Pengiriman Sampah ke TPA Cipayung Depok Disetop Sepekan

Dilakukan penataan landfill di TPA Cipayung

Depok, IDNTimes - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok mengentikan sementara pengangkutan sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung, Kecamatan Cipayung, Kota Depok. Penghentian tersebut untuk menata TPA Cipayung yang telah melebihi kapasitas penampungan.

Melalui surat edaran, Kepala DLHK Kota Depok Ety Suryahati mengatakan, sehubungan dengan adanya libur panjang hari raya Idul Fitri, DLHK Kota Depok akan melakukan penataan lingkungan TPA Cipayung. Hal itu dilakukan agar pelayanan pengelolaan sampah lebih optimal.

"Untuk mendukung hal tersebut kami informasikan pelayanan pengangkutan sampah ke TPA Cipayung tidak kami laksanakan," ujar Ety, Minggu (1/5/2022).

Baca Juga: KLHK Temukan TPS Ilegal di Tangerang, Tercemar Limbah B3

1. Dihentikan selama satu pekan

Pengiriman Sampah ke TPA Cipayung Depok Disetop SepekanSurat pemberitahuan DLHK Kota Depok terkait penghentian sementara pengiriman sampah ke TPA Cipayung dan pengambilan sampah di masyarakat. (Istimewa)

Ety menuturkan, penghentian pengangkutan sampah ke TPA Cipayung akan berlangsung selama satu pekan. Selama penghentian tersebut, akan dilakukan optimalisasi sehingga TPA Cipayung dapat menampung sampah.

"Penghentian akan dilakukan mulai 2 Mei hingga 8 Mei 2022," tulis Ety dalam suratnya.

Ety mengungkapkan, penghentian pengangkutan dan pengiriman sampah berlaku di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) lingkungan masyarakat dan pasar. Untuk menyukseskan rencana penataan TPA Cipayung, DLHK Kota Depok meminta dukungan semua pihak.

"Kami perlu dukungan semua pihak untuk memperlancar kegiatan tersebut," ucap Ety.

2. Beban sampah TPA Cipayung mencapai 2,5 juta meter kubik

Pengiriman Sampah ke TPA Cipayung Depok Disetop SepekanKondisi sampah di TPA Cipayung, Kecamatan Cipayung, Kota Depok, mengalami over kapasitas. (Istimewa)

Sementara, Kepala UPTD TPA Cipayung Ardan Kurniawan mengatakan, pengiriman sampah ke TPA Cipayung dihentikan sementara berdasarkan surat dari DLHK Kota Depok. 

"Pengiriman sampah ke TPA Cipayung tidak ada selama satu pekan mengingat TPA harus dilakukan penataan dan sudah over load," ujar Ardan kepada IDN Times.

Ardan menjelaskan, kapasitas daya tampung sampah di TPA Cipayung telah melebihi kapasitas. TPA Cipayung memiliki daya tampung sampah, yang dikirim dari masyarakat maupun pasar, mencapai 1,3 juta meter kubik.

"Daya tampung TPA Cipayung yakni 1,3 juta meter kubik, sedangkan sampah yang ada saat ini mencapai 2,5 juta meter kubik," jelas Ardan. 

3. Sampah di TPA Cipayung sempat longsor

Pengiriman Sampah ke TPA Cipayung Depok Disetop SepekanKondisi sampah di TPA Cipayung Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Setiap hari TPA Cipayung menerima sampah yang diangkut menggunakan mobil bak, truk, maupun gerobak motor. Sampah-sampah itu berasal dari TPS lingkungan maupun pasar. Dalam sehari, beban sampah yang ditampung TPA Cipayung lebih dari seribu ton.

"Sampah yang di kirim ke TPA Cipayung mencapai 1.200 ton dalam sehari," ungkap Ardan.

Sampah yang dikirim akan ditampung ke tiga landfill yang telah disediakan, untuk bongkar muat sampah. Namun pada landfill A terjadi longsor sehingga perlu penataan. 

"Kemungkinan di Depok banyak yang mudik sehingga sampah yang dihasilkan diprediksi gak sebanyak waktu normal. Di waktu yang bersamaan, dilakukan penataan TPA sehingga ke depannya pembuangan ke TPA dapat berjalan lancar," ujar Ardan.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya