Rentan Tertular, Pemulung dan Warga Kumuh di Depok Terima Vaksinasi

Ratusan pemulung diberikan suntikan vaksin dan sembako

Depok, IDN Times - Ratusan pemulung dan warga sekitar Jalan Lestari Tiga, Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok, berkesempatan mendapatkan vaksinasi COVID-19 gratis. Warga pemukiman di kawasan kumuh tersebut dijadikan target oleh Polsek Sawangan untuk diberikan vaksinasi agar mencegah penularan COVID-19.

Kapolsek Sawangan, AKP Muhammad Melta Mubarak mengatakan, Polsek Sawangan terus berusaha membantu warga menengah ke bawah untuk mendapatkan suntikan vaksin. 

"Ini tindak lanjut perintah Kapolri agar vaksinasi menyentuh kawasan slum area atau kawasan kumuh," ujar Mubarak di Depok, Selasa (13/7/2021).

1. Seratusan pemulung menerima suntikan vaksin

Rentan Tertular, Pemulung dan Warga Kumuh di Depok Terima VaksinasiPetugas kesehatan memberikan suntikan vaksin pada vaksinasi Presisi Polsek Sawangan di kawasan kumuh. (IDNTimes/Dicky)

Mubarak mengungkapkan, warga di lingkungan kumuh khususnya kepada pemulung perlu mendapatkan vaksinasi. Sebab, intensitas kegiatan pemulung dalam kesehariannya cukup tinggi apalagi situasi penularan COVID-19 di Kota Depok masih tinggi.

"Sebanyak 150 orang kami berikan suntikan vaksin," terang Mubarak. 

Mubarak menjelaskan, warga yang ingin mendapatkan vaksinasi terlebih dahulu dilakukan screening sebagai standar prosedur. Setelah dinyatakan layak diberikan suntikan vaksin, warga dapat melanjutkan dengan pemberian vaksin.

"Setelah divaksin warga terlebih dahulu diminta rehat sejenak, apabila tidak bergejala dapat kembali ke rumahnya," ucap Mubarak.

Baca Juga: Menkes Budi Blak-blakan Ungkap Kronologi Vaksin Individu Berbayar

2. Pemulung rentan terkena COVID-19

Rentan Tertular, Pemulung dan Warga Kumuh di Depok Terima VaksinasiSalah satu peserta mengikuti vaksinasi Presisi Polsek Sawangan di kawasan kumuh. (IDNTimes/Dicky)

Mubarak menuturkan, Polsek Sawangan berusaha menghadirkan vaksinasi kepada pemulung agar risiko terkena COVID-19 karena imunitas tubuh yang lemah bisa dicegah. 

"Kalau imunnya kuat kemungkinan risiko terpapar COVID-19 tidak terlalu berat," kata Mubarak.

Mubarak mengatakan, vaksinasi kepada pemulung ditempatkan di lokasi pemulung atau kawasan kumuh. Hal itu dilakukan untuk memudahkan akses pemulung maupun warga di kawasan kumuh untuk mendapatkan vaksinasi.

"Kasihan juga kan kalau pemulung harus mencari lokasi vaksin di wilayah lain, apalagi sekarang sedang PPKM Darurat," ujar Mubarak.

3. Bantuan sembako untuk pemulung

Rentan Tertular, Pemulung dan Warga Kumuh di Depok Terima VaksinasiKapolsek Sawangan, AKP Muhammad Mubarak menyerahkan paket sembako kepada pemulung di wilayah Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Mubarak mengungkapkan, selain memberikan vaksin kepada pemulung, Polsek Sawangan memberikan paket sembako. Paket sembako yang diberikan sebagai bentuk perhatian untuk meringankan beban ekonomi pemulung.

"Sekitar 100 paket sembako kami berikan untuk kebutuhan hidup pemulung di wilayah Curug," ucap Mubarak.

Mubarak menuturkan, selama pelaksanaan PPKM Darurat ada beberapa pembatasan aktivitas masyarakat. Untuk itu, Polsek Sawangan tergerak memberikan paket sembako salah satunya kepada kelompok pemulung.

"Ini bentuk perhatian kami kepada pemulung karena Polri hadir di setiap lapisan masyarakat," kata Mubarak.

Baca Juga: Satgas: Mobilitas Warga Depok Turun 30 Persen Setelah Penyekatan

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya