sapi kepada konsumen. Hal itu ditenggarai karena kenaikan harga daging di rumah pemotongan hewan.

Berdasarkan pantauan IDN Times, pedagang daging yang mogok berjualan juga terjadi di Kota Depok. Di Pasar Cisalak, sejumlah lapak pedagang daging tampak tutup berjualan dan hanya beberapa lapak yang masih tetap berjualan.

1. Aksi mogok jualan dilakukan selama tiga hari

Pedagang Daging Sapi di Depok Mogok Jualan Hingga JumatLapak pedagang daging di Pasar Cisalak, Cimanggis, Depok, Jawa Barat (IDN Times/Dicky)

Salah seorang pedagang daging, Sugino mengatakan, aksi mogok pedagang daging merupakan bentuk kekompakan atas kenaikan harga daging di rumah pemotongan daging. Rencananya aksi mogok akan dilaksanakan selama tiga hari.

"Mogoknya tiga hari mulai hari ini hingga Jumat," ujar Sugino, Rabu (20/1/2021).

Sugino menjelaskan, aksi mogok yang dilakukan pedagang daging sebagai bentuk protes atas kenaikan daging. Untuk berdagang kembali, Sugino akan mengikuti arahan lanjutan dari pedagang daging lainnya sebagai bentuk kekompakan.

Baca Juga: Pedagang Mogok Jualan, Daging Sapi di Jakarta Menghilang 

2. Harga daging di pangkalan Rp95 ribu per kilogram

Pedagang Daging Sapi di Depok Mogok Jualan Hingga JumatLapak pedagang daging di Pasar Cisalak, Cimanggis, Depok, Jawa Barat (IDN Times/Dicky)

Sugino menjelaskan, pangkalan atau di tempat rumah pemotongan hewan menjual daging sapi sebesar Rp95 ribu per kilogram. Harga tersebut terbilang tinggi karena daging yang berasal dari pemotongan masih berikut tulang sehingga bukan daging utuh.

"Dari sana Rp95 ribu per kilogram itu juga dagingnya masih menyatu dengan tulang dan gajih belum daging utuh," terang Sugino.

Sugino menuturkan, apabila harga daging sapi sebesar Rp95 ribu per kilogram dan ditambah ongkos produksi mulai dan pembiayaan lainnya diperkirakan mencapai Rp120 ribu per kilogram. Sugino mengaku tidak akan mungkin menjual daging kepada konsumen atau masyarakat dengan harga lebih dari Rp120 ribu.

"Sedangkan saat ini harga daging Rp120 ribu per kilogram dan tidak mungkin menaikkan harga di tengah pandemik, nanti malah konsumen tidak ada yang mau membeli daging yang kami jual," ucap Sugino.

3. Pedagang daging di Pasar Cisalak banyak yang tutup

Pedagang Daging Sapi di Depok Mogok Jualan Hingga JumatLapak pedagang daging di Pasar Cisalak, Cimanggis, Depok, Jawa Barat (IDN Times/Dicky)

Kepala UPT Cisalak Pasar, Sustisna membenarkan bahwa banyak pedagang daging di Pasar Cisalak yang menutup lapak dagangannya. Penutupan tersebut berkaitan dengan aksi mogok pedagang daging yang mengeluhkan kenaikan harga daging di tempat pemotongan.

"Iya pedagang daging pada mogok berjualan tadi sudah kami monitoring," ucap Sutisna.

Sutisna menuturkan, UPT Cisalak Pasar menyediakan 60 kios untuk pedagang daging sapi. Namun hanya 15 kios pedagang daging yang masih melakukan aktivitas berjualan.

"45 pedagang daging menutup kiosnya," kata Sutisna.

Baca Juga: Pedagang Sebut Naiknya Daging Sapi Gara-gara Masalah Impor

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya