Penderita Delta COVID 2 Bulan Tak Pulang ke Depok, Kerja di Karawang 

Varian Delta COVID-19 telah ditemukan di Depok dan Karawang

Depok, IDN Times - Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat masih menelusuri terkait adanya informasi bahwa varian Delta COVID-19 telah ada di kota itu. Upaya ini dilakukan setelah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebutkan, varian Delta COVID-19 telah ditemukan di Depok dan Karawang.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kota Depok Dadang Wihana mengatakan, Satgas Depok meminta akses ke Satgas Penanganan COVID-19 Jawa Barat untuk memastikan varian Delta di Kota Depok.

"Kami telah mendapatkan informasi bahwa di dalam lis pemeriksaan memang ada warga Depok yang terkena varian Delta," ujar Dadang, Senin (21/6/2021).

Baca Juga: Gawat, COVID-19 di Kota Depok Tembus 596 Kasus Aktif!

1. Satgas COVID-19 Kota Depok lakukan tracing

Penderita Delta COVID 2 Bulan Tak Pulang ke Depok, Kerja di Karawang Petugas melakukan tracing di Dukuh Kedungrejo, Desa Mojopurno, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, Senin (14/6/2021). Dok.IDN Times/Istimewa

Dadang menjelaskan, Satgas Penanganan COVID-19 Kota Depok melakukan penelusuran (tracing) terhadap orang yang terkena varian Delta. Secara kependudukan orang tersebut berdomisili di Kota Depok.

"Kami sudah cek di data kependudukan, ternyata orang yang bersangkutan merupakan warga," terang Dadang.  

2. Orang yang terpapar varian Delta COVID-19 bekerja di Karawang

Penderita Delta COVID 2 Bulan Tak Pulang ke Depok, Kerja di Karawang Jubir Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok, Dadang Wihana. (IDNTimes/Dicky)

Berdasarkan hasil tracing, kata Dadang, orang tersebut sudah dua bulan tidak pulang ke Depok karena bekerja di Karawang. Saat ini hanya istrinya yang masih tinggal di Depok.

"Istrinya yang tinggal di Depok sedangkan yang bersangkutan kerja di Karawangan dan belum pulang selama dua bulan," ungkap Dadang. 

3. Pemkot tunggu hasil uji Litbangkes Kemenkes RI

Penderita Delta COVID 2 Bulan Tak Pulang ke Depok, Kerja di Karawang Ilustrasi laboratorium (ANTARA FOTO/Moch Asim)

Dadang menuturkan, Satgas Penanganan COVID-19 Kota Depok masih menunggu hasil pengujian sampel di Litbangkes Kemenkes RI. Sebelumnya, Dinas Kesehatan Kota Depok telah mengirimkan sejumlah sampel untuk diuji di Litbangkes Kemenkes RI.

"Sudah dikirimkan sampel dan kami masih menunggu," kata Dadang.

Selain itu, lanjut Dadang, Satgas Penanganan COVID-19 Kota Depok berkoordinasi dengan Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) untuk melakukan pengujian sampel, guna mengantisipasi adanya varian Delta di Depok.

"Kami sudah koordinasi dengan RSUI untuk melakukan pengujian sampel," ucap Dadang.

4. Gubernur Ridwan Kamil sebut varian Delta COVID-19 sudah masuk ke Jawa Barat

Penderita Delta COVID 2 Bulan Tak Pulang ke Depok, Kerja di Karawang Ridwan Kamil menghadiri acara Indonesia Millennial Summit by IDN Times (Dok. IDN Times)

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebelumnya mengatakan, mutasi COVID-19 yakni varian Delta sudah memasuki wilayah Jawa Barat. Hal itu berdasarkan hasil tes Laboratorium Kesehatan Daerah Jawa Barat bersama ITB menggunakan metode Genome Sequencing.

"Berita paling baru dan terbaru hari ini adalah varian delta sudah hadir di Jabar. Ini menandakan kita harus tetap waspada, hadir di Karawang dan Kota Depok," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil di Gedung Pakuan, Senin (21/6/2021).   

Baca Juga: Waspada! Ridwan Kamil Pastikan Varian Delta Sudah Masuk Jawa Barat

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya