PKS Usung Anies Jadi Capres, Wakil Wali Kota Depok: Mirip dengan Saya

DPD PKS Kota Depok akan satu komando soal pendamping Anies

Depok, IDN Times - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah menetapkan Anies Baswedan sebagai calon presiden atau capres pada Pemilihan Presiden 2024. Pencalonan tersebut mendapatkan dukungan dari DPD PKS Kota Depok.

Ketua DPD PKS Kota Depok, Imam Budi Hartono, menyambut baik Anies Baswedan menjadi capres yang diusung dari PKS, Partai NasDem dan Demokrat itu. PKS Kota Depok berkomitmen akan mendung Anies maju pada Pilpres 2024.

"Smart seorang Anies Baswedan, mungkin mirip-mirip dengan saya ya,” ujar Imam yang juga menjabat Wakil Wali Kota Depok saat ditemui IDN Times, Selasa (31/1/2023).

Baca Juga: PKS Akhirnya Beri Dukungan, Anies Kantongi Tiket Capres 2024

1. Anies telah memenuhi syarat

PKS Usung Anies Jadi Capres, Wakil Wali Kota Depok: Mirip dengan SayaMantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (IDN Times/Gregorius Aryodamar)

Imam menuturkan, dukungan yang diberikan DPD PKS Kota Depok dapat mengantarkan kemanangan Anies pada Pilpres 2024. Pemilihan Anies sebagai capres dari Koalisi Perubahan (PKS, Partai Demokrat, dan Partai NasDem)  diharapkan mampu memberikan perubahan.

"Mudah-mudahan menang di Pilpres 2024," tutur Imam.

Pemilihan Anies sebagai calon presiden tidak terlepas dari presidential threshold (PT) 20 persen. Hal itu tidak terlepas dari kekompakan dan dukungan bersama tiga partai Koalisi Perubahan.

"Alhamdulillah sudah memenuhi syarat PT dan Koalisi Perubahan mendukung Anies," kata Imam.

2. DPD PKS Kota Depok satu komando soal pendamping Anies

PKS Usung Anies Jadi Capres, Wakil Wali Kota Depok: Mirip dengan SayaLogo baru PKS (Dok. PKS)

Usai mendukung Anies menjadi calon presiden, namun Koalisi Perubahan belum menentukan calon wakil presiden atau cawapres sebagai pendamping Anies bertarung pada Pemilihan Presiden 2024.

DPD PKS Kota Depok, kata Imam, akan menunggu keputusan tersebut dan berharap kader PKS menjadi pendamping Anies.

"Kami satu komando dengan DPP, jadi menunggu arahan dari DPP," ucap dia.

Imam menilai, pengalaman Anies memimpin diharapkan mampu memberikan perubahan untuk Indonesia. Anies telah berhasil memimpin DKI Jakarta selama menjabat sebagai gubernur Jakarta.

Baca Juga: Turki Jadi Tempat PKS Putuskan Deklarasi Anies Capres 2024

3. Akan disampaikan kepada Anies Baswedan

PKS Usung Anies Jadi Capres, Wakil Wali Kota Depok: Mirip dengan Sayailustrasi - Suasana Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) PKS di Jakarta Pusat, Selasa (21/6/2022). Presiden PKS Ahmad Syaikhu dan Sekjen PKS Habib Aboe Bakar membacakan ikrar PKS. (IDN Times/Melani Putri)

Sebelumnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akhirnya resmi mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden di Pemilihan Presiden 2024. Hal tersebut setelah melalui diskusi panjang dengan  petinggi partai.

"Ditunjukan tim kecil koalisi partai pendukung Anies Baswedan, PKS konsisten jadi bagian partai pengusung Anies Baswedan di Pilpres 2024, sehingga koalisi ini memenuhi presidential threshold 20 persen," kata Wakil Syuro PKS, Sohibul Iman di Bandara Soekarno-Hatta, Senin (30/1/2023).

Keputusan tersebut pun bakal disampaikan dengan dukungan eksplisit organisatoris ke Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (bacapres) 2024-2029. 

"Pada rapat badan pekerja majelis syuro PKS yang bersamaan dengan rakernas DPP PKS pada 24 Februari 2023," jelasnya.

Meskipun demikian, kata Sohibul, pihaknya memperkiranan tidak menutup kemungkinan akan terjadi percepatan sesuai dinamika politik yang berkembang.

"Terutama setelah Ketua Majelis Syuro PKS kembali ke Tanah Air pada 3 Februari," tuturnya.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya