Turap RM Saung Tiga Depok Roboh, 2 Orang Tewas di Tempat

Korban sempat diingatkan saksi yang sedang makan

Depok, IDN Times - Tiga orang warga yang sedang berada di Rumah Makan (RM) Saung Tiga, Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, jadi korban turap roboh. Akibatnya, dua orang langsung tewas di tempat dan satu lainnya mengalami luka.

Kejadian tersebut menimpa ketiga korban usai melayat ke rumah rekannya yang meninggal dunia pada Kamis (2/6/2022). 

Kabid Penanggulangan Bencana pada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Denny Romulo mengatakan, pada saat kejadian para korban yaitu Siti Mawarti (45), Sudana (55), dan Dede Safaat (37) , sedang singgah ke RM Saung Tiga untuk makan. 

"Berdasarkan keterangan korban selamat, mereka singgah setelah pulang dari melayat karena ada rekannya yang meninggal dunia," ujar Denny saat ditemui IDN Times di lokasi kejadian.

1. Para korban berada di saung dekat tebing

Turap RM Saung Tiga Depok Roboh, 2 Orang Tewas di Tempat

Denny mengungkapkan, saat kejadian itu berlangsung, ketiga korban sedang menempati saung nomor lima di rumah makan tersebut. Posisi saungnya tepat berada di dekat turap yang terbuat dari beton dan batu kali. 

Dia pun menyebut, dua orang saksi yang berada di saung enam, sempat mengingatkan korban akan potensi longsor yang berpotensi membuat turap longsor. Maklum, kondisi saat itu hujan deras. Namun, korban disebut tetap bertahan di saungnya.

"Keterangan saksi, para korban sempat diingatkan saksi untuk waspada karena tebing akan roboh," ujar Denny.

Baca Juga: Dinas PUPR Depok Perbaiki Turap dan Tanggul Jebol Akibat Hujan Deras

2. Korban luka mengalami robekan 10 sentimeter

Turap RM Saung Tiga Depok Roboh, 2 Orang Tewas di TempatTebing yang berada di RM Saung Tiga, Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, mengalami longsor dan menewarkan dua orang pengunjung. (IDNTimes/Dicky)

Denny menjelaskan, pada saat tebing roboh, para korban tidak berhasil menyelamatkan diri. Akibatnya korban Siti Mawarti dan Sudana meninggal di tempat, karena mengalami luka pada bagian kepala karena tertimpa tebing. Sementara, satu korban lainnya selamat, tapi mengalami luka.

"Korban luka yaitu Dede Safaat mengalami luka dan telah di bawa ke RSUD Kota Depok," jelas Denny.

Diketahui Dede mengalami luka pada bagian lengan atas dan kaki karena tertimpa turap tebing. Luka robek yang diderita Dede mencapai 10 sentimeter dan mendapatkan lima jahitan untuk menutupi bagian lengan yang robek.

"Korban yang meninggal merupakan tenaga pendidik di SDN Depok Baru 2," kata Denny. 

3. Tebing longsor akibat dorongan air kali meluap

Turap RM Saung Tiga Depok Roboh, 2 Orang Tewas di TempatPetugas Polres Metro Depok sedang mengidentifikasi jenazah korban yang tertimpa turap tebing longsor di RM Saung Tiga, Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Sebelumnya, Kapolres Metro Depok, Kombes Imran Edwin Siregar, mengatakan jika saat kejadian sekitar pukul 16.30 WIB, terdapat dua keluarga yang sedang makan dan berbeda saung.

"Ada tiga korban namun dua korban meninggal dunia dan satu korban mengalami luka," ujar Imran kepada IDN Times di lokasi kejadian, Kamis (2/6/2022).

Imran menuturkan, kondisi sedang hujan pada saat kejadian. Air kali yang berada di dekat saung mengalir deras mendorong tebing penyangga. Walhasil, tebing tersebut tidak kuat menahan dorongan air kali.

"Akibatnya tebing yang berada di belakang saung roboh menyebabkan dua korban meninggal dunia," ujar Imran.

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya