Sampah Menggunung di Kali Pesanggrahan, DPUPR Depok Lakukan Normalisasi

Sampah rumah tangga dan potongan kayu tersumbat di jembatan

Depok, IDN Times - Setelah hujan deras mengguyur Kota Depok beberapa hari lalu, material sampah memenuhi Kali Pesanggrahan yang berada di wilayah  Kecamatan Sawangan dan Cipayung. Untuk mengembalikan fungsi kali, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok melakukan normalisasi kali Pesanggrahan.

Kepala DPUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty mengatakan, DPUPR Kota Depok mendapatkan laporan adanya sampah yang menumpuk di Kali Pesanggrahan yang tersangkut di bawah jembatan. 

"Ya, kami melakukan normalisasi di Kali Pesanggrahan karena ditemukan sampah yang menumpuk," ujar Citra saat dihubungi IDN Times, Kamis (12/5/2022).

1. Menurunkan alat berat untuk mengangkut sampah

Sampah Menggunung di Kali Pesanggrahan, DPUPR Depok Lakukan NormalisasiDPUPR Kota Depok melakukan normalisasi Kali Pesanggrahan yang dipenuhi sampah usai hujan turun beberapa waktu lalu. (Istimewa)

Citra menuturkan, penumpukan sampah membuat fungsi kali tidak berjalan dengan dengan normal karena tersumbat sampah. Untuk itu, DPUPR Kota Depok menurunkan alat berat berupa amphibi untuk mengangkut material sampah.

"Satu alat berat kami turunkan untuk memudahkan petugas kami mengangkut material sampah," tutur Citra.

Sampah hampir menutupi Kali Pesanggrahan di jembatan jalan penghubung antara Kecamatan Sawangan dan Cipayung. Bahkan material sampah yang tersumbat menghambat jalannya air Kali Pesanggrahan sehingga berpotensi air akan meluap dan terjadi genangan di sekitar jembatan.

"Material sampah di kali tersebut selain sampah rumah tangga, terdapat juga potongan kayu yang hanyut terbawa air dari hulu Kali Pesanggrahan," terang Citra. 

Baca Juga: Sampah di Depok Menumpuk Usai Libur Lebaran, Sehari 1.000 Ton Diangkut

2. Sampah sebanyak dua truk diangkut dari Kali Pesanggrahan

Sampah Menggunung di Kali Pesanggrahan, DPUPR Depok Lakukan NormalisasiTruk pengangkut sampah milik DLHK Kota Depok yang terparkir di TPA Cipayung, Kecamatan Cipayung, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Citra mengungkapkan, material sampah yang berada di dalam kali diangkut menggunakan Amphibi. Sampah yang sudah terkumpul akan dimasukan ke dalam truk sampah untuk dikirim ke TPA Cipayung.

"Kami menyiagakan truk sampah untuk memudahkan DPUPR Kota Depok melakukan normalisasi kali," ungkap Citra.

Citra menjelaskan, selain melakukan pengangkutan sampah yang berada Kali Pesanggrahan, DPUPR Kota Depok melakukan pengerukan sedimen lumpur kali. Hal itu dilakukan untuk mencegah pendangkalan Kali pesanggrahan sehingga dapat menampung lebih banyak volume air.

"Lumpur di kali kami keruk, untuk sampah sekitar dua truk yang telah kami angkut ke TPA," jelas Citra. 

3. Warga diminta tidak membuang sampah dan menjaga fungsi kali

Sampah Menggunung di Kali Pesanggrahan, DPUPR Depok Lakukan NormalisasiSatgas Banjir DPUPR Kota Depok mengangkut material sampah di Kali Baru Kota Depok. (Istimewa)

DPUR Kota Depok berusaha melakukan normalisasi tidak hanya di Kali Pesanggrahan namun di sejumlah kali lainnya. Warga diminta tidak membuang sampah ke kali yang melintas di seluruh wilayah Kota Depok.

"Kami meminta warga tidak membuang sampah ke kali, dampaknya akan menyebabkan pendangkalan dan banjir karena air tersumbat sampah," ucap Citra.

Citra menuturkan, warga dapat berperan aktif menjaga dan melakukan pengawasan kali yang telah dilakukan normalisasi DPUPR Kota Depok. Peran serta warga sangat membantu DPUPR Kota Depok dalam menjaga fungsi kali untuk mencegah banjir.

"Kita sudah berusaha dan warga diharapkan dapat membantu kami memberikan pengawasan terhadap oknum yang membuang sampah di kali, sehingga fungsi dan kelestarian kali dapat terjaga," tutur Citra.

Baca Juga: Lintasan Rel Dewi Sartika Depok Ditutup Sementara Mulai Pekan Depan 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya