Sambangi SDN Pondok Cina 1 Depok, Giring Hibur Siswa Nyanyi 2 Lagu

Giring kritisi Pemkot Depok

Depok, IDN Times - Polemik relokasi SDN Pondok Cina 1 oleh Pemerintah Kota Depok, menarik perhatian Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Giring Ganesha, dengan mendatangi sekolah tersebut. Giring menyebutkan sebelum Pemkot Depok menggusur, harusnya terlebih dahulu menyiapkan gedung sekolah baru.

Giring mengatakan, kedatangannya ke SDN Pondok Cina 1 ingin melihat langsung sekolah yang akan digusur Pemkot Depok. Dia sempat membaca di media massa dan mendengar keluhan orang tua siswa, sehingga ia ingin berkesempatan mendengarkan secara langsung.

"Memaksakan kehendak tanpa pertimbangan rasional, hanya mencerminkan birokrasi yang tidak kompeten dan leadership yang payah," ujar Giring saat ditemui IDN Times, Jumat (9/12/2022).

Baca Juga: Fix! SDN Pondok Cina 1 Depok Dieksekusi Pekan Depan

1. Giring merasa sesak mendengar keluhan orang tua siswa

Sambangi SDN Pondok Cina 1 Depok, Giring Hibur Siswa Nyanyi 2 LaguKetum PSI, Giring Ganesha mendatangi SDN Pondok Cina 1 yang akan direlokasi Pemerintah Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Giring menuturkan, siswa berhak memperoleh tempat belajar yang aman dan nyaman, serta tidak memaksakan pindah belajar ke tempat yang layak. Dia mendengar dari orang tua siswa bahwa siswa diminta pindah ke sekolah yang kapasitasnya sudah penuh dan berlebih jumlah siswanya.

"Akhirnya mereka harus belajar di rungan yang sempit dan bahkan harus di halaman serta lapangan sekolah, mendengar kabar ini saya sebagai orang tua dada saya sesak dan pilu," tutur Giring.

Rencananya Pemkot Depok akan melaksanakan relokasi SDN Pondok Cina 1 pada pekan depan. Pada permasalahan SDN Pondok Cina 1, PSI menilai dibutuhkan kearifan dan kebijaksanaan untuk mencari solusi.

"Pemerintah Kota Depok untuk menyiapkan terlebih dahulu gedung sekolah pengganti yang representatif, sebelum menggusur SDN Pondok Cina 1," ujar dia.

2. Giring ingin mendengarkan secara langsung aspirasi orang tua siswa

Sambangi SDN Pondok Cina 1 Depok, Giring Hibur Siswa Nyanyi 2 LaguKetum PSI, Giring Ganesha menyapa orang tua dan siswa SDN Pondok Cina 1, Kecamatan Beji, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Giring mengungkapkan, sebagai orang tua dari empat anak dan Ketua Umum PSI, selalu concern dalam dunia pendidikan. Dia mendengarkan secara langsung aspirasi orang tua siswa. 

"Hari ini saya mendapatkan kesempatan langsung mendengarkan aspirasi orang tua siswa," ungkap dia.

Giring meminta orang tua dan siswa untuk tetap semangat memperjuangkan hak pendidikan dan SDN Pondok Cina 1. Dia meminta siswa untuk terus berjuang meraih mimpi.

"Para siswa dan orang tua murid, ayok kita tetap merawat dan berjuang untuk meraih mimpi anak kita," ucap dia.

Baca Juga: Satpol PP Bersitegang dengan Orang Tua Siswa SDN Pondok Cina 1  Depok

3. Giring nyanyi bersama orang tua dan siswa

Sambangi SDN Pondok Cina 1 Depok, Giring Hibur Siswa Nyanyi 2 LaguKetum PSI, Giring Ganesha mendatangi SDN Pondok Cina 1 yang akan direlokasi Pemerintah Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Dari pantauan IDN Times terlihat Giring menyapa siswa dan orang tua siswa di SDN Pondok Cina 1. Bahkan, siswa berusaha mengajak Giring mengunjungi  ruang kelas siswa dan memperlihatkan hasil karya siswa.

Giring selain mendengarkan keluhan orang tua siswa terkait relokasi SDN Pondok Cina 1, berusaha mengihibur orang tua dan siswa di sekolah tersebut. Dia bernyanyi dengan dua tembang lagu berjudul Laskar Pelangi dan Hapus Aku.

Giring juga berusaha mengajak siswa dan orang tua bernyanyi dengan dua lagu tersebut. Terlihat siswa dan orang tua siswa antusiasme bernyanyi bersama, serta sempat foto bareng dan meminta tanda tangan Giring.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya