Penyekatan Arus Balik Mudik di Depok, 14 Orang Positif COVID-19

Dirlantas Polda Metro sebut tidak terjadi puncak arus balik

Depok, IDN Times - Polres Metro Depok secara konsisten melakukan penyekatan di Jalan Raya Bogor, Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Tapos. Kali ini, lokasi penyekatan tersebut didatangi rombongan Dirlantas Polda Metro Jaya.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yudo mengatakan, sebanyak 14 titik penyekatan di wilayah Polda Metro Jaya menjadi kunjungannya untuk memantau pelaksanaan penyekatan dan pemeriksaan rapid test dan swab test, salah satunya di Polres Metro Depok.

"Kedatangan saya sebagai supervisi ke Polres Metro Depok memantau pelaksaan rapid test," ujar Sambodo, Selasa (25/5/2021).

1. Temukan 14 orang positif COVID-19

Penyekatan Arus Balik Mudik di Depok, 14 Orang Positif COVID-19Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yudo saat meninjau lokasi penyekatan di Jalan Raya Bogor, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Sambodo menjelaskan, dari hasil peninjauannya, Polres Metro Depok melakukan penyekatan dan pemeriksaan rapid test dan swab test kepada masyarakat, pengendara, hingga pemudik yang terjaring di penyekatan. Dari catatan, Polres Metro Depok berhasil memeriksa sekitar 3.700 orang dan terdapat warga yang positif dan dilarikan ke rumah sakit terdekat.

"Ada 14 orang yang didapati positif," ucap Sambodo.

Sambodo mengapresiasi Polri, TNI, dan Pemerintah Kota Depok yang bersinergi melakukan pencegahan penularan COVID-19. Menurutnya sinergi tersebut dapat membantu menekan penularan COVID-19 yang masih terjadi saat ini.

Baca Juga: Usai Larangan Mudik, 4 Terminal Ini Alami Peningkatan Penumpang

2. Lakukan pengecekan ketersediaan alat rapid test

Penyekatan Arus Balik Mudik di Depok, 14 Orang Positif COVID-19Seorang warga dilakukan cek swab di pos penyekatan Jalan Raya Bogor, Kecamatan Tapos, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Sambodo mengatakan, selain melakukan pemantauan, pihaknya melakukan pengecekan ketersediaan alat rapid test dan swab test di lokasi penyekatan Kota Depok. Hal itu dilakukan karena selama sepekan ini, Polres Metro Depok secara konsisten melakukan penyekatan dan pemeriksaan mendeteksi sebagai upaya pencegahan penularan COVID-19.

"Terbukti selama sepekan mencapai 3.700 orang yang di periksa," ucap Sambodo.

3. Tidak ada puncak arus balik

Penyekatan Arus Balik Mudik di Depok, 14 Orang Positif COVID-19Anggota Satlantas Polres Metro Depok saat melakukan pemeriksaan di lokasi penyekatan Jalan Raya Bogor, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Sambodo menuturkan, dari hasil data menunjukkan tidak ada puncak arus balik pada empat atau lima hari di minggu ini. Hal itu menunjukan tidak ada gelombang arus balik yang terjadi di wilayah Polda Metro Jaya.

"Tidak ada kenaikan yang signifikan, kalau kita lihat arus lalu lintasnya merata," ucap Sambodo.

Sambodo menilai, lantaran tidak ada puncak arus balik, sehingga kendaraan yang masuk ke Jakarta relatif lancar. Hal itu terlihat dari jalur alteri maupun jalur tol menuju Jakarta terjadi lancar.

"Alhamdulillah karena tidak terjadi puncak arus balik," tutup Sambodo.

Baca Juga: Polda Metro Perpanjang Penyekatan Larangan Mudik Hingga 31 Mei

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya