Ridwan Kamil Siap Bangun Situ Rawa Kalong sebagai Percontohan di Depok

Pembangunan Situ Rawa Kalong diperkirakan selesai 2023

Depok, IDN Times - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil siap membenahi Kota Depok memalui destinasi wisata situ. Rencananya, Situ Rawa Kalong di Kecamatan Cimanggis, akan selesai dibangun Pemerintah Provinsi Jawa Barat pada 2023.

Ridwan Kamil mengatakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat kembali melanjutkan rencana pembangunan yang sebelumnya melakukan recofusing karena COVID-19. Pemprov Jabar melakukan penataan situ di Kota Depok sebagai kawasan percontohan.

"Depok itu banyak situnya atau danaunya, tapi dulu kan semrawut, jorok dan sebagainya. Nah, ini kita beri contoh satu penataan situ dari Provinsi Jawa Barat," ujar pria yang akrab disapa Emil, Depok, Sabtu (18/12/2021). 

Baca Juga: 11 Situ dan Sungai Ciliwung Potensi Jadi Wisata Air di Kota Depok

1. Sempat terjadi kendala pada penataan Situ Rawa Kalong

Ridwan Kamil Siap Bangun Situ Rawa Kalong sebagai Percontohan di DepokGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyapa salah seorang warga yang sedang memancing di Situ Rawa Kalong, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Emil meminta, Pemerintah Kota Depok terus memperbaiki capaian Kota Depok. Apalagi Depok memiliki banyak situ yang tidak dimiliki kota lain, sehingga memiliki potensi wisata.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah beres tapi saya kira karena ada kendala, mungkin peresmiannya saya tunda sampai saya happy 100 persen," ucap dia.

Beberapa kendala di Situ Rawa Kalong yang membuat terlambat peresmiannya, yakni belum terpasangnya floating di atas air, dinding mural, dan hal pendukung lainnya. Apabila sarana dan prasarana pendukung telah selesai dikerjakan, Situ Rawa Kalong akan menjadi destinasi wisata Kota Depok.

"Depok jangan pikirannya itu kerja aja, tapi juga ada pikniknya menikmati kotanya, karena kota yang baik adalah kota yang warganya sering keluar rumah untuk rekreasi, atau tempatnya gak ada ya kotanya bikin stres," kata Emil.

2. Ada keterlambatan pengerjaan selama dua minggu

Ridwan Kamil Siap Bangun Situ Rawa Kalong sebagai Percontohan di Depok

Emil menjelaskan, pengerjaan dasar Situ Rawa Kalong akan selesai pada akhir 2021 sesuai kontrak. Namun ada keterlambatan pengerjaan selama dua minggu.

"Nanti dilanjutkan pada Januari atau Februari (2022) mungkin tambahan untuk yang kurang-kurangnya, feeling saya sih April atau Mei lah kalau tidak ada halangan diresmikan," kata dia.

Pada pertengahan Desember 2021, pengerjaan Situ Rawa Kalong baru selesai 70 persen pembangunannya. Selain itu, terdapat sejumlah aspirasi warga yang telah disetujui Emil, salah satunya tidak menutup semua akses tembok perbatasan antara permukiman warga dengan Situ Rawa Kalong.

Emil juga mengingatkan kepada warga untuk memancing di Situ Rawa Kalong sesuai zona tertentu.

"Warga di sini kan mendapatkan kesejahteraannya, budayanya juga tidak boleh dihilangkan, cuma jangan semua jadi tempat titik mancing, gak.  Nanti oleh yang ngatur dikasih tahu mancingnya zona tertentu, jadi lebih tertib," ucap dia.

Baca Juga: Mengenal Situ Tujuh Muara di Depok yang Kini Dipenuhi Gulma

3. Pemkot Depok usul penghapusan dua situ yang hilang

Ridwan Kamil Siap Bangun Situ Rawa Kalong sebagai Percontohan di DepokWali Kota Depok, Mohammad Idris (tengah) mendampingi Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meninjau Situ Rawa Kalong, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Sementara, Wali Kota Depok, Mohammad Idris, mengatakan penanganan Situ Rawa Kalong merupakan salah satu atensi perhatian dari Gubernur Jawa Barat untuk Kota Depok. Dari sisi eksisting, Depok memiliki 26 situ, namun kini terdapat 24 situ.

"Tapi yang dua kita minta dihapus karena sudah tidak berbentuk danau atau situ di mana asetnya punya pusat," ujar Idris.

Pemerintah Kota Depok melalui Dinas PUPR telah melakukan revitalisasi beberapa situ di Kota Depok. Pemkot Depok meminta bantuan dari CSR, pemerintah pusat, dan sebagainya untuk memberdayakan potensi Kota Depok, seperti situ.

"Ke depan juga seperti Tahura misalnya, kita sudah diberikan dari Pak Gubernur dari pusat juga untuk pengelolaannya dilakukan Pemkot, jadi pada 2023 kita akan punya taman hutan kota di Kecamatan Pancoran Mas," pungkas Idris.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya