Comscore Tracker

Pemkot Depok Catat 342 Rumah Rusak Dihantam Puting Beliung

Dinas sosial berikan bantuan pangan kepada warga terdampak

Depok, IDNTimes - Pasca angin puting beliung disertai hujan pada Minggu (15/5/2022) sore, menyebabkan ratusan rumah warga rusak. Berdasarkan data Pemerintah Kota Depok, puting beliung merusak 342 rumah warga di sejumlah kelurahan.

Kabid Penanggulangan Bencana Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Denny Romulo mengatakan, puting beliung yang terjadi pada Minggu (15/5/2022) sore memberikan dampak yang cukup besar dibandingkan beberapa waktu lalu. Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok mensiasati sejumlah penanganan dengan keterbatasan anggota karena banyak laporan permintaan penanganan.

"Ini cukup parah, selain pohon tumbang terdapat ratusan rumah yang terdampak," ujar Denny saat dihubungi IDNTimes, Selasa (17/5/2022).

1. Puting beliung melanda rumah warga di Kecamatan Sawangan dan Pancoran Mas

Pemkot Depok Catat 342 Rumah Rusak Dihantam Puting BeliungKontrakan pelangi mengalami kerusakan usai angin puting beliung di Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Baca Juga: Puting Beliung di Depok Rusak 139 Rumah, 7 Keluarga Mengungsi

Denny menuturkan, pada saat kejadian pihaknya melakukan penanganan di sejumlah rumah warga yang mengalami kerusakan. Selain itu, pihaknya mendapatkan bantuan dari Tagana Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok membantu mengevakuasi rumah warga yang rusak.

"Totalnya mencapai 342 rumah warga rusak kategori ringan hingga berat," tutur Denny.

Jumlah tersebut meliputi Kelurahan Sawangan Baru mencapai 139 rumah, Kelurahan Rangkapanjaya Baru satu rumah, Kelurahan Rangkepanjaya 17 rumah, Kelurahan Pasir Putih 30 rumah. Sedangkan angin puting beliung yang merusak rumah warga di Kelurahan Bedahan mencapai 155 rumah.

"Total yang terbanyak itu di Kelurahan Bedahan 155 rumah, tapi kalau kategori beratnya di Kelurahan tersebut mencapai 15 rumah," terang Denny.

2. Selain rumah damkar melakukan penanganan pohon tumbang

Pemkot Depok Catat 342 Rumah Rusak Dihantam Puting BeliungDinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok memberikan bantuan kepada warga terdampak di Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, Kota Depok. (Dokumen Damkar)

Baca Juga: Asal 5 Dentuman Misterius di Depok Terungkap, Besok Bakal Terjadi Lagi

Denny menjelaskan, kerusakan rumah warga akibat puting beliung berada pada bagian atap atau genteng rumah dan asbes terbang terbawa angin. Bahkan, baja ringan yang terpasang di rumah warga tidak kuat menahan terpaan angin.

"Asbes hingga baja ringan terbang terbawa angin, jadi anginnya sangat kencang pada saat kejadian," jelas Denny.

Denny mengungkapkan, selain melakukan penanganan rumah rusak Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok melakukan pemangkasan pohon tumbang. Berdasarkan data penanganan banyak pohon tumbang yang menimpa rumah warga, menutup jalan, hingga terkena kendaraan.

"Ada mobil pengendara yang melintas tertimpa pohon tumbang," ungkap Denny.

3. Dinsos Depok berikan bantuan pangan hingga matras

Pemkot Depok Catat 342 Rumah Rusak Dihantam Puting BeliungDinas Sosial Kota Depok mendistribusikan bantuan untuk warga yang terdampak angin puting beliung di Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok. (Dokumen Dinsos Depok)

Sementara, Kepala Dinas Sosial Kota Depok, Asloe'ah Madjri mengatakan, Dinas Sosial melalui Tagana Kota Depok telah melakukan asessment terhadap warga yang terdampak angin puting beliung. Berdasarkan data yang diterima terdapat 143 kepala keluarga terdampak puting beliung.

"Ada 143 KK yang kami lakukan asessment karena rumahnya rusak kena angin," ujar perempuan yang kerap disapa Lulu. 

Lulu menuturkan, untuk meringankan beban korban angin puting beliung, Dinas Sosial telah memberikan bantuan berupa pangan dan matras. Apabila warga yang terdampak membutuhkan dapur umum, Dinas Sosial Kota Depok akan membangun dapur umum untuk kebutuhan konsumsi warga.

"Untuk dapur umum belum sementara ini, kita lihat situasi serta kondisi di lapangan," tutur Lulu. 

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya