Comscore Tracker

Puting Beliung di Depok Rusak 139 Rumah, 7 Keluarga Mengungsi

Tidak ada korban jiwa akibat puting beliung di Depok

Depok, IDN Times - Angin puting beliung kembali menghantam wilayah Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, Minggu (15/5/2022). Akibatnya, ratusan rumah warga rusak parah.

Warga RW8, Samsudin, mengatakan saat angin puting beliung menghantam rumahnya, ia sedang mengantarkan anak pertamanya ke Pesantren di Bogor.

"Pas pulang dari pesantren, ternyata rumah saya rusak dan kejatuhan tembok rumah warga yang terkena puting beliung," ujar Samsudin saat ditemui IDN Times, Senin (16/5/2022).

Baca Juga: Depok Dilanda Puting Beliung dan Hujan Es, Puluhan Rumah Warga Rusak

1. Kerugian diperkirakan mencapai Rp30 juta

Puting Beliung di Depok Rusak 139 Rumah, 7 Keluarga MengungsiWarga RW8 yang rumahnya mengalami kerusakan akibat puting beliung di Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Samsudin menuturkan, akibat puting beliung atap rumah yang menutupi kamar tidur, ruangan tengah, dan dapur ambrol. Selain itu, tembok warga di sebelah rumahnya jatuh ke rumahnya.

"Tembok dan beberapa tetangga sebelah rumah juga masuk ke dalam rumah kami karena kencangnya angin," tuturnya.

Samsudin tidak dapat menempati rumahnya karena kerusakan atap rumah mencapai 70 persen. Pihaknya masih menunggu bantuan dari Pemerintah Kota Depok untuk perbaikan rumah.

"Kerugian kalau saya taksir mencapai Rp30 juta secara keseluruhannya," terangnya. 

2. Tujuh keluarga mengungsi setelah rumah mereka rusak diterjang puting beliung

Puting Beliung di Depok Rusak 139 Rumah, 7 Keluarga MengungsiAtap rumah kontrakan mengalami kerusakan di RW7, Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Sementara, Lurah Sawangan Baru, Rahwana turun langsung meninjau rumah warga yang rusak akibat puting beliung. Menurutnya, angin puting beliung selain merusak rumah warga, menyebabkan pohon tumbang sehingga perlu penanganan.

"Data sementara yang kami himpun sebanyak 139 rumah warga yang rusak," ujarnya.

Rahwana menjelaskan, berdasarkan penghitungan di tiap RW, rumah warga yang rusak akibat puting beliung di RW5 sebanyak 32 rumah, RW6 dan RW9 6 rumah, RW8 47 rumah, RW7 21 rumah, dan RW10 sebanyak 27 rumah. Warga terdampak puting beliung terpaksa mengungsi karena rumah mereka rusak.

"Sebanyak tujuh rumah tidak bisa ditempati dan orangnya mengungsi yaitu di RW7, RW8, dan RW9," jelas Rahwana.

Baca Juga: Alhamdulillah, Depok Punya Pemakaman Baru Seluas 4 Hektare di Sawangan

3. Warga menunggu bantuan dari Pemkot Depok

Puting Beliung di Depok Rusak 139 Rumah, 7 Keluarga MengungsiTiang listrik rubuh yang menimpa rumah warga akibat puting beliung di Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Rahwana mengungkapkan, Kelurahan Sawangan Baru telah meminta pengurus lingkungan mendata secara menyeluruh rumah warga yang rusak. Data tersebut akan diberikan ke Pemerintah Kota Depok terkait dampak puting beliung.

"Data yang terhimpun akan kami berikan ke tingkat kecamatan dan dinas terkait di Pemerintah Kota Depok," ungkapnya.

Rahwana menuturkan, pihaknya belum mengetahui secara pasti adanya bantuan Pemerintah Kota Depok kepada warga terdampak puting beliung. Sementara, warga secara swadaya membantu perbaikan rumah warga yang rusak.

"Yang mengalami kerusakan ringan dapat dilakukan dengan swadaya masyarakat, tapi kami meyakini Pemkot Depok melalui Basnaz maupun Dinsos dan dinas terkait akan memberikan bantuan," tutur Rahwana.

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya